Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 9
Pilgan

Read the following text and answer the question.

Lemongrass is a tender perennial grass in the Cymbopogon genus. This tropical grass is native to Southeast Asia. 

Lemongrass grows in a clumping habit, with multiple stalks emerging from the same base. It can grow up to five feet tall with a spread up to four feet wide. The plant’s upright arching shape and attractive green leaves will add interest and texture to your garden. The most prized part of this plant is the stalk’s tender inner core, which develops once stalks grow to be at least half an inch in diameter. 

This perennial plant has been used around the world for both culinary and medicinal purposes. In the kitchen, it’s most often used in Southeast Asian cuisines such as Thai, Laotian, and Vietnamese food, giving them their characteristic citrus tones. Furthermore, both the leaves and the stalks can be used to flavor dishes such as soups and curries, but as they can be very fibrous, they are usually removed after cooking.

The text might be intended for those who ....

A

are good at taking care of plants

B

live in a remote area

C

like to decorate rooms

D

want to learn about herbs

Pembahasan:

Berikut ini adalah terjemahan dari soal dan teks di atas.

Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

Serai adalah rumput abadi lembut dalam genus Cymbopogon. Rumput tropis ini asli Asia Tenggara.

Serai tumbuh dalam kebiasaan menggumpal, dengan banyak tangkai muncul dari dasar yang sama. Ini bisa tumbuh tinggi mencapai lima kaki dengan lebar selebar empat kaki. Bentuk melengkung tegak tanaman ini dan daun hijau yang menarik akan menambah minat dan tekstur pada taman Anda. Bagian paling berharga dari tanaman ini adalah inti bagian dalam tangkai yang lembut, yang berkembang ketika tangkai tumbuh dengan diameter paling sedikit setengah inci.

Tanaman abadi ini telah digunakan di seluruh dunia untuk keperluan kuliner dan pengobatan. Di dapur, ini paling sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara seperti makanan Thailand, Laos, dan Vietnam, memberi mereka corak warna khas mereka. Tidak hanya itu, baik daun dan tangkai dapat digunakan untuk memberi bumbu hidangan seperti sup dan kari, tetapi karena mereka bisa sangat berserat, mereka biasanya dihilangkan/diambil setelah dimasak.

Teks tersebut mungkin ditujukan kepada orang yang ....

Berikut ini terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

  • are good at taking care of plants - pandai merawat tanaman
  • live in a remote area - tinggal di sebuah daerah yang jauh/terpencil
  • like to decorate rooms - suka mendekorasi ruangan
  • want to learn about herbs - ingin mempelajari tanaman herbal

Untuk menemukan jawaban dari soal tersebut, maka kita harus mengetahui apa yang dibicarakan dalam teks tersebut. Teks tersebut membicarakan mengenai deskripsi serai secara umum seperti bagian-bagian tanamannya serta kegunaan dari tanaman tersebut. Selain itu, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa serai merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan untuk masakan dan pengobatan kesehatan seperti yang tertulis pada teks tersebut. Oleh karena itu, teks tersebut mungkin ditujukan kepada orang-orang yang mempelajari tanaman herbal (The text might be intended for those who want to learn about herbs).

Maka, jawaban yang tepat adalah "want to learn about herbs".