Latihan Bahasa Inggris Kelas X Folktales
# 7
Pilgan

The correct order of the story is ...

A

3-2-1-4

B

4-2-1-3

C

4-3-2-1

D

3-4-2-1

Pembahasan:

Berikut ini adalah terjemahan dari soal di atas.

  1. Little Red Riding Hood berteriak, dan para penebang kayu di hutan berlari ke pondok. Mereka memukuli Big Bad Wolf dan menyelamatkan Nenek dari lemari. Nenek memeluk Little Red Riding Hood dengan gembira. The Big Bad Wolf melarikan diri untuk tidak pernah terlihat lagi. Little Red Riding Hood telah memetik pelajarannya dan tidak pernah berbicara dengan orang asing lagi.
  2. Ketika Little Red Riding Hood mencapai pondok, dia masuk dan pergi ke samping tempat tidur Nenek. "Betapa besar matamu, Nenek!" katanya dengan heran. “Lebih baik bertemu denganmu, sayangku!” jawab serigala. "Sungguh telinga yang besar, Nenek!" kata Little Red Riding Hood. “Lebih baik mendengarmu, sayangku!” kata serigala. "Gigi besar apa yang kau miliki, Nenek!" kata Little Red Riding Hood. “Lebih baik makan denganmu!” geram serigala yang menerkamnya.
  3. Suatu hari, ibu Little Red Riding Hood berkata kepadanya, "Bawalah sekeranjang barang ini ke pondok nenekmu, tapi jangan berbicara dengan orang asing di jalan!" Berjanji untuk tidak, Little Red Riding Hood melompat pergi. Dalam perjalanannya dia bertemu dengan Big Bad Wolf yang bertanya, "Mau kemana, gadis kecil?" Untuk nenekku, Tuan Serigala! dia menjawab.
  4. Serigala Jahat Besar kemudian lari ke pondok neneknya jauh sebelum Little Red Riding Hood dan mengetuk pintu. Ketika Nenek membuka pintu, dia menguncinya di lemari. Serigala jahat itu kemudian mengenakan pakaian nenek dan berbaring di tempat tidurnya, menunggu Little Red Riding Hood.

Sumber: shortstoriesshort.com

Urutan cerita yang benar adalah ...

Berikut adalah pilihan jawabannya:

  • 3-2-1-4
  • 4-2-1-3
  • 4-3-2-1
  • 3-4-2-1

Soal ini meminta kita untuk mengurutkan cerita di atas dengan benar. Untuk dapat mengetahui urutanyang tepat, kita harus menemukan kata kunci dari masing-masing paragraf agar cerita tersebut urut. Mari kita urutkan teks tersebut.

  1. Paragraf pertama merupakan orientation, yang mengenalkan tokoh, latar tempat, dan latar kejadian. Biasanya diawali dengan kata pembuka seperti a long time ago, once upon a time, one day, dan lain-lain. Bisa kita lihat, bahwa paragraf 3 mengandung perkenalan tokoh, latar tempat, dan latar kejadian.
  2. Paragraf selanjutnya merupakan complication, yaitu awal mula permasalahan yang berlanjut ke konflik dan klimaks cerita. Pada paragraf 4 diceritakan bahwa ada serigala yang menyamar menjadi nenek si gadis. Kemudian, pada paragraf 2 diceritakan bahwa serigala tersebut terus mendekati si gadis dengan berakting seperti neneknya. Lalu, si serigala tersebut berusaha menerkam si gadis.
  3. Paragraf selanjutnya merupakan resolution yang menceritakan kondisi terakhir sang tokoh cerita, ataupun pesan moral yang terdapat dalam cerita. Pada paragraf 1 diceritakan bahwa si gadis selamat dari terkaman serigala. Dijelaskan juga bahwa si gadis juga telah memetik pelajarannya untuk tidak pernah berbicara dengan orang asing lagi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah "3-4-2-1".