Latihan Bahasa Indonesia Kelas VI Puisi dan Prosa
# 7
Pilgan

Parafrasa bait pertama puisi tersebut adalah ...

A

Virus korona ibarat sihir Medusa yang dapat menimbulkan korban jiwa di mana pun ia berada. Virus korona telah menelan jutaan nyawa sebagai korban. Rumah menjadi terasa seperti penjara karena pemerintah mengimbau masyarakat untuk berada di rumah. Akan tetapi, banyak orang yang masih berkeliaran di luar rumah meskipun sudah ada imbauan.

B

Sihir Medusa adalah virus korona yang mengular ke setiap daerah, yang memakan banyak nyawa. Virus korona dilepaskan ke jalanan untuk mencari mangsa. Rumah-rumah menjadi seperti penjara. Setiap orang dilarang keluar rumah untuk karantina, seperti yang dianjurkan pemerintah. Namun, narapidana tetap berkeliaran di luar rumah meskipun sudah dilarang.

C

Bumi sedang dibersihkan dari populasi manusia dengan sihir Medusa yang mampu memakan nyawa jutaan manusia secara bersamaan. Banyak orang ketakutan dan mengurung diri di rumah masing-masing, mengikuti imbauan pemerintah. Terlepas dari itu, banyak narapidana yang membebaskan diri mereka dari penjara berkedok rumah.

D

Virus korona membuat jalanan menjadi sepi karena ia seperti sihir Medusa yang mampu memakan korban jiwa. Banyak nyawa menjadi korban karena virus korona tidak pandang bulu. Siapa pun bisa terkena virus korona. Sembari bersembunyi, virus korona menunggu korban selanjutnya.