Latihan Bahasa Indonesia Kelas VI Teks Eksplanasi Ilmiah
# 8
Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di beberapa kota di Indonesia. Banjir dapat diartikan sebagai peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. 

Terdapat beberapa faktor penyebab banjir. Faktor alam penyebab banjir adalah curah hujan yang tinggi di suatu daerah sehingga sungai atau penampung air tidak bisa menampung kelebihan kapasitas air. Hal ini mengakibatkan air meluap ke daratan.

Selain faktor alam, terdapat faktor sosial yang menyebabkan banjir. Faktor sosial tersebut antara lain kebiasaan membuang sampah ke sungai/kali yang menyebabkan sungai/kali menjadi mampet dan aliran air menjadi tidak lancar. Membangun gedung di daerah resapan air dan menggunduli hutan juga menjadi faktor sosial penyebab banjir.

Dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 faktor penyebab banjir, yakni faktor alam dan sosial. Faktor alam tidak dapat dikendalikan atau dicegah, namun faktor sosial dapat kita kendalikan. Dengan mengendalikan faktor sosial penyebab banjir, maka banjir bisa kita cegah.

Kalimat efektif untuk teks yang dicetak tebal pada bacaan di atas adalah ...

A

Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. 

B

Peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan diartikan sebagai peristiwa banjir. 

C

Peristiwa banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. 

D

Banjir adalah peristiwa ketika daratan terendam air yang berlebihan.