Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 3
Pilgan

Read the following text and answer the question.

Augmented Reality (AR) technology is a technology that combines virtual information with the real world. The technical means it uses include Multimedia, 3D-Modelling, Real-time Tracking and Registration, Intelligent Interaction, Sensing, and more. Its principle is to apply computer-generated virtual information, such as texts, images, 3D models, music, videos to the real world after simulation.

Augmented reality apps are written in special 3D programs that allow the developer to tie animation or contextual digital information in the computer program to an augmented reality "marker" in the real world. When a computing device's AR app or browser plug-in receives digital information from a known marker, it begins to execute the marker's code and layer the correct image or images.

AR applications for smartphones typically include a global positioning system (GPS) to pinpoint the user's location and its compass to detect device orientation. Sophisticated AR programs used by the military for training may include machine vision, object recognition, and gesture recognition technologies.

Taken from: whatis.techtarget.com and iopscience.iop.org

"..., it begins to execute the marker's code and layer the correct image or images" (Paragraph two).

The underlined word is closest in meaning to ....

A

starts

B

ends

C

stops

D

finishes

Pembahasan:

Berikut ini terjemahan soal dan teks di atas.

Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyannya!

Teknologi Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan informasi virtual dengan dunia nyata. Cara teknis yang digunakannya meliputi multimedia, pemodelan 3D, pelacakan dan pendaftaran real-time, interaksi cerdas, sensing, dan lainnya. Prinsipnya adalah menerapkan informasi virtual yang dihasilkan komputer, seperti teks, gambar, model 3D, musik, video ke dunia nyata setelah simulasi.

Aplikasi augmented reality ditulis dalam program 3D khusus yang memungkinkan pengembang untuk mengikat animasi atau informasi digital kontekstual dalam program komputer ke "penanda" augmented reality di dunia nyata. Ketika aplikasi AR perangkat komputasi atau plug-in browser menerima informasi digital dari marker yang dikenal, ini mulai mengeksekusi penanda kode dan melapisi gambar atau gambar yang benar.

Aplikasi AR untuk telepon pintar biasanya mencakup sistem penentuan posisi global (GPS) untuk menunjukkan dengan tepat lokasi pengguna dan kompasnya untuk mendeteksi orientasi perangkat. Program AR canggih yang digunakan oleh militer untuk pelatihan yang mungkin mencakup visi alat berat, pengenalan objek, dan teknologi pengenalan gerak tubuh.

Diambil dari: whatis.techtarget.com dan iopscience.iop.org

"..., ini begins mengeksekusi penanda kode dan melapisi gambar atau gambar yang benar" (Paragraf dua).

Kata yang digaris bawahi mempunyai makna yang paling dekat dengan kata ....

Di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

  • starts - memulai
  • ends - mengakhiri
  • stops - menghentikan
  • finishes - menyelesaikan

Soal di atas meminta kita untuk menemukan makna yang paling dekat/sinonim dari kata "begins". Kata "begins" dalam konteks kalimat tersebut bermakna "memulai". Oleh karena itu, dari keempat pilihan jawaban, kata yang bermakna sama dengan kata "begins" adalah "starts". Kata "starts" bermakna "memulai".

Jadi, jawaban yang tepat adalah "starts".