Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Present perfect tense
# 2
Pilgan

Complete the following sentence using the correct adverb.

KK Drink Coca-Cola by Sabhat KK on Dribbble

Source: dribbble.com

She doesn't want to give him another glass of coke. He hasn't finished the first ....  

A

yet

B

already

C

still

D

just

Pembahasan:

Terjemahan dari pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.

Lengkapi kalimat berikut menggunakan kata keterangan yang benar!

Dia tidak akan memberikan satu gelas soda lagi. Dia belum menghabiskan (soda) pertamanya".

Terjemahan dari pilihan jawaban di atas adalah sebagai berikut.

  • yet belum
  • already — sudah
  • still — masih
  • just — baru saja

Soal ini menanyakan tentang kata keterangan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat di atas. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing pilihan jawaban yang diberikan.

  • Yet digunakan untuk kalimat negatif (not) pada present perfect tense, maknanya adalah "belum". Contoh kalimatnya adalah I haven’t finished it yet. I’ll do it after dinner. "Yet" akan digunakan di akhir kalimat biasanya.
  • Already digunakan untuk kalimat positif pada present perfect tense, maknanya adalah "sudah". Contoh kalimatnya adalah I have already finished it so we can go now. "Already" akan digunakan di antara has/have dan verb 3.
  • Just digunakan untuk kalimat positif pada present perfect tense, maknanya adalah "baru saja" atau "beberapa saat lalu". Contoh kalimatnya adalah I have just started a typing course. "Just" akan digunakan di antara has/have dan verb 3.
  • Still biasanya digunakan untuk kalimat negatif pada present perfect tense, maknanya adalah "masih terjadi" . Contoh kalimatnya adalah You promised me that report yesterday but you still haven't finished it. "Still" akan digunakan sebelum have/has + verb 3.

Sekarang mari kita lihat kalimat yang rumpang yaitu "I haven't eaten anything ..." Kalimat ini merupakan kalimat negatif dan adverb yang dibutuhkan berada di akhir kalimat. Sesuai dengan penjelasan di atas, maka adverb yang paling sesuai adalah "yet" yang maknanya belum. Sehingga kalimatnya akan menjadi "She doesn't want to give him another glass of coke. He hasn't finished the first yet" yang maknanya "Dia tidak akan memberikan satu gelas soda lagi. Dia belum menghabiskan (soda) pertamanya".

Berdasarkan penjelasan ini, maka jawaban yang paling tepat adalah "yet".