Latihan Bahasa Inggris Kelas X Folktales
# 9
Pilgan

Why did the prince travel all over the world?

A

He wanted to find some peas for the queen.

B

He looked for a new queen.

C

He wanted to find a real princess. 

D

He looked for some good mattress.

Pembahasan:

Berikut ini adalah terjemahan dari soal di atas.

Putri dan Kacang

Suatu ketika ada seorang pangeran yang ingin menikahi seorang putri, tetapi dia harus merupakan seorang putri sejati. Dia berkeliling dunia untuk menemukannya, tetapi dia tidak bisa mendapatkan apa yang dia inginkan. Ada cukup banyak putri, tetapi sulit untuk mengetahui apakah mereka benar-benar putri. Selalu ada sesuatu tentang mereka yang tidak semestinya. Jadi dia pulang lagi dan sedih, karena dia sangat ingin memiliki seorang putri sejati.

Suatu malam badai yang mengerikan datang; ada guntur dan kilat, dan hujan turun deras. Tiba-tiba terdengar ketukan di gerbang kota, dan raja tua itu pergi untuk membukanya. Itu adalah seorang putri yang berdiri di luar sana di depan gerbang. Tapi, baguslah! Pemandangan yang luar biasa, hujan dan angin yang membuatnya terlihat seperti itu. Air mengalir dari rambut dan pakaiannya; mengalir ke ujung sepatu dan keluar lagi di tumit. Namun dia mengatakan bahwa dia adalah seorang putri sejati.

Baiklah, kita akan segera mengetahuinya, pikir ratu tua. Tetapi dia tidak berkata apa-apa, ia pergi ke kamar tidur, mengambil semua alas tempat tidur, dan meletakkan kacang di bagian bawahnya; lalu dia mengambil dua puluh kasur dan meletakkannya di atas kacang polong, lalu dua puluh selimut di atas kasur.

Atas hal ini sang putri harus berbaring sepanjang malam. Di pagi hari dia ditanya bagaimana dia tidur.“Oh, sangat buruk!” kata dia. “Saya hampir tidak pernah memejamkan mata sepanjang malam. Surga hanya tahu apa yang ada di ranjang, tapi aku berbaring di atas sesuatu yang keras, sehingga seluruh tubuhku memar. Ini mengerikan!"

Sekarang mereka tahu bahwa dia adalah putri sejati karena dia telah merasakan kacang polong melalui dua puluh kasur dan dua puluh selimut tebal. Tak seorang pun kecuali seorang putri sejati yang bisa sesensitif itu. Jadi sang pangeran mengambilnya untuk istrinya, karena sekarang dia tahu bahwa dia memiliki seorang putri sejati; dan kacang polong itu ditaruh di museum, di mana ia masih bisa dilihat, jika tidak ada yang mencurinya.

Sumber: hca.gilead.org.il, pngtree.com

Mengapa Pangeran melakukan perjalanan ke seluruh dunia?

Berikut adalah pilihan jawabannya:

  • He wanted to find some peas for the queen – Dia ingin mencarikan kacang polong untuk ratu
  • He looked for a new queen – Dia mencari ratu baru
  • He wanted to find a real princess – Dia ingin menemukan seorang putri sejati
  • He looked for some good mattress – Dia mencari kasur yang bagus

Soal ini menanyakan alasan pangeran melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Bisa kita ketahui jika teks tersebut merupakan teks naratif yang bercerita tentang kisah seorang putri dan kacang polong. Untuk dapat mengetahui alasannya, kita harus menemukan kata kunci di cerita tersebut. Kita dapat melihat kalimat, "Once upon a time, there was a prince who wanted to marry a princess; but she would have to be a real princess. He traveled all over the world to find one, but nowhere could he get what he wanted" (paragraf 1), yang bermakna bahwa ada seorang pangeran yang ingin menikahi seorang putri sejati. Dia berkeliling dunia untuk menemukannya, tetapi dia tidak bisa mendapatkan apa yang dia inginkan. Dari penjelasan diatas, kita dapat mengetahui jika sang pangeran berkeliling dunia untuk menemukan seorang putri sejati.

Jadi, jawaban yang tepat adalah "He wanted to find a real princess".