Latihan Bahasa Indonesia Kelas III Teks Informasi Perkembangan Teknologi
# 9
Pilgan

Cermati teks berikut ini!

Lili, Sita, dan Manda pergi ke pabrik pembuatan tempe. Mereka mendapat tugas dari sekolah untuk mencari tahu cara membuat tempe. Pabrik tempe yang mereka datangi berada tidak jauh dari rumah Lili. Mereka pergi ke pabrik tempe dengan berjalan kaki.

Di pabrik tempe, mereka belajar cara membuat tempe dengan Pak Bani. Mereka belajar cara membuat tempe dengan sungguh-sungguh. Mereka bertanya banyak hal tentang cara membuat tempe yang baik dan benar. Tidak lupa mereka mengambil foto untuk melengkapi tugas sekolah mereka.

Cara membuat tempe ternyata cukup mudah. Pertama, kedelai harus dicuci dan dibersihkan. Kedua, kedelai yang sudah bersih direbus sampai matang. Ketiga, kedelai yang sudah matang dan kering diaduk dengan tepung ragi. Keempat, bungkus kedelai menggunakan daun pisang. Kelima, kedelai yang sudah dibungkus didiamkan selama 2 sampai 3 hari sampai menjadi tempe.

Ringkasan yang tepat untuk teks di atas adalah ...

A

Lili, Sita, dan Manda pergi ke pabrik pembuatan tempe untuk mencari tahu cara membuat tempe. Di pabrik tempe, mereka belajar cara membuat tempe dengan Pak Bani. Cara membuat tempe ternyata cukup mudah.

B

Pabrik tempe berada tidak jauh dari rumah Lili. Di pabrik tempe, Lili tidak lupa mengambil foto untuk melengkapi tugas sekolah. Cara membuat tempe ternyata cukup mudah meskipun ada lima langkah yang harus dilakukan.

C

Di pabrik tempe, Lili, Sita, dan Manda belajar cara membuat tempe dengan Pak Bani. Tidak lupa mereka mengambil foto untuk melengkapi tugas sekolah mereka. Cara membuat tempe ternyata cukup mudah.