Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Cerita Imajinasi
# 5
Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat!

Putri Duyung

Nelayan itu heran, ikan tangkapannya di ember tiba-tiba pindah ke kolam dengan sendirinya. Besoknya, ketika ikan itu diletakan dipanci akan dimasak, tiba-tiba saja ikan itu sudah di kolam lagi. Karena penasaran, nelayan itu menaruh ikan ke ember lagi, lalu mengintipnya dari balik jendela. Nelayan kaget melihat tubuh bagian atas ikan itu berubah menjadi manusia. Manusia setengah ikan itu kemudian berjalan menyeret tubuhnya masuk ke dalam kolam.

(disadur dari cerita "Putri Duyung", dengan penyesuaian)

Doraemon

Untuk kesekian kalinya, nilai ujian Nobita jelek lagi. Nobita tidak berani bertemu ibunya, sebab ibunya akan marah dan menghukumnya. Nobita kemudian teringat jika Doraemon bisa membantunya. Nobita kemudian pulang dengan diam-diam, mengenda-endap masuk ke dalam rumah. Nobita menemui Doraemon dan memintanya mengeluarkan mesin waktu. Nobita ingin pergi ke masa lalu agar bisa memperbaiki nilai ujiannya.

(disadur dari serial kartun "Doraemon", dengan penyesuaian)

Neil Amstrong

Neil Amstrong memasuki pesawat ruang angkasa Apollo 11 bersama dua orang temannya. Ini adalah perjalanan pertama Neil Amstrong ke bulan. Setelah menempuh perjalanan selama 76 jam, akhirnya Neil Amstrong sampai di bulan. Memakai helm oksigen dan baju tebal, ia turun menjejakan kakinya di tanah bulan yang berdebu. Ia menjadi manusia pertama yang mendarat di bulan.

(Sumber: id.wikipedia.org, dengan penyesuaian)

Cinderella

Cinderella ditinggal sendirian di rumah. Sebenarnya ia ingin juga pergi ke pesta seperti saudari-saudarinya. Namun, Cinderella tidak punya baju dan sepatu yang bagus untuk pesta dansa. Di tengah kesedihannya, tiba-tiba muncul ibu peri. Ibu Peri kemudian menyihir cinderella menjadi perempuan anggun, yang memakai sepatu kaca dan gaun.

(disadur dari cerita "Cinderella", dengan penyesuaian)

Cerita-cerita berikut adalah cerita imajinasi, kecuali ....

A

Putri Duyung

B

Doraemon

C

Neil Amstrong

D

Cinderella