Latihan Bahasa Indonesia Kelas VI Teks Eksplanasi Ilmiah
# 6
Pilgan

Ringkasan teks tersebut adalah ...

A

Deforestasi adalah pengubahan fungsi hutan menjadi fungsi lain. Penyebab deforestasi adalah pemenuhan kebutuhan manusia, yang meliputi lahan permukiman, bahan pangan, hingga produk kayu. Selain itu, deforestasi disebabkan oleh faktor alam, yaitu kebakaran hutan akibat dari radiasi matahari.

B

Deforestasi merupakan penyempitan lahan hutan di dunia yang setiap tahunnya mengalami kenaikan. Berjuta-juta lahan hutan mengalami deforestasi setiap tahunnya tanpa adanya reforestasi (penanaman hutan kembali). Akan tetapi, angka deforestasi di Indonesia mengalami penurunan sebagai hasil dari kebijakan pemerintah mengenai hutan di Indonesia.

C

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya deforestasi, di antaranya, kebutuhan manusia akan bahan pangan yang tinggi, kebutuhan manusia dalam penggunaan produk berbahan kayu, hingga kebutuhan manusia akan lahan permukiman. Deforestasi setiap tahunnya mengalami kenaikan secara global. Hal ini berbahaya karena diperkirakan dalam seratus tahun, hutan akan lenyap dari permukaan bumi.

D

Penggunaan lahan hutan sebagai lahan pertanian sudah diterapkan sejak zaman nenek moyang. Deforestasi yang terjadi pada zaman kini tidak dipungkiri merupakan warisan nenek moyang. Berbagai kebijakan telah diterapkan oleh pemerintah untuk mengurangi laju deforestasi yang makin cepat.