Latihan Bahasa Inggris Kelas X Folktales
# 3
Pilgan

Why did the thieves cry and ask for help from Mr. Grasshopper?

A

Because they thought that Mr. Grasshopper knew that they were the ones who stole the king's jewelry.

B

Because the king will punish the thieves and put them in prison.

C

Because they wanted to return the jewelry but were afraid Mr. Grasshopper will be angry about it.

D

Because they hid their jewelry in each pancake Mr. Grasshopper asked for dinner.

Pembahasan:

Berikut ini adalah terjemahan dari soal di atas.

Pak Belalang

Pak Belalang terkenal. Dia memiliki sebuah buku ajaib yang bisa melihat segala sesuatu. Dia selalu belajar sesuatu setiap kali ia membaca buku ajaib.

Disuatu malam yang indah. Pak belalang memiliki beberapa tamu. Tiba-tiba ia meminta anaknya untuk mengambil buku sihir. Dia ingin menunjukkan kemampuan sihir untuk para tamu. Setelah membaca buku ajaib, ia berkata, "Saya kira ada tikus dalam perangkap." Putranya segera pergi ke dapur dan mengambil perangkap tikus. Pak Belalang benar! Ada tikus terjebak dalam perangkap.

Para tamu terkejut akan buku ajaib Pak Belalang. Setelah semua tamu pulang, Pak Belalang tertawa. "Ha ha ha. Aku menipu mereka. Mereka tidak tahu aku telah memasang perangkap tikus. Ha ha ha". Ya, Pak Belalang seorang pembohong. Dia tidak memiliki buku ajaib. Itu hanya sebuah buku biasa. Dia berbohong karena ia ingin menjadi terkenal.

Suatu hari, raja memanggil Pak Belalang ke istana untuk menemukan perhiasan yang hilang. Raja memberinya waktu tujuh hari untuk menemukan itu. Pak Belalang tahu bahwa jika dia tidak bisa menemukan perhiasan, ia akan dihukum. Dia akan masuk penjara.

Pak Belalang pergi ke setiap tempat untuk menemukan perhiasannya. Pada hari ketujuh, ia masih tidak bisa menemukan mereka. Jadi, ia mengadakan makan malam perpisahan dengan keluarganya. Pak Belalang berkata kepada istrinya, "Tolong, buat beberapa kue dadar." Ketika kue dadar pertama siap, Pak Belalang mengatakan, "Yang ini kuning. Tolong buat yang lain." Ketika kue dadar yang kedua siap, ia berkata, "Ini terlalu coklat, buatkan saya satu lagi."

Dalam setiap kue dadar, Pak Belalang selalu kata terlalu gelap, terlalu gemuk, terlalu kurus dan sebagainya. Sementara itu, Pak Belalang tidak tahu bahwa beberapa pencuri yang bersembunyi di rumahnya. Mereka adalah pencuri yang mencuri perhiasan raja. Pencuri ingin tahu apa Pak Belalang akan mengatakan tentang mereka. Ketika mereka mendengar kata-kata kuning, coklat, gelap, gemuk, kurus, mereka menjadi takut karena masing-masing dari mereka ada yang berkulit kuning, coklat, berbadan gemuk, gelap, dan kurus.

Sesaat kemudian, tujuh pencuri mengetuk pintu. Mereka menangis, "Tolong bantu kami, Pak Belalang! Kami akan kembali perhiasan. Kami berjanji untuk tidak mencuri lagi!". Pak Belalang kemudian membawa perhiasan ke istana. Raja sangat senang dan memberinya hadiah besar.

Pak Belalang itu sangat bersyukur. Dia berjanji pada dirinya sendiri untuk tidak berbohong lagi. Di lain waktu bisa jadi dia tidak akan beruntung. Dia bisa dihukum karena perbuatannya yang salah itu.

Sumber: indonesianfolkfore.blogspot.com

Mengapa para pencuri menangis dan meminta bantuan kepada Tuan Belalang?

Berikut adalah pilihan jawabannya:

  • Because they thought that Mr. Grasshopper knew that they were the ones who stole the king's jewelry – Karena mereka mengira Tuan Belalang tahu bahwa merekalah yang mencuri perhiasan raja
  • Because the king will punish the thieves and put them in prison – Karena raja akan menghukum pencuri dan memasukkan mereka ke dalam penjara
  • Because they wanted to return the jewelry but were afraid Mr. Grasshopper will be angry about it – Karena mereka ingin mengembalikan perhiasan itu tetapi takut Tuan Belalang akan marah karenanya
  • Because they hid their jewelry in each pancake Mr. Grasshopper asked for dinner – Karena mereka menyembunyikan perhiasan mereka di setiap pancake yang diminta Tuan Belalang untuk makan malam

Soal ini menanyakan alasan mengapa mengapa para pencuri menangis dan meminta bantuan kepada Tuan Belalang. Bisa kita ketahui jika teks tersebut merupakan teks naratif yang bercerita tentang kisah Pak Belalang. Untuk dapat menjawab dengan benar, kita harus mengetahui cerita tersebut dan menemukan kata kuncinya. Kita bisa melihatnya pada paragraf 6 dan 7 berikut:

  • The thieves wanted to know what Pak Belalang would say about them. When they heard the words yellow, brown, dark, fat, thin, they become frightened because each of them were yellow, brown, dark, fat and thin. A moment later, the seven thieves knocked on his door. They cried, "Please help us, Pak Belalang! We will return the jewelry. We promise not to steal anymore!" Pak Belalang then brought the jewelry to the palace. 

Pada paragraf tersebut, diceritakan bahwa sang pencuri diam-diam bersembunyi di ruma Pak Belalang dan mendengarkan apa yang dikatakan Pak Belalang. Sebenarnya, Pak Belalang tidak tahu bahwa beberapa pencuri yang bersembunyi di rumahnya. Namun, Pak Belalang menyebut kata-kata kuning, coklat, gemuk, gelap, dan kurus ketika istrinya membuatkannya kue dadar. Ternyata, itu adalah ciri-cari dari ke tujuh pencuri tersebut. Para pencuri pun meminta tolong kepada Pak Belalang agar tidak dilaporkan oleh sang raja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah "Because they thought that Mr. Grasshopper knew that they were the ones who stole the king's jewelry".