Latihan Bahasa Inggris Kelas XI Natural Science And Social Phenomena
# 8
Pilgan

Paragraph 2 is the ... of the text.

A

general statement

B

general classification

C

description

D

explanation

E

closing

Pembahasan:

Terjemahan teks dan pertanyaannya adalah:

Orangutan

Orangutan adalah mamalia yang sangat cerdas, memiliki 96,4% gen yang sama dengan manusia. Kera besar ini hidup secara eksklusif di hutan Sumatera dan Kalimantan.

Orangutan pada umumnya memiliki bulu berbulu kemerahan. Orangutan jantan dewasa dapat memiliki berat hingga 200 pon, dengan tinggi berdiri sekitar 5 kaki. Dia juga bisa meregangkan lengannya hingga 7 kaki dari ujung jari ke ujung jari. Orangutan jantan dewasa dibedakan menjadi 2: jantan berpipi dan tidak berpipi. Jantan berpipi memiliki flensa (bantalan pipi yang menonjol) dan kantung tenggorokan yang digunakan untuk melakukan panggilan lama. Sedangkan jantan yang tidak berpipi tampak seperti orangutan betina dewasa.

Orangutan menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon, menjadikannya mamalia arboreal terbesar di dunia. Buah-buahan liar seperti leci, manggis, dan buah ara adalah makanan utama mereka.

Sayangnya, populasi orangutan menurun drastis. WWF memperkirakan hanya sekitar 104.700 orangutan Kalimantan, 13.846 orangutan Sumatera, dan 800 orangutan Tapanuli yang hidup dan bertahan hingga saat ini.

Sumber: www.worldwildlife.org

Paragraf 2 merupakan ... dari teks tersebut.

Soal ini meminta kita menyebutkan bagian teks apakah paragraf 1. Untuk menjawabnya, kita harus terlebih dahulu mengetahui jenis apakah teksnya.

Jika kita perhatikan, teksnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • berisi fakta ilmiah tentang orangutan
  • mendeskripsikan orangutan secara umum

Dari ciri-ciri tersebut, teks ini termasuk dalam report text. Generic structure dari report text adalah:

  1. general classification ➡ berisi klasifikasi umum dari subyek yang akan dibahas (contoh: tanaman, hewan, dll)
  2. description ➡ berisi penjabaran ilmiah terkait subyeknya (contoh: sifat, ciri-ciri, dll)

Paragraf 2 dari teks tersebut berisi deskripsi orangutan, terutama orangutan jantan. Jadi, jawaban yang benar adalah "description".