Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 4
Pilgan

Read the following text and answer the question.

A galaxy is a collection of stars and other astronomical bodies, including planets, comets, and asteroids, held together by gravity.

Galaxies comes in different shapes and sizes. These include the spiral, barrel-spiral, and elliptical. Our galaxy called the Milky Way is approximately 100.000 light-years in the width and contains over 100 billion stars.

The center of galaxies can contain many young, very hot stars as well as older stars. Swirling clouds that have been energized by magnetic forces also exist in the center.

At this point in time, no one know the exact number of galaxies in the universe. Astronomers are, however, learning more and more about them every day.

Source: sites.google.com

Which verbs are not correct based on the paragraph above?

A

Include – Called.

B

Comes – Know.

C

Contains – Exist.

D

Can contain – Held.

Pembahasan:

Berikut ini terjemahan dari soal dan teks di atas.

Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyannya!

Galaksi adalah kumpulan bintang dan benda-benda astronomi lainnya, termasuk planet, komet, dan asteroid, yang disatukan oleh gravitasi.

Galaksi datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Galaksi-galaksi ini berbentuk spiral, laras-spiral dan elips. Galaksi kita yang disebut Bimasakti, lebarnya sekitar 100.000 tahun cahaya dan mengandung lebih dari 100 miliar bintang.

Pusat galaksi dapat berisi banyak bintang muda, bintang yang sangat panas dan juga bintang yang lebih tua. Awan berputar-putar yang telah diberi energi oleh gaya magnet juga berada di tengah.

Pada titik waktu ini, tidak ada seorang pun yang mengetahui jumlah persis galaksi di alam semesta. Namun, para astronom belajar lebih banyak tentang mereka setiap hari.

Kata kerja manakah yang tidak benar berdasarkan paragraf di atas?

Soal ini menanyakan tentang kata kerja yang salah dalam paragraf tersebut. Seperti kita ketahui bersama, fungsi dari teks laporan informasi (information report text) adalah untuk mendeskripsikan (menjelaskan secara ilmiah) sebuah hewan, tanaman atau fenomena-fenomena lainnya secara umum atau menyajikan fakta-fakta informasi tentang sesuatu secara umum kepada pembaca. 

Karena teks laporan informasi menyajikan/menjelaskan fakta-fakta informasi mengenai hewan, tanaman atau fenomena-fenomena lainnya secara umum maka kita harus menggunakan tenses yang disebut dengan present tense. Tense ini digunakan untuk menyatakan kejadian pada waktu sekarang/saat ini. Berikut adalah pola dari present tense.

  • Positive → S + Verb 1 (s/es) + Object/Complement atau S + is/am/are + Object/Complement
  • Negative → S + does/do + not + Verb 1 + Object/Complement atau S + is/am/are + not + Object/Complement
  • Yes/No Questions→ Do/does + S + Verb 1 + Object/Complement? atau Is/Am/Are + S + Object/Complement?
  • Wh-Questions → Question Word + do/does + S + Verb 1 + Object/Complement? atau Question Word + is/am/are + S + Object/Complement?

Dari penjelasan di atas, verb (kata kerja) yang kurang tepat adalah “comes” and “know”. Kata kerja “comes” kurang tepat karena meskipun “V1 + s/es”, namun subjek dari kalimat tersebut adalah “galaxies” maka seharusnya kata kerja menjadi “come”. Selanjutnya, kata kerja “know” seharusnya menjadi “knows” karena subjek dari kalimat tersebut adalah “no one” yang merupakan subjek tunggal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah "Comes – Know".