Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Present perfect tense
# 6
Pilgan

Read the following text and answer the question.

I think I have had an exciting life. I'm 63 now, and I don't work anymore. I was in the army for 40 years. I retired when I was 60. I live in a small town in Louisville. I have lived here for 20 years. To be precise, I have lived here since 1995.

I have been to so many countries that I can't remember all of them. I've been to South Korea five or six times and Canada twice. So many things have occurred since I've traveled a lot. I have seen a lot of beautiful things and eaten some exotic foods like the ones I tried in the Philippines. I ate a duck embryo, namely Balut. It was the first time in my life that I have ever eaten a whole animal that has not been slaughtered yet. I still couldn't be assured how I could swallow that. So unbelievable.

Which of the following questions cannot be answered using the above text?

A

How many times has he traveled to South Korea?

B

What kind of exotic food has he ever tried in the Philippines?

C

How many places has he gone around so far?

D

Where has he lived for the past two decades?

Pembahasan:

Terjemahan dari bacaan dan pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.

Aku pikir aku memiliki kehidupan yang menyenangkan. Aku berumur 63 sekarang, dan aku tidak bekerja lagi. Aku berada di tentara selama 40 tahun. Aku pensiun ketika aku berusia 60 tahun. Aku tinggal di sebuah kota kecil di Louisville. Aku sudah tinggal di sini selama 20 tahun. Lebih tepatnya, aku telah tinggal di sini sejak 1995.

Aku telah mengunjungi begitu banyak negara sehingga aku tidak dapat mengingat semuanya. Aku pernah ke Korea Selatan lima atau enam kali dan Kanada dua kali. Banyak hal telah terjadi sejak aku sering bepergian. Aku telah melihat banyak hal indah dan makan beberapa makanan eksotis seperti yang aku coba di Filipina. Aku makan embrio bebek, yaitu Balut. Ini adalah pertama kalinya dalam hidupku, aku makan binatang utuh yang belum disembelih. Aku masih belum percaya bagaimana aku bisa menelan itu. Sangat tidak bisa dipercaya.

Manakah dari pertanyaan berikut yang tidak dapat dijawab dengan menggunakan teks di atas?

Terjemahan dari pilihan jawaban di atas adalah sebagai berikut.

  • How many times has he traveled to South Korea? Berapa kali dia bepergian ke Korea Selatan?
  • What kind of exotic food has he ever tried in the Philippines? Jenis makanan eksotis apa yang pernah dia coba di Filipina?
  • How many places has he gone around so far? Berapa banyak tempat yang telah dia kunjungi sejauh ini?
  • Where has he lived for the past two decades? Di mana dia tinggal selama dua dekade terakhir?

Soal ini menanyakan tentang pertanyaan mana yang tidak bisa dijawab dengan teks di atas. Teks tersebut bercerita tentang seorang purna tentara yang telah menjelajah dunia dan mencoba berbagai macam makanan eksotis dari berbagai belahan dunia. Untuk menjawab soal ini kita bisa menganalisis pilihan jawaban yang diberikan satu per satu.

  • How many times has he traveled to South Korea? ⟶ Benar dan bisa dijawab dengan kalimat "I've been to South Korea five or six times" yang mana dia sudah pergi ke Korea Selatan sebanyak 5 atau 6 kali.
  • What kind of exotic food has he ever tried in the Philippines? ⟶ Benar dan bisa dijawab dengan kalimat "I tried in the Philippines I ate a duck embryo, namely Balut" yang mana dia mencoba Balut.
  • How many places has he gone around so far? ⟶ Salah karena penulis menyebutkan "I have been to so many countries that I can't remember all of them" yang mana dia sendiri tidak tahu sudah berapa negara yang ia kunjungi.
  • Where has he lived for the past two decades? ⟶ Benar dan bisa dijawab dengan kalimat "I live in a small town in Louisville. I have lived here for 20 years" yang mana dia sudah hidup di Louisville selama 20 tahun terakhir.

Berdasarkan penjelasan ini, maka jawaban yang paling tepat adalah "How many places has he gone around so far? ".