Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 5
Pilgan

Read the following text and answer the question.

Source: life.trubus.id

The Alpaca is a domestic hoofed mammal that originated in South America. Its closest relatives are the domestic llama, the wild vicuna, and guanaco. Researchers believe that humans bred these modern day animals from vicunas.

Alpacas and llamas look quite similar, but Alpacas are significantly smaller than llamas. These fluffy animals stand about 3.5 ft. tall at the shoulder. They are relatively small compared to the other members of their family and weigh about 130 lbs. on average. They have long legs, necks, and ears. Their fur is long and dense and varies in color from white to black, and many different shades of brown or tan. Some Alpacas have solid-colored coats, while others have spots or patches of different colors.

Alpacas are herbivores. Though people have domesticated them, they eat a very similar diet to their ancestors the vicunas. Their diet consists almost exclusively of grasses, and they normally do not eat many leaves, buds, or other plant parts. 

Taken from: animals.net

The readers find the definition of Alpacas in the ... paragraph.

A

first

B

second

C

third

D

second and third

Pembahasan:

Terjemahan dari soal dan teks di atas:

Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

Alpaka adalah mamalia domestik berkuku yang berasal dari Amerika Selatan. Kerabat terdekatnya adalah llama domestik, vikuna liar, dan guanako. Para peneliti percaya bahwa manusia membiakkan hewan-hewan zaman modern ini dari vikuna.

Alpaka dan llama terlihat sangat mirip, tetapi Alpaka secara signifikan lebih kecil dari llama. Hewan berbulu ini berdiri setinggi 3,5 kaki serta menyatu dengan bahunya. Mereka relatif kecil dibandingkan dengan anggota keluarga lainnya dan beratnya rata-rata sekitar 130 pon. Mereka memiliki kaki, leher dan telinga panjang. Bulu mereka panjang dan padat dan warnanya bervariasi dari putih ke hitam, dan banyak corak warna yang berbeda seperti cokelat atau kecokelatan. Beberapa alpaka memiliki mantel berwarna solid, sementara yang lain memiliki bintik-bintik atau bercak warna yang berbeda.

Alpaka adalah hewan herbivora. Meskipun orang telah menjinakkan mereka, mereka makan makanan yang sangat mirip dengan nenek moyang mereka, vikuna. Makanan mereka hampir seluruhnya terdiri dari rumput, dan mereka biasanya tidak makan banyak daun, kuncup, atau bagian tanaman lainnya.

Diambil dari: animals.net

Para pembaca menemukan definisi dari Alpaka di paragraf ....

Di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

  • first - pertama
  • second - kedua
  • third - ketiga
  • second and third - kedua dan ketiga

Soal di atas meminta kita untuk menemukan di mana informasi mengenai definisi Alpaka ditemukan. Untuk dapat mengetahui letak informasi tersebut, kita dapat melihat pada paragraf pertama pada kalimat berikut ini "The Alpaca is a domestic hoofed mammal that originated in South America". Kalimat tersebut bermakna "Alpaka adalah mamalia domestik berkuku yang berasal dari Amerika Selatan". Merujuk pada kalimat tersebut, maka definisi dari Alpaka dapat kita temukan pada paragraf pertama (The readers find the definition of Alpacas in the first paragraph).

Jadi, jawaban yang tepat adalah "first".