Bank Soal IPS SD Pemanfaatan Kenampakan Alam

Soal

Pilgan

Keberadaan gunung sebagai kenampakan alam daratan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu ....

A

membuka usaha industri

B

menanam semua tanaman dekat gunung

C

membuka usaha perikanan dekat gunung

D

membuka objek wisata dan pendakian gunung

Pembahasan:

Daratan terbagi menjadi beberapa bentuk yaitu bukit, perbukitan, gunung, pegunungan, lembah, delta, pantai, dataran rendah dan dataran tinggi. Setiap daratan memiliki manfaat yang dapat digunakan masyarakat.

Gunung sebagai kenampakan alam daratan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu sebagai sumber mata air untuk dikonsumsi masyarakat sekitar gunung terutama di kaki gunung. Pemandangan gunung yang indah juga bisa dimanfaatkan objek wisata dan olahraga seperti pendakian gunung. Selain itu, khusus gunung berapi dapat memberikan manfaat bagi warga yaitu dari abu vulkanik yang dikeluarkan gunung bisa membuat tanah pertanian warga menjadi lebih subur.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat pada soal di atas mengenai keberadaan gunung yang dapat dimanfaatkan masyarakat adalah membuka objek wisata dan pendakian gunung.


*membuka usaha industri → salah, karena gunung memiliki kondisi suhu lebih dingin dan dataran yang tidak rata sehingga akan menyulitkan aktivitas industri

*menanam semua tanaman dekat gunung → salah, karena tidak semua tanaman bisa tumbuh di suhu pegunungan yang lebih dingin daripada suhu di dataran rendah. Jenis tanaman yang bisa tumbuh adalah teh, buah, dan sayuran.

*membuka usaha perikanan dekat gunung → salah, karena perikanan lebih cocok dilakukan di dataran rendah atau di dekat pantai yang memiliki banyak lahan perairan.

K13 Kelas IV IPS Geografi Kenampakan Alam dan Sumber Daya Alam Pemanfaatan Kenampakan Alam Skor 2
Memahami LOTS
Video
29 Juni 2020
Pemanfaatan Kenampakan Alam | IPS | Kelas IV
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal