Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 6
Pilgan

Read the following text and answer the question.

The Complete Guide to the Best Metal Detectors of 2020 - Kellyco Metal  Detectors

Source: kellycodetectors.com

Have you ever seen a man with a headset and a long pole at the ground? If so, he might use a metal detector. People use these devices to find metal.

Metal detectors make magnetic waves. These waves go through the ground and change when they hit metal. Then the device beeps. This sound lets the person with the machine know that metal is close.

The first metal detectors were giant and meant to help miners. Now they are light and cheap. They also work better. That is why people bring them to the beach. They can look for rings in the water or phones in the sand. Metal detectors help them find these things, but people find junk most of the time. Metal detectors also protect people. They help keep guns out of some places like airports, courtrooms, and schools. They are used by guards to detect dangerous weapons.

Adapted from: ereadingworksheets.com  

Why do guards use a metal detector in some places?

A

It helps the guards find valuable items.

B

They need to protect people from criminal acts.

C

They need it to fight criminals who bring weapons.

D

It makes the guards look cool.

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan soal di atas adalah:

Bacalah teks berikut dan jawab pertanyaannya.

Pernahkah Anda melihat pria dengan headset dan tonggak mengarah ke tanah? Jika demikian, dia mungkin menggunakan detektor logam. Orang-orang menggunakan perangkat ini untuk menemukan logam.

Detektor logam menghasilkan gelombang magnet. Gelombang ini menembus tanah dan berubah saat membentur logam. Kemudian perangkat berbunyi bip. Suara ini membuat orang yang memiliki mesin tahu bahwa logam sudah dekat.

Detektor logam pertama berukuran raksasa dan digunakan untuk membantu penambang. Sekarang benda tersebut ringan dan murah. Mereka juga bekerja lebih baik. Itu sebabnya orang membawanya ke pantai. Alat ini dapat mencari cincin di air atau telepon di pasir. Detektor logam membantu mereka menemukan benda-benda tersebut, akan tetapi orang lebih sering menemukan sampah. Detektor logam juga melindungi orang. Alat ini membantu menjauhkan senjata dari beberapa tempat seperti bandara, ruang sidang, dan sekolah. Perangkat jenis ini digunakan oleh penjaga untuk mendeteksi senjata berbahaya.

Diadaptasi dari: ereadingworksheets.com

Mengapa penjaga menggunakan detektor logam di beberapa tempat?

Terjemahan dari masing-masing pilihan jawaban antara lain:

  • It helps the guards find valuable items — Benda ini membantu penjaga menemukan barang berharga.
  • They need to protect people from criminal acts — Mereka perlu melindungi orang dari tindak kejahatan.
  • They need it to fight criminals who bring weapons — Mereka membutuhkannya untuk melawan penjahat yang membawa senjata.
  • It makes the guards look cool — Itu membuat penjaga terlihat keren.

Teks di atas merupakan jenis teks information report yang membahas teknologi pendeteksi logam. Soal ini meminta kita untuk menentukan alasan yang tepat mengapa penjaga keamanan pada beberapa tempat perlu menggunakan detektor logam.

Dalam teks, kalimat penjelasannya berbunyi: 

Metal detectors also protect people. They help keep guns out of some places like airports, courtrooms, and schools. They are used by guards to detect dangerous weapons.

Dari penjelasan tersebut, kita tahu bahwa penggunaan alat ini adalah untuk melindungi orang-orang yang ada di tempat tersebut. Alat ini mendeteksi adanya orang yang membawa benda-benda tajam atau benda lain yang mengancam nyawa. Dengan deteksi ini, suasananya dapat dikendalikan.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang benar adalah “They need to protect people from criminal acts.