Latihan Bahasa Inggris Kelas IX Expressions of agreement and disagreement
# 5
Pilgan

The following table shows person A’s statements and the suggestions by person B.

Which suggestions are appropriate to the statements of Person A?

A

1,2,3

B

1,3,4

C

2,4,6

D

3,5,6

Pembahasan:

Terjemahan dari soal di atas adalah sebagai berikut.

Tabel di bawah ini menunjukan pernyataan Si A dan saran dari Si B.

Saran manakah yang sesuai dengan pernyataan Si A?

Berikut adalah pembahasan dari masing-masing nomor.

  • Nomor 1 --> Saran untuk belajar giat sudah sesuai dengan pernyataan Si A yang pesimis dalam ujian. Saran ini juga memberikan semangat agar tidak menyerah.
  • Nomor 2 --> Saran untuk menemui dokter terlihat sesuai dengan kondisi badan yang tidak fit. Namun, subyek dalam saran itu tidak tepat karena menggunakan “I”. Seharusnya dalam memberi saran, subyeknya melibatkan orang kedua seperti “you” atau “we”.
  • Nomor 3 --> Kalimat “I gained 10 pounds” merujuk pada berat badan yang naik. "Pounds" adalah satuan berat badan di Amerika. Sehingga, saran untuk pergi ke gym sangat sesuai untuk menurunkan berat badan kembali.
  • Nomor 4 --> Saran untuk tetap sabar atau patient sudah sesuai dengan pernyataan Si A yang mengeluh tentang antrian yang sangat panjang.
  • Nomor 5 --> Pola kalimat memberi saran sudah benar, namun saran tersebut kurang tepat dengan pernyataan si A. Seharusnya saran tersebut diberikan apabila seseorang memiliki permasalahan dalam jam tidur.
  • Nomor 6 --> Pola kalimat memberi saran ini juga sudah benar. Hanya saja, saran itu tidak relevan. Seharusnya, saran tersebut diberikan kepada orang yang memiliki kebiasaan buruk dalam bermain media sosial.

Kesimpulannya, saran yang tepat untuk masing-masing pernyataan adalah nomor 1,3, dan 4.