Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Teks Laporan
# 6
Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat!

Kecoa adalah salah satu jenis serangga yang paling banyak dibenci dan dijauhi banyak orang. Kecoa selalu identik dengan binatang jorok, kotor, dan menjijikan. Lingkungan hidup kecoa sendiri pada umumnya berada di tempat-tempat lembap dan gelap. Keberadaan serangga satu ini tidak terbatas oleh lingkup geografis tertentu, namun hampir tersebar di seluruh dunia kecuali di wilayah kutub. Kecoa adalah jenis serangga dari ordo Blattodea yang kurang lebih terdiri dari 3.500 spesies dalam 6 famili.

Paragraf di atas merupakan bagian deskripsi umum dalam teks laporan. Deskripsi manfaat untuk melengkapi teks laporan di atas adalah ....

A

Siklus hidup kecoa sama seperti serangga pada umumnya, yaitu melalui metamorfosis. Kecoa memiliki tiga tahap siklus metamorfosis. Tiga tahap tersebut dimulai dari telur, nimfa, dan terakhir adalah kecoa dewasa. Lama proses perkembangbiakan kecoa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang memengaruhinya antara lain suhu dan kelembapan, kualitas dan kuantitas air dan makanan.

B

Kecoa termasuk ke dalam kelompok hewan omnivora. Kecoa bisa mengonsumsi makanan apa saja yang ada di sekitarnya. Serangga ini bisa memakan baik hewan maupun tumbuhan. Kebiasaan makannya tersebut membuat kecoa dikenal sebagai hewan pengurai terbaik yang ada di alam. Hewan atau tumbuhan yang sudah mati atau menjadi bangkai oleh kecoa akan diuraikan.

C

Meskipun dikenal sebagai binatang jorok atau serangga hama, kecoa ternyata memiliki banyak manfaat. Tempat tinggal kecoa yang berada di bawah tanah menurut penelitian mempunyai manfaat bagi tanah dan tanaman. Penggalian liang yang dilakukan kecoa bisa membuat tercampurnya nutrisi di dalam tanah dan mengubah jenis zat kimia. Hal itu akan meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air. Selain itu labirin yang digali kecoa juga sangat bermanfaat bagi akar tanaman, karena kotoran kecoa bisa menjadi nutrisi bagi pertumbuhan tanaman.

D

Kecoa muda atau nimfa akan melewati beberapa tahap. Salah satu tahap yang harus dilalui kecoa muda adalah berganti kulit. Proses pergantian kulit terjadi beberapa kali dan setiap kecoa jumlahnya bervariasi. Kecoa muda yang berganti kulit akan memiliki warna kulit yang keputihan, namun beberapa jam kemudian akan menjadi gelap. Kemudian kecoa tersebut akan tumbuh lebih besar secara fisik sampai terlihat seperti kecoa dewasa.