Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Cerita Imajinasi
# 6
Pilgan

Penggalan cerita berikut yang termasuk cerita imajinasi sezaman adalah ...

A

Nobita adalah seorang anak pemalas dan selalu diganggu oleh Suneo dan Takeshi. Cicit buyut Nobita, Sewashi, yang berasal dari abad ke-22 melihat keseharian Nobita. Ia pun akhirnya pergi ke masa lalu dengan membawa kucing robot bernama Doraemon. Sewashi memberi tahu Nobita apa yang akan terjadi di masa depan bila Nobita terus-menerus menjalani kehidupan yang malas seperti ini.

B

Mananamakrdi merasa sedih ketika Pulau Miokbudi, Papua, sepi. Penduduk kampung ternyata telah meninggalkan pulau tersebut. Hal ini karena mereka sudah tidak tahan mencium bau busuk dari kudis yang terdapat di sekujur tubuh Mananamakrdi. Setelah menagih janji pada Sampan, Mananamakrdi mendapat petunjuk dan membakar kayu-kayu kering. Setelah api membesar, ia melompat ke dalam api. Ajaibnya, setelah ia keluar dari kobaran api, tubuhnya menjadi bersih dari penyakit kudis. Wajahnya juga menjadi sangat tampan.

C

Pada zaman dahulu, ada seekor kucing karakal yang sedang berjalan di sebuah bebatuan mencari makanan. Meskipun sudah lima hari ia tidak makan, ia tidak merasakan lapar yang luar biasa karena dirinya telah terbiasa hidup di gurun tanpa makanan selama dua minggu. Tak lama, ia memutuskan untuk berjalan menuju sebuah oase yang letaknya tidak jauh dari tempatnya. Ia berharap ada seekor tikus maupun burung yang bisa ia tangkap di sana.

D

Triton adalah raja penguasa dunia laut. Ia memiliki banyak anak perempuan. Salah satunya Ariel, putri bungsu raja yang menginginkan kehidupan seperti manusia. Meskipun sang Raja melarang Ariel untuk tidak bermain dengan manusia, Ariel tidak pernah mendengarkan ayahnya. Suatu hari, ia melihat seorang pangeran tampan yang kapalnya berlabuh di tepi lautan. Ia langsung jatuh cinta dengan pangeran yang bernama Erik tersebut.