Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Teks Laporan
# 7
Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat!

Jahe Merah

(Sumber gambar: lifestyle.kompas.com)

Jahe merupakan tanaman farmakologi yang cukup populer. Jahe merah merupakan jenis jahe yang mempunyai banyak khasiat. Jahe merah dikenal berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jahe jenis ini banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman toga. Tanaman toga merupakan singkatan dari (Tanaman Obat Keluarga), hasil tanaman dari budidaya rumahan yang dijadikan obat.

Jahe merah memiliki bentuk paling kecil dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Tanaman jahe terbagi menjadi tiga jenis, antara lain jahe emprit, jahe gajah, dan jahe merah. Batang jahe merah tumbuh antara 30 cm hingga 1 meter. Rimpang jahe merah berwarna merah, itu sebabnya jahe jenis ini diberi nama jahe merah. Meski kecil, jahe merah memiliki rasa lebih pedas dan aroma lebih menyengat dibanding jenis jahe lain.

Jahe merah menjadi varietas unggul dibandingkan jahe lainnya dikarenakan kandungan senyawa aktif yang dimiliki. Kandungan senyawa aktif yang dimiliki jahe merah lebih tinggi. Sehingga jahe merah lebih banyak diburu untuk bahan baku obat-obatan tradisional. Pada jahe merah ada senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Senyawa yang dimiliki jahe merah tersebut di antaranya, shagaol, gingrol, zingeron, capsaicin, farnesene, cineole, caprylic acid, asparatic, linolelic acid, asparatic, linolenic acid, hingga minyak atsiri.

Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri lebih banyak. Kandungan minyak astiri sangat bermanfaat untuk meredakan batuk dan bisa dikonsumsi semua orang, termasuk anak-anak. Sedangkan kandungan zingeron sangat membantu mencegah peradangan usus, bekerja aktif menghambat enzim pemicu inflamasi.

Kepala Kelompok Penelitian dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan bahwa jahe mempunyai fungsi sebagai immunomodulator. Selain itu, jahe merah juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Efek tersebut bisa untuk meredakan peradangan berlebihan pada paru-paru seperti yang disebabkan oleh virus corona.

(Dikutip dari berbagai sumber, dengan penyesuaian)

Berikut pernyataan yang benar dari teks laporan di atas, kecuali ...

A

Senyawa aktif yang terdapat pada jahe merah lebih banyak dibandingkan varietas jahe yang lain.

B

Kandungan zingeron pada jahe merah dapat membantu mencegah peradangan usus.

C

Jahe merah dapat digunakan menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit corona.

D

Efek antiinflamasi dan antioksidan pada jahe merah dapat meredakan peradangan berlebihan pada paru-paru.