Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 7
Pilgan

Read the following text and answer the question.

Bonsai」おしゃれまとめの人気アイデア|Pinterest|charles blackwell ...

Source: pinterest.com

There are trees that gardeners work hard to keep tiny. If trees were left in nature, they would grow tall. But these trees are kept small by the skills of the gardener. Gardeners with these skills practice the Japanese art of bonsai.

Bonsai comes from the Japanese words "bon" (meaning pot) and "sai" (meaning plant). A gardener who practices bonsai makes sure that a tree does not grow too tall or wide. The trunk and branches are trimmed a little at a time. Small trims are necessary so that the tree does not die. Too much trimming, or cutting off a vital branch or root, can hurt a plant.

Bonsai gardeners work for years to prune and shape each tree. A bonsai tree that is carefully tended can grow for hundreds of years. The bonsai is passed from one gardener to another. It takes many years to develop the skills of a bonsai gardener.

Adapted from: readworks.org

Which of the following is not described in the text?

A

The tradition of bonsai gardeners.

B

The origin of the word ‘bonsai’.

C

Techniques of growing a bonsai tree.

D

The history of bonsai in Japan.

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan soal di atas adalah sebagai berikut.

Bacalah teks di bawah ini dan jawab pertanyaannya!

Ada pohon yang harus dipelihara oleh pemelihara tanaman agar tetap kecil. Jika pohon dibiarkan di alam, mereka akan tumbuh tinggi. Tetapi pohon-pohon ini dijaga tetap kecil oleh keterampilan pemelihara tanaman. Pemelihara tanaman dengan keterampilan ini mempraktikkan seni bonsai Jepang.

Bonsai berasal dari kata Jepang bon (artinya pot) dan sai (artinya tanaman). Seorang pemelihara tanaman yang mempraktikkan bonsai memastikan bahwa pohon tidak tumbuh terlalu tinggi atau lebar. Batang dan dahan dipangkas sedikit demi sedikit. Pangkasan kecil diperlukan agar pohon tidak mati. Memangkas terlalu banyak, atau memotong cabang atau akar penting, dapat merusak tanaman.

Pemelihara bonsai bekerja selama bertahun-tahun untuk memangkas dan membentuk setiap pohon. Pohon bonsai yang dirawat dengan hati-hati bisa tumbuh hingga ratusan tahun. Bonsai diteruskan dari satu orang ke orang lainnya. Membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan keterampilan memelihara bonsai.

Diadaptasi dari: readworks.org

Manakah dari berikut ini yang tidak dijelaskan dalam teks?

Terjemahan dari setiap pilihan jawaban adalah sebagai berikut.

  • The tradition of bonsai gardeners — Tradisi pemelihara bonsai.
  • The origin of the word ‘bonsai’ — Asal usul kata 'bonsai'.
  • Techniques of growing a bonsai tree — Teknik menumbuhkan pohon bonsai.
  • The history of bonsai in Japan — Sejarah bonsai di Jepang.

Soal ini meminta kita untuk mengidentifikasi informasi apa yang tidak dimuat dalam teks information report mengenai bonsai di atas. Berikut adalah penjelasan dari setiap pilihan jawaban.

  • The tradition of bonsai gardeners → tradisi pemelihara bonsai dijelaskan dalam kalimat “A bonsai tree that is carefully tended can grow for hundreds of years. The bonsai is passed from one gardener to another.”
  • The origin of the word ‘bonsai’ → asal-usul kata bonsai dijelaskan dalam kalimat “Bonsai comes from the Japanese words bon (meaning pot) and sai (meaning plant).”
  • Techniques of growing a bonsai tree → teknik pemeliharaan tanaman bonsai mengenai pemotongan bagian tanaman dijelaskan secara cukup rinci pada paragraf kedua.
  • The history of bonsai in Japan tidak disebutkan dalam teks. Topik ini tidak sesuai sebagai paragraf detailed facts pada information report text ini. Akan tetapi bahasan ini sesuai untuk historical recount text. 

Menurut penjelasan di atas, pilihan yang benar adalah “The history of bonsai in Japan”.