Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Present perfect tense
# 5
Pilgan

Today, Mrs. Elisabeth asks her students to write an essay with friendship as the theme. Help Chloe to write her essay by filling the blanks.

Template: canva.com

The correct verb to fill the blanks in point (2) is ....

A

has always supported

B

have always supported

C

always supported

D

had always supported

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan soal di atas adalah:

Hari ini, Bu Elisabeth meminta murid-muridnya untuk menulis esai dengan persahabatan sebagai temanya. Bantu Chloe untuk menulis esainya dengan mengisi bagian yang kosong!

Temanku Lula dan aku (1) ... berteman selama bertahun-tahun. Kami bertemu ketika kami baru berusia 14 tahun. Selama bertahun-tahun, kami telah berbagi banyak tawa dan pengalaman hebat. Dia bersamaku ketika aku lulus SMA. Kami bahkan pernah menjadi teman sekamar. Lula (2) ... aku selama masa-masa sulit juga. Dia selalu mendengarkanku dan dia (3) ... aku saran yang bagus. Musim panas lalu, kami melakukan perjalanan bersama ke Spanyol. Kami bersenang-senang dan kami berencana untuk melakukan perjalanan bersama lagi di masa depan. Kami beruntung bahwa kami (4) ... persahabatan yang luar biasa selama bertahun-tahun. Aku merasa beruntung memiliki teman seperti dia.

Soal di atas menanyakan tentang kata kerja yang cocok untuk mengisi poin (2). Paragraf di atas ditulis dengan menggunakan present perfect tense yang ditandai dengan penggunaan kata kerja "have + verb 3" dan kata sambung "for". Present Perfect Tense merupakan pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau situasi yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang, atau telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu, namun efeknya masih berlanjut.

Kalimat present perfect tense mempunyai pola kalimat sebagai berikut:

  • Positive → S + have/has + Verb 3
  • Negative → S + have/has + not + Verb 3
  • Yes/No Question → Have/has + S + Verb 3?
  • Questions → Question words + have/has + S + Verb 3?

Catatan penggunaan have/has:

  • Has → He, she, it, dan nama orang ketiga tunggal
  • Have → I, they, we, you dan orang/benda jamak

Kalimat pada poin 2 adalah "Lula (2) ... me during difficult times, too" maka bisa kita analisis dengan sebagai berikut:

  • Subject → Lula → She
  • Auxiliary verb → has
  • Verb 3 → supported (berasal dari bentuk "support")
  • Adverb → always

Mengacu pada penjelasan di atas, maka seharusnya pilihan jawaban yang benar adalah yang menggunakan kata kerja bantu "has" karena subjek adalah subjek orang ketiga tunggal. Kata "supported" merupakan bentuk ketiga dari kata kerja "support". Maka kalimat lengkapnya akan menjadi "Lula has always supported me during difficult times, too".

Jadi jawaban yang benar dari soal di atas adalah "has always supported".