Latihan Bahasa Indonesia Kelas VI Teks Eksplanasi Ilmiah
# 9
Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Tsunami berasal dari bahasa Jepang yakni "tsu" yang berarti lautan dan "nami" yang berarti gelombang ombak. Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak laut raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar laut akibat gempa bumi. Pernah terjadi di Indonesia yakni bencana tsunami di Aceh tepatnya tahun 2004.

Tsunami dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab pertama adalah adanya dislokasi (pergeseran kulit bumi di bawah laut). Dislokasi tersebut dapat menyebabkan gempa bumi tektonik akibat adanya tabrakan lempeng tektonik. Penyebab kedua adalah letusan gunung berapi bawah laut yang akan memberikan dorongan kepada air di sekitarnya dan membentuk gelombang besar. Selain itu, tsunami juga dapat disebabkan oleh longsor bawah laut dan adanya hantaman meteor ke laut.

Bencana tsunami akan memberikan dampak merugikan kepada masyarakat dan lingkungan. Dampak terjadinya tsunami antara lain: timbulnya korban jiwa manusia maupun hewan, kerusakan bangunan, rusaknya infrastruktur, dan kerugian finansial.

Kalimat efektif untuk bagian bercetak tebal adalah ...

A

Di Indonesia pernah terjadi bencana tsunami Aceh tepatnya di tahun 2004.

B

Tsunami di Indonesia terjadi tepatnya di Aceh pada tahun 2004 dan merupakan bencana.

C

Bencana tsunami pernah terjadi di Indonesia pada tahun 2004 tepatnya di Aceh.

D

Tahun 2004 tepatnya, Indonesia pernah mengalami bencana tsunami di Aceh.