Latihan Bahasa Inggris Kelas VIII Habitual actions & general truth
# 10
Pilgan

Read the text below and answer the question.

My friend, Neisha, has two rabbits. One rabbit’s fur is white and has black spots, while the other one has orange and a bit white fur. Both of them have long ears and a short tail. They also have cute, round, and big eyes. Her rabbits like to eat vegetables such as carrot, spinach, and lettuce.

The rabbits are so energetic. When Neisha releases her rabbits out of his cage, they used to jump everywhere, and hard to catch them back to the cage. She often puts them in their cage because she is afraid that her rabbits might run away. She really loves her rabbits. She doesn’t want to lose her rabbits.

Neisha does not always put the rabbits out of the cage ....

A

because the rabbits are hard to catch

B

because the rabbits have a good cage

C

because Neisha release the rabbits

D

because Neisha wants to love the rabbits

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan soal di atas adalah:

Temanku, Neisha, memiliki dua ekor kelinci. Satu kelinci bulunya berwarna putih dan memiliki bintik-bintik hitam, sedangkan yang lainnya memiliki bulu berwarna oranye dan agak putih. Keduanya memiliki telinga yang panjang dan sebuah ekor yang pendek. Mereka juga memiliki mata yang lucu, bulat, dan besar. Kelinci-kelincinya sika makan sayur-sayuran seperti wortel, bayam, dan selada.

Kelinci-kelinci itu sangat lincah. Ketika Neisha melepas kelinci-kelincinya keluar kandang, mereka biasanya melompat kemana-mana dan sulit untuk menangkap mereka kembali ke kandang. Jadi, dia sering hanya meletakkan mereka di dalam kandang mereka, karena dia takut kelinci-kelincinya mungkin akan kabur. Dia sangat mencintai kelinci-kelincinya, Dia tidak ingin kehilangan kelinci-kelincinya.

Neisha tidak selalu mengeluarkan kelinci dari kandang ....

Sedangkan terjemahan dari pilihan jawaban adalah:

  • Because the rabbits are hard to catch. (karena kelinci-kelinci itu susah ditangkap)
  • Because the rabbits have a good cage. (karena kelinci-kelinci itu memiliki kandang yang bagus)
  • Because Neisha release the rabbits. (karena Neisha melepas kelinci-kelinci itu)
  • Because Neisha wants to love the rabbits. (karena Neisha ingin menyayangi kelinci-kelinci itu


Soal tersebut merupakan soal dengan tipe specific information atau soal yang meminta kita untuk menemukan informasi spesifik pada teks. Untuk menjawab soal dengan tipe ini kita harus menentukan kata kunci pada soal terlebih dahulu.

Secara umum arti dari soal tersebut adalah alasan Neisha tidak selalu melepaskan kelinci-kelincinya keluar kandang. Kata kunci yang bisa didapat adalah out of cage. Kata tersebut terletak pada kalimat "When Neisha releases her rabbits out of his cage, they used to jump everywhere and hard to catch them back to the cage."

Kalimat tersebut bermakna ketika Neisha melepaskan kelinci-kelincinya keluar kandang, mereka biasanya melompat kemana-mana dan sulit ditangkap kembali ke kandang

Dari pernyataan tersebut bisa diketahui bahwa jawaban dari soal tersebut adalah because the rabbits are hard to catch.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10