Latihan Bahasa Inggris Kelas VIII Habitual actions & general truth
# 8
Pilgan

Read the text below and answer the question!

My name is Dandy. My full name is Dandy Santoso. I am a second year student at a state university in Bandung. I am 19 years old. My birthday is on January 13th. I have two siblings. I have a brother named Farel Santoso and a sister named Sarah Santoso. My family and I live in Bandung. My parents are from Semarang. They run a grocery store in our city.

We really love pets. We have pets at home; they are a dog and a cat. Farel and Sarah love the cat, but I love the dog. Our cat and dog are like friends. They never fight each other.

In the future, I want to be a doctor. I want to help people so they can live healthily. I hope my dream comes true.

Do the writer’s pets fight each other?

A

Yes, they do.

B

No, it don’t.

C

Yes, they do.

D

No, they don’t.

Pembahasan:

Terjemahan untuk teks diatas adalah

Namaku Dandy. Nama lengkapku adalah Dandy Santoso. Aku adakah mahasiswa tahun kedua di sebuah universitas negeri di Bandung. Aku berusia 19 tahun. Hari ulang tahunku adalah tanggal 13 Januari. Aku memiliki dua saudara kandung. Aku memiliki seorang saudara laki-laki bernama Farel Santoso dan seorang saudara perempuan bernama Sarah Santoso. Keluargaku dan aku tinggal di Bandung.Orang tuaku berasal dari Semarang. Mereka mengelola sebuah toko grosir di kotaku.

Kami sangat mencintai hewan peliharaan. Kami memiliki hewan ternak di rumah, yaitu seekor anjing dan seekor kucing. Farel dan Sarah menyukai kucing, tapi aku menyukai anjing. Kucing dan anjing kami seperti berteman. Mereka tidak pernah berkelahi satu sama lain.

Di masa depan, aku ingin menjadi dokter. Aku ingin menolong orang-orang, sehingga mereka bisa hidup dengan sehat. Kuharap mimpiku ini menjadi kenyataan.

Apakah hewan peliharaan penulis berkelahi satu sama lain?


Soal berikut menanyakan tentang informasi detail dari teks diatas. Untuk menjawab soal dengan tipe ini, kita harus menemukan kata kunci yang ada di soal.

Berikut langkah-langkah untuk menjawab soal diatas.

  • Cari kata kunci. Diketahui kata kunci dari soal tersebut adalah the writer’s pets fight each other.
  • Cari dan pahami kalimat yang mengandung kata kunci. Kata the writer’s pets fight each other bisa kita temukan di kalimat Our cat and dog are like friends. They never fight each other. Kalimat tersebut memiliki makna Kucing dan anjing kamu seperti layaknya teman. Mereka tidak pernah bertengkar satu sama lain.
  • Ambil kesimpulan. Dari kalimat ini bisa kita simpulkan bahwa pertanyaan "apakah hewan peliharaan penulis berkelahi satu sama lain?" adalah tidak benar.


Dari penjelasan diatas bisa kita dapatkan jawaban untuk pertanyaan "Do the writer’s pets fight each other?" adalah No, they don't.