Pelatihan Gurucita

Pelatihan gurucita dirancang untuk menyiapkan tenaga pendidik dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan. Saat ini kami mengidentifikasi tema Era Digital dan Merdeka Belajar sebagai tren penting yang sedang dihadapi guru sekolah. Tren-tren ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi para guru di Indonesia. Dengan meningkatkan kapasitas secara tepat, para guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, mengatasi learning loss akibat disrupsi pandemi, melaksanakan pembelajaran Merdeka Belajar dengan baik, serta mengembangkan potensi diri sebagai guru cerdas, inovatif, dan transformatif.

Berikut ringkasan informasi beberapa pelatihan gurucita. Hubungi kami di [email protected] atau 0819 7388 8808 untuk informasi lebih lanjut.

1. Membuat Video Pembelajaran dengan Filmora

Karya Praktik Pelatihan Video Pembelajaran dengan Filmora, Jakarta (Oktober 2021)
Kenapa Penting? Di masa blended learning, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengenal variasi video pembelajaran yang bisa dibuat
  • Guru mengetahui prinsip membuat rekaman yang berkualitas
  • Guru dapat mengaplikasikan langkah-langkah membuat video yang efektif
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi audiovisual yang gratis dan berkualitas
  • Guru menguasai pengoperasian fitur-fitur dasar Filmora
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; demo; praktik baik
  • Praktik: Mengambil rekaman dan mengedit 1 video durasi maks 6 menit
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan mengoperasikan Software
  • Rancangan Skenario dan Skrip yang Baik
  • Konsep Editing yang Baik
  • Copyright

2. Membuat Media Pembelajaran dengan Canva

Pelatihan Media Pembelajaran, Jakarta (Oktober 2021)
Kenapa Penting? Di masa blended learning, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengenal variasi grafis pembelajaran yang bisa dibuat
  • Guru mengetahui prinsip desain yang baik
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi grafis yang gratis dan berkualitas
  • Guru menguasai pengoperasian fitur-fitur dasar Canva
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; demo; praktik baik
  • Praktik: Membuat infografis 1 lembar dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip desain yang baik
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan mengoperasikan Software
  • Rancangan Konten yang Efektif dan Menarik
  • Konsep Desain yang Baik
  • Copyright

3. Produksi Video dan Manajemen Kanal YouTube

Pelatihan Media Pembelajaran, Jakarta (November 2021)
Kenapa Penting? Di masa blended learning, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengenal variasi video pembelajaran yang bisa dibuat
  • Guru mengetahui prinsip membuat rekaman yang berkualitas
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi audiovisual yang gratis dan berkualitas
  • Guru menguasai prinsip dan teknis manajemen YouTube yang baik
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; fitur dan mekanisme unggah dan edit setting di kanal YouTube; demo; praktik baik
  • Praktik: Mengambil rekaman dan mengunggah video di kanal YouTube pribadi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan Mengatur Konten dengan Efektif di Kanal YouTube
  • Rancangan Skenario dan Skrip yang Baik
  • Konsep Desain yang Baik
  • Copyright

4. Menciptakan Presentasi Powerpoint yang Powerful

Pelatihan Media Pembelajaran, Jakarta (September 2021)
Kenapa Penting? Di masa blended learning, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengetahui fitur-fitur tingkat lanjut Powerpoint
  • Guru dapat mengaplikasikan fitur-fitur tingkat lanjut Powerpoint dalam presentasi yang powerful
  • Guru mengetahui prinsip desain yang baik
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi grafis yang gratis dan berkualitas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; fitur-fitur tingkat lanjut Powerpoint; prinsip menggunakan fitur-fitur Powerpoint; demo; praktik baik
  • Praktik: Membuat 1 presentasi Powerpoint dengan menggunakan fitur-fitur tingkat lanjut
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan Menggunakan Fitur-fitur Tingkat Lanjut
  • Rancangan Presentasi yang Efektif dan Menarik
  • Konsep Desain yang Baik
  • Copyright

5. Mahir Membuat Soal AKM Literasi

Pelatihan AKM Literasi, Jakarta (September 2021)
Kenapa Penting? Mulai tahun ajaran 2021/2022, AKM, beserta survei karakter dan survei lingkungan belajar, mulai menggantikan UN sebagai standar asesmen kualitas pembelajaran di sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip membuat soal AKM Literasi
  • Guru dapat membuat soal AKM Literasi sesuai kriteria Pusmenjar
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; materi, konstruksi, bahasa; perjenjangan
  • Praktik: Membuat 3 soal AKM dengan tingkat kognitif yang berbeda
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Konten
  • Konteks
  • Level Kognitif
  • Stimulus
  • Kebahasaan

6. Mahir Membuat Soal AKM Numerasi

Pelatihan AKM Numerasi, Jakarta (Maret 2022)
Kenapa Penting? Mulai tahun ajaran 2021/2022, AKM, beserta survei karakter dan survei lingkungan belajar, mulai menggantikan UN sebagai standar asesmen kualitas pembelajaran di sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip membuat soal AKM Numerasi
  • Guru dapat membuat soal AKM Numerasi sesuai kriteria Pusmenjar
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; materi, konstruksi, bahasa; perjenjangan
  • Praktik: Membuat 3 soal AKM dengan tingkat kognitif yang berbeda
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Konten
  • Konteks
  • Level Kognitif
  • Stimulus
  • Kebahasaan

7. Mahir Menyusun RPP 1-Halaman dengan Prinsip Merdeka Belajar

Pelatihan RPP 1-Lembar, Jakarta (Maret 2022)
Kenapa Penting? Sebagai bagian dari Merdeka Belajar yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2021/2022, RPP akan dipadatkan dan disederhanakan menjadi 1 lembar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip RPP 1-halaman
  • Guru mengetahui inovasi apa saja yang bisa diterapkan pada RPP 1-halaman
  • Guru dapat membuat RPP 1-halaman yang efektif
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; fitur dan mekanisme unggah dan edit setting di kanal YouTube; demo; praktik baik
  • Praktik: Membuat 1 RPP
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan Inti
  • Penilaian
  • Kebahasaan
  • Inovasi

8. Memperkenalkan Pembelajaran Project-Based Learning di Kelas

Pelatihan PjBL, Jakarta (November 2021)
Kenapa Penting? Project-Based Learning (PjBL) mulai diberikan lebih banyak fokus dalam Merdeka Belajar, sebagai bagian dari asesmen siswa yang berasal dari portofolio.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip dan penerapan PjBL di kelas
  • Guru mengetahui cara merencanakan PjBL
  • Guru mengetahui cara mengawasi pelaksanaan PjBL
  • Guru mengetahui cara menilai hasil PjBL
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; prinsip dan tahap-tahap dalam PBL; case study; praktik baik
  • Evaluasi: Post-assessment dengan Google Form
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Pertanyaan Penting
  • Perencanaan
  • Pelaksanaan
  • Penilaian dan Evaluasi

9. Strategi Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Pelatihan Bernalar Kritis, Jakarta (Maret 2022)
Kenapa Penting? Bernalar kritis adalah salah satu dari keterampilan 4C (keterampilan abad 21) yang perlu dimiliki siswa dan juga bagian dari Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip bernalar kritis dan kegunaannya
  • Guru memahami strategi mengasah kemampuan bernalar kritis siswa di kelas
  • Guru mengetahui prinsip membuat soal HOTS
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; prinsip dan sikap-sikap bernalar kritis; prinsip membuat soal HOTS; praktik baik
  • Evaluasi: Post-assessment dengan Google Form
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Mengenali Soal HOTS
  • Aktivitas dalam Kelas
  • Aktivitas luar Kelas

10. Pelatihan Komunikasi Coach untuk Kepala Sekolah

Pelatihan Komunikasi Coach, Jakarta (Februari 2022)
Kenapa Penting? Peran kepala sekolah dalam Merdeka Belajar sangatlah penting sebagai pemimpin pembelajaran, sehingga keterampilan komunikasi seorang coach (pelatih) perlu dikuasai
Tujuan Pelatihan
  • Kepala sekolah memahami dan bisa melakukan gaya komunikasi coach
  • Kepala sekolah dapat menerapkan gaya komunikasi coach pada warga sekolah ketika melaksanakan berbagai agenda sekolah
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep umum; ciri khas gaya komunikasi coach; penerapan gaya komunikasi coach
  • Praktik: Kelompok dan Individu
  • Refleksi dan sharing: Hasil praktik; pengalaman di sekolah; tanya jawab
Indikator Penguasaan
  • Meletakkan jabatan
  • Tanya jawab
  • Sudut pandang yang lebih luas
  • Mindset, personality, skill
  • Orientasi masa kini dan masa depan

Pelatihan Gurucita x Active4Future

Kejarcita bekerjasama dengan ChildFund Indonesia untuk menyelenggarakan pelatihan Merdeka Belajar bagi para fasilitator Program Kecakapan Hidup dan Literasi Keuangan dalam program Active4Future. Pelatihan ini bertujuan supaya para fasilitator program memahami dan menerapkan prinsip Merdeka Belajar ketika menyampaikan materi ajar pada anak-anak (kelompok usia 6 - 15 tahun) dalam program. Selain itu, pelatihan juga dilengkapi dengan Micro Teaching agar para fasilitator dapat berlatih menerapkan ragam metode pembelajaran yang inovatif, seperti Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Discovery Learning, dan Literasi.

Pelatihan Sekolah Ramah Anak dan Pendidikan Karakter dengan YKKS (Semarang, Oktober 2021)
Pelatihan Ragam Metode Pembelajaran dan Merdeka Belajar - Zona Tengah (Semarang, Februari 2022)
Pelatihan Ragam Metode Pembelajaran dan Merdeka Belajar - Zona Barat (Bogor, Maret 2022)
Pelatihan Ragam Metode Pembelajaran dan Merdeka Belajar - Zona Timur (Sumba, April 2022)

Selain pelatihan premium, kami menyelenggarakan event publik yang dapat diikuti secara gratis: webinar, Facebook Live, TeleTalk. Untuk informasi lebih lanjut, cek Kejar Event.