Kegiatan Pembelajaran
Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 1/Hidup Rukun
Subtema
: 1. Hidup Rukun di Rumah
Muatan Terpadu
: Seni Budaya, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: 2/1
Alokasi Waktu
: 5 JP
Metode pembelajaran
:
-
Tujuan Pembelajaran
- Dengan membaca, siswa dapat menyebutkan ungkapan hidup rukun yang ada dalam teks lagu dengan benar.
- Dengan mengamati, siswa dapat menuliskan kalimat ungkapan hidup rukun yang ada dalam teks lagu dengan benar.
- Dengan bernyanyi, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi lagu tentang hidup rukun dengan benar.
- Dengan bernyanyi, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi lagu tentang hidup rukun dengan benar.
- Dengan mengamati, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999 melalui kumpulan gambar kubus dengan benar
- Dengan mengamati, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek, melalui kumpulan gambar kubus dengan benar
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru membuka kelas dengan salam, menanyakan kabar dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
- Guru mereview kembali materi pada pertemuan sebelumnya.
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti
Mengamati 1:
- Guru meminta siswa mengamati syair lagu yang ada di dalam buku.
- Siswa mencocokkan makna dari kata-kata dalam syair lagu dengan ungkapan yang sudah ditentukan.
- Guru menuliskan tanda panjang pendek bunyi pada teks syair lagu di papan tulis dan meminta siswa mengamati tanda tersebut.
Mencoba:
- Guru meminta siswa menuliskan kalimat dengan menggunakan ungkapan yang ada di dalam syair lagu.
- Siswa menemukan makna dari kalimat ungkapan yang telah dibuat siswa.
Bernyanyi:
- Siswa memperhatikan guru dalam menyanyikan syair lagu dengan panjang pendek dan kuat lemah bunyi yang tepat
- Siswa menyanyikan syair lagu tersebut bersama-sama dengan guru sesuai dengan kuat lemah dan tanda panjang pendek yang sudah ditentukan guru.
Mengamati 2:
- Guru meminta siswa mengamati bilangan tiga angka yang ada pada gambar kubus di buku.
- Siswa menyebutkan bilangan tiga angka dengan menggunakan sekumpulan benda yang ada di sekitar siswa seperti kancing, atau lidi.
Berlatih:
- Siswa berlatih membaca bilangan tiga angka dan memasangkan gabungan gambar kubus di buku dengan bilangan yang sesuai
- Guru mengevaluasi kemampuan siswa.
Penutup
- Guru merefleksi dan memberi penguatan tentang materi pembelajaran yang telah dipelajari.
- Guru memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan kembali poin-poin materi yang telah dipelajari.
- Guru menutup kelas dengan doa dan salam penutup.
Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap disiplin, mandiri, percaya diri, jujur, dan tanggungjawab siswa selama kegiatan
Penilaian Pengetahuan
- Tes lisan tentang cara menyanyikan syair lagu dengan panjang pendek dan kuat lemah bunyi yang sesuai.
- Tes tertulis tentang memasangkan gabungan gambar kubus di buku dengan bilangan yang sesuai.
- Tes lisan tentang membaca bilangan tiga angka
Penilaian Keterampilan
- Penilaian praktik siswa saat menyanyikan syair lagu.
- Penilaian praktik saat membaca bilangan tiga angka