Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 8
Pilgan

Read the following text and answer the question.

Lemongrass is a tender perennial grass in the Cymbopogon genus. This tropical grass is native to Southeast Asia. 

Lemongrass grows in a clumping habit, with multiple stalks emerging from the same base. It can grow up to five feet tall with a spread up to four feet wide. The plant’s upright arching shape and attractive green leaves will add interest and texture to your garden. The most prized part of this plant is the stalk’s tender inner core, which develops once stalks grow to be at least half an inch in diameter. 

This perennial plant has been used around the world for both culinary and medicinal purposes. In the kitchen, it’s most often used in Southeast Asian cuisines such as Thai, Laotian, and Vietnamese food, giving them their characteristic citrus tones. Furthermore, both the leaves and the stalks can be used to flavor dishes such as soups and curries, but as they can be very fibrous, they are usually removed after cooking.

Which part of lemongrass can be used to flavor dishes?

A

The roots and the flowers.

B

The fruit and the roots.

C

The branches and the fruit.

D

The leaves and the stalks.

Pembahasan:

Berikut ini adalah terjemahan dari soal dan teks di atas.

Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

Serai adalah rumput abadi lembut dalam genus Cymbopogon. Rumput tropis ini asli Asia Tenggara.

Serai tumbuh dalam kebiasaan menggumpal, dengan banyak tangkai muncul dari dasar yang sama. Ini bisa tumbuh tinggi mencapai lima kaki dengan lebar selebar empat kaki. Bentuk melengkung tegak tanaman ini dan daun hijau yang menarik akan menambah minat dan tekstur pada taman Anda. Bagian paling berharga dari tanaman ini adalah inti bagian dalam tangkai yang lembut, yang berkembang ketika tangkai tumbuh dengan diameter paling sedikit setengah inci.

Tanaman abadi ini telah digunakan di seluruh dunia untuk keperluan kuliner dan pengobatan. Di dapur, ini paling sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara seperti makanan Thailand, Laos, dan Vietnam, memberi mereka corak warna khas mereka. Tidak hanya itu, baik daun dan tangkai dapat digunakan untuk memberi bumbu hidangan seperti sup dan kari, tetapi karena mereka bisa sangat berserat, mereka biasanya dihilangkan/diambil setelah dimasak.

Bagian manakah dari serai yang bisa digunakan untuk memberi bumbu pada hidangan?

Berikut ini terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

  • The roots and the flowers. - Akar dan bunga.
  • The fruit and the roots. - Buah dan akar.
  • The branches and the fruit. - Cabang dan buah.
  • The leaves and the stalks. - Daun dan tangkai.

Untuk dapat mengetahui jawaban pada soal tersebut, kita dapat menemukannya pada paragraf terakhir pada kalimat berikut ini "Furthermore, both the leaves and the stalks can be used to flavor dishes such as soups and curries, but as they can be very fibrous, they are usually removed after cooking". Kalimat tersebut mengandung makna "Tidak hanya itu, baik daun dan tangkai dapat digunakan untuk memberi bumbu hidangan seperti sup dan kari, tetapi karena mereka bisa sangat berserat, mereka biasanya dihilangkan/diambil setelah dimasak". Merujuk pada kalimat tersebut, maka bagian tanaman serai yang digunakan untuk memberi bumbu pada hidangan adalah bagian "daun dan tangkai".

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "the leaves and the stalks".