Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Plants, animals, technology or natural phenomena
# 10
Pilgan

Read the following text and answer the question.

Source: dailytelegraph.com.au

When whales jump into the air, or as called breaching, it is quite an attraction to behold! Whales are the largest animals to have ever existed now on Earth. They can weigh up to 190 tons and stretch nearly 30 meters. The size is enormous but why do they breach? Aren’t they super heavy? Experts aren’t quite sure. Breaching doesn’t seem to have any apparent purpose. However, they have a few assumptions for why this colossal animal loves to leap from the ocean into the air.

Whales may breach to clear their skin of parasites and other small animals. Some experts think breaching is whales’ way of doing the same thing as humans repelling mosquitoes off the arms. Another hypothesis is that whales breach to communicate with each other. It is known that whales sing to each other beneath the water. Whale songs are often long and complicated, and they can travel pretty far underwater. However, in rough seas, songs don’t go as far. Breaching is much louder, so some experts believe whales may breach to call out to each other when the water is rough.

Adapted from: wonderopolis.org

We can infer from the passage that ….

A

the true reason why whales breach is still unknown

B

breaching is more effective for communication than singing

C

whales may get sick when they are close to parasites

D

breaching whales is a common attraction for people to see

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan soal ini adalah sebagai berikut.

Bacalah teks berikut dan jawab pertanyaannya!

Saat paus melompat ke udara, atau disebut breaching, sungguh merupakan atraksi luar biasa untuk disaksikan! Paus adalah hewan terbesar yang pernah ada di bumi sekarang. Beratnya bisa mencapai 190 ton dan membentang hampir 30 meter. Ukurannya sangat besar, tetapi mengapa mereka melompat ke udara? Bukankah mereka sangat berat? Para ahli tidak terlalu yakin. Lompatan itu tampaknya tidak memiliki tujuan yang jelas. Namun, mereka memiliki beberapa asumsi mengapa hewan kolosal ini suka melompat dari lautan ke udara.

Paus mungkin melompat untuk membersihkan kulitnya dari parasit dan hewan kecil lainnya. Beberapa ahli berpikir lompatan adalah cara paus melakukan hal yang sama seperti manusia mengusir nyamuk dari lengannya. Hipotesis lain adalah bahwa paus melompat untuk berkomunikasi satu sama lain. Diketahui bahwa paus bernyanyi satu sama lain di bawah air. Nyanyian ikan paus seringkali panjang dan rumit, dan mereka (suara) dapat berjalan cukup jauh di bawah air. Namun, di lautan yang ganas, nyanyian mereka tidak sampai sejauh itu. Suara lompatan jauh lebih keras, jadi beberapa ahli percaya paus mungkin melompat untuk memanggil satu sama lain saat airnya kasar.

Diadaptasi dari: wonderopolis.org

Kita dapat menyimpulkan dari teks bahwa ….

Terjemahan dari setiap pilihan jawaban adalah seperti berikut.

  • the true reason why whales breach is still unknown — alasan sebenarnya mengapa paus melompat masih belum diketahui
  • breaching is more effective for communication than singing — melompat lebih efektif untuk berkomunikasi daripada bernyanyi
  • whales may get sick when they are close to parasites — paus bisa sakit jika mereka dekat dengan parasit
  • breaching whales is a common attraction for people to see — paus yang melompat adalah atraksi umum untuk dilihat orang

Soal ini menanyakan kesimpulan/pernyataan tersirat dari teks di atas. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing pilihan jawaban.

  • the true reason why whales breach is still unknownbenar karena dalam teks di atas disebutkan bahwa penjelasan ahli baru merupakan asumsi atau hipotesa. Sehingga, alasan sebenarnya dari perilaku ikan paus yang melompat masih belum diketahui. Bagian yang menunjukan penjelasan ini adalah “a few assumptions”, “may”, dan “another hypothesis”.
  • breaching is more effective for communication than singing tidak benar karena pada paragraf kedua, yang dijelaskan adalah bahwa lompatan ikan paus digunakan sebagai alternatif ketika situasi laut menghalang komunikasi dengan suara/nyanyian. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa ikan paus justru sering berkomunikasi dengan suara/nyanyian.
  • whales may get sick when they are close to parasiteskurang tepat karena dalam teks hanya dijelaskan bahwa kemungkinan ikan paus melompat untuk membersihkan tubuhnya.
  • breaching whales is a common attraction for people to seetidak benar karena kalimat “it is quite an attraction to behold!” hanya mendeskripsikan bahwa lompatan ikan paus merupakan kejadian yang menakjubkan untuk dilihat. Faktanya, spesies ikan paus sedikit jumlahnya dan kejadian ikan paus melompat bukan kejadian yang umum/sering ditemui.

Berdasarkan penjelasan di atas, kesimpulan yang tepat adalah “the true reason why whales breach is still unknown”.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10