Kurikulum Merdeka

Pelatihan Bedah Kurikulum Merdeka, Tangerang Selatan (Juni 2022)
Kenapa Penting? Kenapa Penting? Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Nasional di tahun 2024, dan sebagian besar sekolah sudah melaksanakan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Semua jajaran sekolah di Indonesia perlu paham cara mengadopsi Kurikulum Merdeka dengan baik.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami perubahan di dunia pendidikan Indonesia lewat Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka
  • Guru memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan agar dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan baik
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Merdeka Belajar; Kurikulum Merdeka; Pelaksanaan Intrakurikuler di Sekolah; Pelaksanaan P5; Dampak pada Tugas Guru
  • Evaluasi: Pre-assessment dan post-assessment melalui Google Form
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Merdeka Belajar
  • Kurikulum Merdeka
  • Pelaksanaan Intrakurikuler di Sekolah
  • Pelaksanaan P5
  • Dampak pada Tugas Guru
Pelatihan Memodifikasi Alur Tujuan Pembelajaran, Tangerang (Juli 2022)
Kenapa Penting? Guru-guru perlu memahami cara menemukan, memilih, dan memodifikasi Alur Tujuan Pembelajaran hingga sesuai diterapkan di dalam kelas.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip modifikasi Alur Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru dapat memodifikasi Alur Tujuan Pembelajaran sesuai kebutuhan di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Capaian Pembelajaran; Konsep Alur Tujuan Pembelajaran; Konsep Tujuan Pembelajaran; Langkah-Langkah Modifikasi Alur Tujuan Pembelajaran
  • Praktik: Melakukan modifikasi Alur Tujuan Pembelajaran
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kejelasan Penulisan
  • Kesesuaian Modifikasi
  • Kesinambungan Alur
Pelatihan Memodifikasi Modul Ajar, Jakarta (Juli 2022)
Kenapa Penting? Guru-guru perlu memahami cara menemukan, memilih, dan memodifikasi Modul Ajar hingga sesuai diterapkan di dalam kelas.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip modifikasi Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru dapat memodifikasi referensi Modul Ajar sesuai kebutuhan di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Modul Ajar; Komponen Modul Ajar; Langkah-Langkah Modifikasi Modul Ajar
  • Praktik: Melakukan modifikasi Modul Ajar
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kontekstualisasi
  • Kejelasan Penulisan
  • Kelengkapan Modifikasi
  • Kesinambungan Modul Ajar
  • Orientasi pada Siswa
Pelatihan Asesmen, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Pelaksanaan asesmen yang tepat akan memberikan informasi yang akurat mengenai perkembangan pencapaian dan kebutuhan belajar siswa. Hasil asesmen selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai umpan balik demi proses pembelajaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami model asesmen dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru memahami cara menerapkan asesmen dalam kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Kerangka Asesmen; Paradigma Asesmen; Pelaksanaan Asesmen; Pelaporan Hasil
  • Praktik: Role play pola pikir bertumbuh; Merancang aktivitas asesmen
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Role play pola pikir bertumbuh
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Merancang aktivitas asesmen
  • Penguasaan Konsep
  • Kesesuaian dengan Topik
  • Ketepatan Penulisan
Pelatihan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Dalam Kurikulum Merdeka, ketuntasan pembelajaran ditentukan berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). KKTP bukan berbentuk angka mutlak, melainkan dapat berupa interval nilai, deskripsi kriteria, atau rubrik. KKTP memiliki bentuk yang berbeda dengan KKM sehingga dibutuhkan penyesuaian dan pembiasaan dalam membuatnya.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami strategi menyusun KKTP dan rapor dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru memahami cara menerapkan KKTP dan menyusun rapor
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Penyusunan KKTP; Pengolahan Rapor; Tindak Lanjut
  • Praktik: Menyusun KKTP
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Kesesuaian dengan TP
  • Deskripsi Penilaian

Rapor Pendidikan

Pelatihan AKM Literasi, Jakarta (September 2021)
Kenapa Penting? Mulai tahun ajaran 2021/2022, AKM, beserta survei karakter dan survei lingkungan belajar, menggantikan UN sebagai standar asesmen kualitas pembelajaran di sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip membuat soal AKM Literasi
  • Guru dapat membuat soal AKM Literasi sesuai kriteria Pusmenjar
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; materi, konstruksi, bahasa; perjenjangan
  • Praktik: Membuat 3 soal AKM dengan tingkat kognitif yang berbeda
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Konten
  • Konteks
  • Level Kognitif
  • Stimulus
  • Kebahasaan
Pelatihan AKM Numerasi, Jakarta (Maret 2022)
Kenapa Penting? Mulai tahun ajaran 2021/2022, AKM, beserta survei karakter dan survei lingkungan belajar, menggantikan UN sebagai standar asesmen kualitas pembelajaran di sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip membuat soal AKM Numerasi
  • Guru dapat membuat soal AKM Numerasi sesuai kriteria Pusmenjar
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; materi, konstruksi, bahasa; perjenjangan
  • Praktik: Membuat 3 soal AKM dengan tingkat kognitif yang berbeda
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Konten
  • Konteks
  • Level Kognitif
  • Stimulus
  • Kebahasaan
Pelatihan Penguatan Literasi dan Numerasi di Kelas, Jakarta (September 2023)
Kenapa Penting? Kemampuan literasi-numerasi anak Indonesia termasuk dalam kategori yang rendah, bahkan di antara negara Asia Tenggara. Literasi yang rendah dapat menghambat anak dalam mendapatkan pengetahuan baru, menganalisis dan memecahkan masalah, sampai memilah dan menyaring informasi.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami ragam strategi penguatan literasi dan numerasi sebagai program sekolah
  • Guru mendapatkan gambaran penerapan program penguatan literasi dan numerasi yang sesuai dengan kondisi sekolah
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Penguatan Literasi dalam Kelas; Penguatan Numerasi dalam kelas; Penguatan Literasi-Numerasi di Lingkungan Sekolah
  • Praktik: Membuat rencana aktivitas literasi dan numerasi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kesesuaian Alat, Bahan, dan Media
  • Pemilihan Bacaan (Literasi saja)
  • Ketepatan Aktivitas
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Mahir Membuat Soal HOTS, Jakarta (Oktober 2023)
Kenapa Penting? Kemampuan bernalar kritis menjadi salah satu aspek penting dalam Kurikulum Merdeka dan tantangan di abad 21 ini. Bernalar kritis perlu terus dikembangkan agar mampu menganalisis informasi secara objektif, menyimpulkan, dan mengevaluasi informasi dengan tepat. Salah satu cara mengembangkan kemampuan bernalar kritis adalah melalui soal-soal HOTS.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip membuat soal HOTS menurut Taksonomi Bloom
  • Guru dapat membuat soal HOTS menurut Taksonomi Bloom
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep soal HOTS; Struktur soal HOTS; Membuat soal HOTS
  • Praktik: Membuat soal HOTS untuk masing-masing level kognitif
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Konten/Domain
  • Konteks
  • Level Kognitif
  • Stimulus
  • Kebahasaan
Pelatihan RPP 1-Lembar, Jakarta (Maret 2022)
Kenapa Penting? Sebagai bagian dari Merdeka Belajar yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2021/2022, RPP akan dipadatkan dan disederhanakan menjadi 1 lembar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip RPP 1-halaman
  • Guru mengetahui inovasi apa saja yang bisa diterapkan pada RPP 1-halaman
  • Guru dapat membuat RPP 1-halaman yang efektif
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; fitur dan mekanisme unggah dan edit setting di kanal YouTube; demo; praktik baik
  • Praktik: Membuat 1 RPP
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan Inti
  • Penilaian
  • Kebahasaan
  • Inovasi
Pelatihan Mencegah Bullying, Jakarta (Desember 2023)
Kenapa Penting? Dampak bullying bukanlah hal sepele dan dapat terbawa hingga dewasa. Guru perlu menyadari berbagai potensi bullying di sekolah maupun media sosial pada anak. Dibutuhkan upaya pencegahan dan penanganan kasus bullying yang tepat di setiap sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami jenis dan potensi bullying di sekolah
  • Guru mendapatkan gambaran upaya pencegahan dan penanganan kasus bullying dengan tepat
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Jenis-Jenis Bullying; Mencegah Bullying; Menangani Bullying
  • Praktik: Role Play Menangani Bullying
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Ekspresi Empati
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Waspada Narkoba, Jakarta (Februari 2023)
Kenapa Penting? Penyalahgunaan narkoba semakin meningkat di kalangan remaja dan dapat merusak generasi muda. Pihak sekolah membutuhkan pengetahuan tentang pola penyalahgunaan narkoba agar tindakan pencegahan dapat dilakukan, terutama di sekitar lingkungan sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengetahui jenis-jenis narkoba dan bahayanya
  • Guru memahami pola penyalahgunaan narkoba
  • Guru mengenali ciri-ciri pengguna narkoba
  • Guru mendapatkan gambaran cara mencegah dan menindaklanjuti penyalahgunaan narkoba
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Jenis-Jenis Narkoba; Bahaya Narkoba; Cara Mencegah dan Menindaklanjuti Penyalahgunaan Narkoba
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Pembelajaran Ramah Anak, Jakarta (Desember 2023)
Kenapa Penting? Lingkungan dan proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap kualitas belajar anak. Lingkungan dan pembelajaran yang ramah anak dibutuhkan agar anak merasa nyaman ketika belajar sehingga dapat memaksimalkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep dan komponen sekolah ramah anak
  • Guru memahami penerapan pembelajaran yang ramah anak
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Sekolah Ramah Anak; Penerapan Pembelajaran yang Ramah Anak
  • Praktik: Rekomendasi Perubahan untuk Sekolah agar Lebih Ramah Anak
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Pemahaman Konsep
  • Kesesuaian Rekomendasi dengan Prinsip SRA
Pelatihan Pengelolaan Kelas yang Efektif, Jakarta (Desember 2023)
Kenapa Penting? Pengelolaan kelas menjadi salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran. Pengelolaan kelas yang tepat akan mendukung pembelajaran yang variatif, interaktif, dan efektif sehingga dapat meningkatkan ketercapaian belajar anak.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami pengelolaan kelas yang efektif dan cocok untuk siswa
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Manajemen Kelas; Manajemen Kelas yang Efektif; Contoh Strategi Manajemen Kelas
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Psikologi Guru, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Kesejahteraan psikologis guru penting untuk diupayakan karena dapat memengaruhi produktivitas kerja guru, kualitas pembelajaran, mutu sekolah, hingga pemenuhan kebutuhan keluarga.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami pentingnya kesejahteraan psikologis
  • Guru dapat menerapkan strategi untuk meningkatkan kesejahteraan psikologisnya
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Mengenal Kesejahteraan Psikologis Guru; Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Guru
  • Praktik: Role Play Mengelola Stres dengan Tepat
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Ekspresi Empati
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Gerakan Sekolah Sehat, Kab. Sidoarjo (September 2024)
Kenapa Penting? Membiasakan konsep sekolah yang sehat penting agar guru dapat melaksanakan tugas sebagai pendidik dengan baik dan optimal. Sementara itu, siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan nyaman.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep sekolah sehat
  • Guru dapat menganalisis program sekolah sehat yang sesuai untuk diterapkan di sekolah
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Sehat Tubuh; Sehat Jiwa; Sadar terhadap Lingkungan (Adiwiyata)
  • Praktik: Mind Mapping Gerakan Sekolah Sehat
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Sehat Gizi: Program dan Alasannya
  • Sehat Fisik: Program dan Alasannya
  • Sehat Jiwa: Program dan Alasannya
  • Sehat Lingkungan: Program dan Alasannya

Profil Pelajar Pancasila

Pelatihan Pelajar Pancasila, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Profil Pelajar Pancasila memegang peran yang sangat penting dalam pendidikan di Indonesia, terutama perwujudannya dalam Kurikulum Merdeka. Pengembangan Pelajar Pancasila dilakukan lewat mata pelajaran, proyek kokurikuler, ekstrakurikuler, serta budaya sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengetahui peran Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru memahami dampak Profil Pelajar Pancasila pada tugas-tugas guru di sekolah
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Pancasila dalam Pendidikan; Profil Pelajar Pancasila; Penerapan pada Kurikulum Merdeka; Dampak pada Tugas Guru
  • Praktik: Merencanakan penerapan Pelajar Pancasila pada proyek dan intrakurikuler
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kesesuaian Topik
  • Kesesuaian Dimensi
  • Kesesuaian Elemen
  • Kesesuaian Sub-Elemen
Pendampingan P5 SDN 01 Pondok Pinang, Jakarta (September 2023)
Kenapa Penting? P5 mendapatkan alokasi khusus, yaitu minimum 20 - 30 % dari total jam pelajaran per tahun, untuk dilaksanakan dalam Kurikulum Merdeka. Aktivitas proyek ini merupakan bagian penting dalam upaya pengembangan Profil Pelajar Pancasila di sekolah.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami peran P5 dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru memahami pengertian, manfaat, langkah-langkah P5
  • Guru mendapatkan gambaran mengenai cara menerapkan P5 Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah
Metode Pendampingan
  • Penyampaian teori: Profil Pelajar Pancasila; Konsep P5; Penerapan P5 di Sekolah; Contoh Pelaksanaan Proyek
  • Praktik: Mind mapping P5; Role play fasilitator proyek
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Modul Proyek, Jakarta (Desember 2023)
Kenapa Penting? Sebelum memulai pelaksanaan P5, tim proyek perlu merancang dokumen perencanaan yang berupa modul proyek. Modul proyek yang lengkap dan terstruktur dapat memudahkan pelaksanaan P5 di sekolah agar tetap terarah dan sesuai dengan tujuan proyek.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami komponen dan jenis-jenis modifikasi Modul Proyek dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru dapat memodifikasi referensi Modul Proyek sesuai kebutuhan di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Profil Pelajar Pancasila; Konsep P5; Komponen Modul Proyek; Jenis-Jenis Modifikasi Modul Proyek
  • Praktik: Memodifikasi modul proyek
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kontekstualisasi
  • Kejelasan Penulisan
  • Kelengkapan Modifikasi
  • Kesinambungan Modul Proyek
  • Orientasi pada Siswa
Pendampingan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta (Maret 2023)
Kenapa Penting? Masih banyak pendidik yang salah paham tentang pelaksanaan P5 sebagai proyek biasa, atau kebingungan untuk memulainya. Tim proyek perlu pemahaman konsep dan pedoman praktis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan P5 yang sesuai dengan tujuan pengembangan sikap Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan Pendampingan
  • Tim proyek memahami konsep Profil Pelajar Pancasila dan P5
  • Tim proyek mengambil keputusan yang sesuai dalam penentuan jadwal, peran tim proyek, tema/topik proyek
  • Tim proyek dapat memodifikasi referensi modul proyek hingga sesuai dengan kondisi sekolah dan siswa
  • Tim proyek melaksanakan aktivitas proyek sesuai rencana dalam modul proyek dan melakukan dokumentasi yang rapi
  • Tim proyek melakukan refleksi agar pelaksanaan proyek berikutnya berjalan lebih baik dan sesuai tujuan
Metode Pendampingan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; Profil Pelajar Pancasila; Project-Based Learning; tema proyek; modul proyek; rapor proyek
  • Praktik: Memilih tema dan tim fasilitator; menentukan jadwal pelaksanaan; memilih dan memodifikasi modul proyek; melaksanakan proyek; mengevaluasi dan merefleksi pelaksanaan proyek
  • Evaluasi: Memeriksa dokumentasi dan memberikan saran
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Teamwork
  • Manajemen waktu
  • Fasilitasi proyek
  • Hasil akhir proyek
  • Rapor proyek

Strategi Mengajar

Ragam Model Pembelajaran, Surabaya, Februari 2024
Kenapa Penting? Model pembelajaran tradisional yang berfokus pada penyampaian materi secara satu arah dari guru ke siswa kurang menggali minat dan bakat siswa, serta kurang memancing keaktifan siswa. Memperkenalkan ragam model pembelajaran yang baru dan inovatif dapat mengembangkan keterampilan 4C siswa (komunikasi, kreativitas, kolaborasi, dan bernalar kritis) serta meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memperoleh wawasan mengenai berbagai ragam model pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Project-Based Learning (PjBL); Problem-Based Learning (PBL); Discovery Learning; Pembelajaran Kontekstual (CTL)
  • Evaluasi: Pre-assessment dan post-assessment melalui Google Form
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Project-Based Learning (PjBL)
  • Problem-Based Learning (PBL)
  • Discovery Learning
  • Pembelajaran Kontekstual (CTL)
Pelatihan PjBL, Jakarta (November 2021)
Kenapa Penting? Project-Based Learning (PjBL) mulai diberikan lebih banyak fokus dalam Merdeka Belajar, sebagai bagian dari asesmen siswa yang berasal dari portofolio.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip dan penerapan PjBL di kelas
  • Guru mengetahui cara merencanakan PjBL
  • Guru mengetahui cara mengawasi pelaksanaan PjBL
  • Guru mengetahui cara menilai hasil PjBL
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; prinsip dan tahap-tahap dalam PBL; case study; praktik baik
  • Evaluasi: Post-assessment dengan Google Form
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Pertanyaan Penting
  • Perencanaan
  • Pelaksanaan
  • Penilaian dan Evaluasi
Pelatihan Metode Pembelajaran STEAM, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Pendekatan pembelajaran STEAM relevan dengan kebutuhan siswa di masa depan, yaitu memiliki keterampilan berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving). Pendekatan ini dilakukan dengan memadukan lima disiplin ilmu sekaligus, yaitu sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep dan manfaat metode pembelajaran STEAM
  • Guru dapat menerapkan langkah-langkah metode pembelajaran STEAM
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Metode Pembelajaran STEAM; Langkah Pelaksanaan Metode Pembelajaran STEAM
  • Praktik: Merencanakan Pembelajaran; Role Play Pelaksanaan
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Merencanakan Pembelajaran
  • Pemahaman Konsep
  • Kesesuaian Masalah dengan TP
  • Kesesuaian Aktivitas
  • Kesesuaian Deskripsi Asesmen
Role Play Pelaksanaan
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Problem-Based Learning (PBL), Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat membangun kepekaan siswa terhadap masalah nyata di sekitarnya, sekaligus mengasah kemampuan pemecahan masalah (problem solving)
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep dan manfaat PBL
  • Guru dapat menerapkan langkah-langkah PBL
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep PBL; Langkah Pelaksanaan PBL
  • Praktik: Merencanakan Pembelajaran; Role Play Pelaksanaan
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Merencanakan Pembelajaran
  • Pemahaman Konsep
  • Kesesuaian Masalah dengan TP
  • Kesesuaian Aktivitas
  • Kesesuaian Deskripsi Asesmen
Role Play Pelaksanaan
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Contextual Teaching and Learning (CTL), Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Model pembelajaran berbasis konteks (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena mereka dapat memahami manfaat dan relevansi dari materi yang dipelajarinya
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep dan manfaat CTL
  • Guru dapat menerapkan langkah-langkah CTL
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep CTL; Langkah Pelaksanaan CTL
  • Praktik: Merencanakan Pembelajaran; Role Play Pelaksanaan
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Merencanakan Pembelajaran
  • Pemahaman Konsep
  • Kesesuaian Konteks dengan TP
  • Kesesuaian Aktivitas
  • Kesesuaian Deskripsi Asesmen
Role Play Pelaksanaan
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Discovery Learning, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Model pembelajaran Discovery Learning melibatkan siswa secara aktif untuk menyelidiki, menemukan, dan memecahkan masalahnya sendiri. Proses ini akan membuat materi pelajaran diingat lebih lama oleh siswa.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep dan manfaat Discovery Learning
  • Guru dapat menerapkan langkah-langkah Discovery Learning
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Discovery Learning; Langkah Pelaksanaan Discovery Learning
  • Praktik: Merencanakan Pembelajaran; Role Play Pelaksanaan
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Merencanakan Pembelajaran
  • Pemahaman Konsep
  • Kesesuaian Stimulus dengan TP
  • Kesesuaian Aktivitas
  • Kesesuaian Deskripsi Asesmen
Role Play Pelaksanaan
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Melaksanakan Pembelajaran Terdiferensiasi, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Setiap siswa memiliki kebutuhan belajar yang tidak sama, misalnya perbedaan gaya belajar, minat, kemampuan kognitif, latar belakang. Agar Tujuan Pembelajaran dapat dicapai untuk setiap siswa, dibutuhkan diferensiasi dalam proses pembelajaran, baik dari segi konten, proses, maupun produk hasil belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami pembelajaran terdiferensiasi
  • Guru menerapkan pemahaman dalam melaksanakan pembelajaran terdiferensiasi dalam kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Asesmen Awal Pembelajaran; Diferensiasi Pembelajaran; Tindak Lanjut
  • Praktik: Role play tanya jawab di awal pembelajaran; Menentukan tindakan diferensiasi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Role play tanya jawab
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Menentukan tindakan diferensiasi
  • Penguasaan Konsep
  • Kesesuaian dengan TP
  • Ketepatan Tindak Lanjut
Pelatihan Mengembangkan Growth mindset Siswa, Jakarta (Desember 2023)
Kenapa Penting? Motivasi belajar siswa mudah turun ketika mengalami kegagalan atau merasa tertinggal dari siswa lainnya. Growth mindset yang dikembangkan pada siswa dapat meningkatkan produktivitas belajar, mengurangi stres ketika belajar, mengasah kreativitas dan kemampuan bernalar kritis, serta meningkatkan kepercayaan diri.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami cara menumbuhkan growth mindset pada anak
  • Guru mendapatkan gambaran penerapan growth mindset pada anak
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Growth Mindset; Strategi Menumbuhkan Growth Mindset
  • Praktik: Role play Growth Mindset
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Bernalar Kritis, Jakarta (Maret 2022)
Kenapa Penting? Bernalar kritis adalah salah satu dari keterampilan 4C (keterampilan abad 21) yang perlu dimiliki siswa dan juga bagian dari Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip bernalar kritis dan kegunaannya
  • Guru memahami strategi mengasah kemampuan bernalar kritis siswa di kelas
  • Guru mengetahui prinsip membuat soal HOTS
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; prinsip dan sikap-sikap bernalar kritis; prinsip membuat soal HOTS; praktik baik
  • Evaluasi: Post-assessment dengan Google Form
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Mengenali Soal HOTS
  • Aktivitas dalam Kelas
  • Aktivitas luar Kelas
Pelatihan Disiplin Berbasis Refleksi, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Metode mendisiplinkan berbasis refleksi dapat mendorong kesadaran regulasi diri dan tanggung jawab pada siswa. Kesadaran ini dapat mengurangi kemungkinan siswa mengulangi perilaku indisipliner dan lebih fokus dalam proses pembelajaran di kelas.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep disiplin berbasis refleksi
  • Guru dapat menerapkan metode mendisiplinkan siswa berbasis refleksi
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Disiplin Berbasis Refleksi; Strategi Refleksi Mengatasi Anak yang Indisipliner; Strategi Refleksi Menumbuhkan Kedisiplinan di Kelas
  • Praktik: Role Play Memandu Anak Melakukan Refleksi Diri
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Merencanakan Pembelajaran
  • Pemahaman Konsep
  • Orientasi pada Siswa
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Strategi Ice Breaking, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Aktivitas belajar yang panjang atau materi yang kompleks dapat membuat siswa menjadi bosan atau kehilangan fokus untuk belajar. Penerapan ice breaking yang fun dan edukatif dapat menjadi solusi untuk menghidupkan kembali suasana kelas.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mendapatkan berbagai ide ice breaking yang fun dan edukatif
  • Guru mendapatkan gambaran cara menerapkan ice breaking dalam kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Ice Breaking; Strategi Ice Breaking
  • Praktik: Role Play Ice Breaking di Kelas
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Merencanakan Pembelajaran
  • Pemahaman Konsep
  • Orientasi pada Siswa
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Pemanfaatan Media Ajar, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Generasi siswa di zaman sekarang lebih dekat dengan teknologi dan lebih senang mengonsumsi informasi secara visual. Guru perlu memanfaatkan ragam media ajar untuk meningkatkan minat belajar dan memudahkan siswa memahami materi.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami ragam media ajar dan pemanfaatannya
  • Guru mendapatkan gambaran untuk mulai memanfaatkan media ajar di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Mengenal Ragam Media Ajar; Media Ajar sebagai Materi Pembelajaran; Media Ajar sebagai Tugas Siswa
  • Praktik: Pemanfaatan Media Ajar
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Merencanakan Pembelajaran
  • Kesesuaian Media Ajar sebagai Materi Pembelajaran
  • Kesesuaian Media Ajar sebagai Tugas Siswa
Pelatihan Integrasi Teknologi dalam Kelas, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Dalam rencana mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045 dibutuhkan transformasi digital dalam kelas. Integrasi teknologi dalam kelas dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mengakomodasi ragam kebutuhan belajar siswa, dan memudahkan urusan administrasi.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami ragam cara mengintegrasikan teknologi untuk pembelajaran di kelas
  • Guru mendapatkan gambaran untuk mulai memanfaatkan teknologi dalam kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Variasi Konten dan Media Pembelajaran; Inovasi Proses Pembelajaran; Ragam Teknik Asesmen
  • Praktik: Mind mapping pemanfaatan teknologi dalam kelas
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, Jakarta (Januari 2024)
Kenapa Penting? Karya tulis ilmiah (KTI) dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dapat membantu meningkatkan kualitas layanan dalam pengelolaan kelas, proses pembelajaran, dan kebutuhan peserta didik. Publikasi KTI juga dapat memberikan manfaat bagi rekan sesama pendidik yang memiliki permasalahan yang serupa.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep PTK dan komponen KTI
  • Guru dapat menerapkan cara membuat KTI
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Penelitian Tindakan Kelas (PTK); Pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI)
  • Praktik: Menulis judul dan abstrak KTI
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Kebahasaan
  • Ketercapaian Tujuan

Multimedia

Karya Praktik Pelatihan Video Pembelajaran dengan Filmora, Jakarta (Oktober 2021)
Kenapa Penting? Di era digital, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengenal variasi video pembelajaran yang bisa dibuat
  • Guru mengetahui prinsip membuat rekaman yang berkualitas
  • Guru dapat mengaplikasikan langkah-langkah membuat video yang efektif
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi audiovisual yang gratis dan berkualitas
  • Guru menguasai pengoperasian fitur-fitur dasar Filmora
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; demo; praktik baik
  • Praktik: Mengambil rekaman dan mengedit 1 video durasi maks 6 menit
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan mengoperasikan Software
  • Rancangan Skenario dan Skrip yang Baik
  • Konsep Editing yang Baik
  • Copyright
Pelatihan Media Pembelajaran dengan Canva, Jakarta (Oktober 2021)
Kenapa Penting? Di era digital, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengenal variasi grafis pembelajaran yang bisa dibuat
  • Guru mengetahui prinsip desain yang baik
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi grafis yang gratis dan berkualitas
  • Guru menguasai pengoperasian fitur-fitur dasar Canva
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; demo; praktik baik
  • Praktik: Membuat infografis 1 lembar dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip desain yang baik
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan mengoperasikan Software
  • Rancangan Konten yang Efektif dan Menarik
  • Konsep Desain yang Baik
  • Copyright
Pelatihan Produksi Video dan Manajemen Kanal YouTube, Jakarta (November 2021)
Kenapa Penting? Di era digital, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengenal variasi video pembelajaran yang bisa dibuat
  • Guru mengetahui prinsip membuat rekaman yang berkualitas
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi audiovisual yang gratis dan berkualitas
  • Guru menguasai prinsip dan teknis manajemen YouTube yang baik
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; variasi jenis video pembelajaran; langkah-langkah dalam produksi video; fitur dan mekanisme unggah dan edit setting di kanal YouTube; demo; praktik baik
  • Praktik: Mengambil rekaman dan mengunggah video di kanal YouTube pribadi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan Mengatur Konten dengan Efektif di Kanal YouTube
  • Rancangan Skenario dan Skrip yang Baik
  • Konsep Desain yang Baik
  • Copyright
Pelatihan Menciptakan Presentasi Powerpoint yang Powerful, Jakarta (September 2021)
Kenapa Penting? Di era digital, guru perlu membuat media pembelajaran lebih menarik agar mencegah kebosanan dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru mengetahui fitur-fitur tingkat lanjut Powerpoint
  • Guru dapat mengaplikasikan fitur-fitur tingkat lanjut Powerpoint dalam presentasi yang powerful
  • Guru mengetahui prinsip desain yang baik
  • Guru mengetahui sumber referensi untuk menemukan materi grafis yang gratis dan berkualitas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Latar belakang; fitur-fitur tingkat lanjut Powerpoint; prinsip menggunakan fitur-fitur Powerpoint; demo; praktik baik
  • Praktik: Membuat 1 presentasi Powerpoint dengan menggunakan fitur-fitur tingkat lanjut
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kemampuan Menggunakan Fitur-fitur Tingkat Lanjut
  • Rancangan Presentasi yang Efektif dan Menarik
  • Konsep Desain yang Baik
  • Copyright
Pelatihan Artificial Intelligence (AI), Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Artificial intelligence (AI) dapat dimanfaatkan sebagai ā€˜asistenā€™ untuk membantu guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, misalnya membuat perencanaan pembelajaran (RPP/Modul Ajar), menyusun materi ajar, atau menyelesaikan tugas administrasi lainnya.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami pemahaman dasar tentang AI
  • Guru memahami cara penggunaan AI untuk kebutuhan pembelajaran
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Definisi AI, Fungsi, dan Cara Kerjanya; Mengenal Platform AI (ChatGPT, Gamma)
  • Praktik: Membuat Modul Ajar dengan AI
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kelengkapan Modul Ajar
  • Kontekstualisasi
  • Kejelasan Penulisan
  • Kesinambungan Modul Ajar
  • Orientasi pada Siswa

Siswa

Pelatihan Memahami Kebinekaan, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Kebinekaan dalam kehidupan sehari-hari penting untuk disadari oleh siswa agar tercipta lingkungan yang rukun dan bersahabat, serta membantu mengurangi potensi terjadinya tindakan perundungan (bullying) atau kekerasan.
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami tentang kebinekaan yang ada di sekitarnya
  • Siswa terinspirasi untuk menghargai kebinekaan dalam kehidupan sehari-hari
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Definisi dan Contoh Kebinekaan; Manfaat Kebinekaan; Cara Menghargai Kebinekaan
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Critical Thinker, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan siswa untuk membantu mereka mempelajari hal-hal baru, memilah banyaknya informasi yang mereka terima setiap hari, serta mengambil keputusan-keputusan dalam hidup, apalagi keputusan penting yang dapat memengaruhi masa depan mereka
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami tentang berpikir kritis
  • Siswa memahami caranya memiliki kebiasaan berpikir kritis
  • Siswa terinspirasi menjadi anak yang selalu berpikir kritis
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Pentingnya Berpikir Kritis; Langkah dalam Berpikir Kritis; Cara Menjadi Anak yang Berpikir Kritis
  • Praktik: Role Play Menerapkan Cara Berpikir Kritis
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Pemahaman Konsep
  • Komunikasi
  • Profil Pelajar Pancasila
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Creativity and Innovation, Jakarta (September 2024)
Kenapa Penting? Kemampuan berkreasi dan berinovasi dapat membantu siswa menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, lebih percaya diri, dan menghindari pertemanan negatif
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami tentang sikap kreatif dan inovatif, serta manfaatnya
  • Siswa terinspirasi menjadi anak yang kreatif dan inovatif
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Definisi dan Manfaat Menjadi Kreatif dan Inovatif; Cara Melatih Kreativitas
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Mahir Public Speaking, Jakarta (Januari 2024)
Kenapa Penting? Kemampuan public speaking penting untuk menunjang kegiatan siswa di sekolah maupun membangun karir siswa di masa depan. Kemampuan ini dapat diasah melalui cara yang tepat dan latihan yang konsisten.
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami public speaking yang baik
  • Siswa mengetahui cara mengasah kemampuan public speaking-nya
  • Siswa terinspirasi untuk menjadi public speaker yang keren
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Public Speaking; Manfaat dan Kendala dalam Public Speaking; 3V (Voice, Visual, Verbal) dalam Public Speaking
  • Praktik: Menerapkan public speaking untuk menyampaikan topik yang dipilih
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Mahir Video Editing dengan Filmora, Jakarta (Januari 2024)
Kenapa Penting? Keterampilan membuat media audio visual, seperti video, dapat menjadi nilai plus seseorang dalam kehidupan pribadi maupun dunia kerja. Filmora adalah salah satu software video editing yang mudah digunakan oleh pemula.
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami konsep penyajian video yang baik
  • Siswa mengetahui langkah-langkah membuat video
  • Siswa terinspirasi untuk membuat video yang edukatif tetapi tetap menarik
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Langkah-Langkah Membuat Video
  • Praktik: Membuat video edukatif yang menarik (tema pelajaran atau pengetahuan umum)
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Memanfaatkan Sosmed Sebagai Sarana Marketing, Jakarta (Januari 2024)
Kenapa Penting? Sosial media dapat dimanfaatkan sebagai sarana membangun branding untuk siswa sebagai personal maupun branding untuk sekolah. Branding personal siswa dapat membuka potensi kariernya di masa depan. Sementara branding sekolah dapat menarik minat calon siswa untuk mendaftar.
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami konsep dan fungsi media sosial
  • Siswa mengetahui strategi branding di media sosial
  • Siswa terinspirasi untuk membangun branding media sosial sekolah dengan baik
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Media Sosial; Fungsi Media Sosial; Cara Melakukan Branding di Media Sosial
  • Praktik: Membuat konten promosi sekolah di media sosial
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Menghindari Bullying (Perundungan), Jakarta (Desember 2023)
Kenapa Penting? Di era media sosial, banyak kasus bullying yang justru lebih mengarah kepada tindakan kriminal yang berakibat fatal. Setiap anak berpotensi menjadi korban maupun pelaku bullying. Anak perlu dibekali pengetahuan tentang dampak dan cara menghindari bullying untuk menekan potensi terjadinya bullying, terutama di lingkungan sekolah
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami perbuatan yang termasuk bullying
  • Siswa mengetahui dampak dari bullying
  • Siswa dapat menghindari dan mengatasi bullying
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Jenis Bullying; Dampak Bullying; Cara Mengatasi Bullying
  • Praktik: Role Play Menghadapi Bullying
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: Indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Pemahaman Konsep
  • Komunikasi
  • Profil Pelajar Pancasila
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Membiasakan Hidup Sehat, Jakarta (Januari 2024)
Kenapa Penting? Kebiasaan hidup yang bersih dan sehat tentu penting ditanamkan pada siswa dalam kehidupan sehari-hari. Tubuh yang sehat dapat mendukung proses belajar. Sementara kesadaran hidup bersih dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami pentingnya menjaga kesehatan
  • Siswa mengetahui dan mengingat cara menjaga kesehatan
  • Siswa terinspirasi untuk mempunyai kebiasaan menjaga kesehatan
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Perilaku Hidup Sehat; Perilaku Hidup Bersih
  • Praktik: Membuat salah satu karya (drama pendek/poster/puisi) yang berkaitan dengan perilaku hidup sehat
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
Pelatihan Menghindari Kenakalan Remaja, Jakarta (FebruariĀ 2024)
Kenapa Penting? Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh faktor internal dari psikologis remaja maupun faktor eksternal dari lingkaran pertemanan dan media sosial. Penting bagi siswa untuk mengenali diri dan memilah lingkungannya agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja.
Tujuan Pelatihan
  • Siswa memahami jenis kenakalan remaja dan dampaknya
  • Siswa mengetahui cara menghindari diri dari kenakalan remaja
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Mengenal Remaja; Jenis dan Dampak Kenakalan Remaja; Cara Mencegah Kenakalan Remaja
  • Praktik: Membuat river of life
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi

Kepala Sekolah

Pelatihan Bedah Kurikulum Merdeka, Tangerang Selatan (Juni 2022)
Kenapa Penting? Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Nasional di tahun 2024, dan sebagian besar sekolah sudah melaksanakan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Semua jajaran sekolah di Indonesia perlu paham cara mengadopsi Kurikulum Merdeka dengan baik.
Tujuan Pelatihan
  • Kepala sekolah memahami perubahan di dunia pendidikan Indonesia lewat Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka
  • Kepala sekolah memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan agar dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan baik
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Merdeka Belajar; Kurikulum Merdeka; Pelaksanaan Intrakurikuler di Sekolah; Pelaksanaan P5; Dampak pada Tugas Kepala Sekolah
  • Praktik: Kelompok dan individu
  • Refleksi dan Sharing: Hasil praktik; pengalaman di sekolah; tanya jawab
Indikator Penguasaan
  • Merdeka Belajar
  • Kurikulum Merdeka
  • Pelaksanaan Intrakurikuler di Sekolah
  • Pelaksanaan P5
  • Dampak pada Tugas Kepala Sekolah
Pelatihan Komunikasi Coach, Jakarta (Februari 2022)
Kenapa Penting? Peran kepala sekolah dalam Merdeka Belajar sangatlah penting sebagai pemimpin pembelajaran, sehingga keterampilan komunikasi seorang coach (pelatih) perlu dikuasai
Tujuan Pelatihan
  • Kepala sekolah memahami dan bisa melakukan gaya komunikasi coach
  • Kepala sekolah dapat menerapkan gaya komunikasi coach pada warga sekolah ketika melaksanakan berbagai agenda sekolah
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep umum; ciri khas gaya komunikasi coach; penerapan gaya komunikasi coach
  • Praktik: Kelompok dan Individu
  • Refleksi dan sharing: Hasil praktik; pengalaman di sekolah; tanya jawab
Indikator Penguasaan
  • Meletakkan jabatan
  • Tanya jawab
  • Sudut pandang yang lebih luas
  • Mindset, personality, skill
  • Orientasi masa kini dan masa depan

Kebutuhan Khusus

Pelatihan Melaksanakan Pembelajaran Terdiferensiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Setiap PDBK memiliki kebutuhan belajar yang unik yang dipengaruhi oleh perbedaan kemampuan kognitif, minat, gaya belajar, kemandirian, atau kondisi psikologis. Agar Tujuan Pembelajaran dapat dicapai untuk setiap PDBK, dibutuhkan diferensiasi dalam proses pembelajaran, baik dari segi konten, proses, maupun produk hasil belajar.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami pembelajaran terdiferensiasi untuk PDBK
  • Guru menerapkan pemahaman dalam melaksanakan pembelajaran terdiferensiasi dalam kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Asesmen Awal Pembelajaran; Diferensiasi Pembelajaran; Tindak Lanjut
  • Praktik: Role play tanya jawab awal pembelajaran; Menentukan Tindakan Diferensiasi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan Role play tanya jawab
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Menentukan tindakan diferensiasi
  • Penguasaan Konsep
  • Kesesuaian dengan TP
  • Ketepatan Tindak Lanjut
Pelatihan Metode Interaktif dalam Mengajar PDBK, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Penanganan siswa PDBK menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Kondisi yang dialami PDBK dapat memengaruhi kemampuannya menyerap materi dan motivasi belajarnya. Agar proses belajar PDBK tetap optimal dalam kelas inklusi, dibutuhkan metode interaktif yang dilaksanakan melalui berbagai proses adaptasi, misalnya adaptasi pada TP, cara, alat, waktu, sampai teknik asesmen.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip pendidikan inklusi untuk PDBK
  • Guru mendapatkan gambaran untuk menangani PDBK di kelasnya masing-masing
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Membentuk Tim dan Menilai Kebutuhan; Mengembangkan Tujuan Pembelajaran; Merancang Metode Pembelajaran; Menentukan Alat Evaluasi
  • Praktik: Role play komunikasi yang efektif dengan PDBK dalam kelas
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Orientasi pada Anak
  • Komunikasi yang Efektif
  • Sikap Kolaboratif
  • Ketercapaian Tujuan
Pelatihan Asesmen PDBK, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Asesmen menjadi salah satu cara untuk mengetahui perkembangan pencapaian belajar siswa. Asesmen untuk PDBK perlu disesuaikan dengan kebutuhan PDBK, terutama dalam mendukung pembentukan kemandirian dan kesiapan dalam dunia kerja.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami konsep asesmen untuk PDBK yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka
  • Guru memahami cara menerapkan asesmen untuk PDBK dalam kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Mengenal Kebutuhan Khusus; Asesmen dalam Kurikulum Merdeka; Penyesuaian Asesmen untuk PDBK; Melaporkan Hasil
  • Praktik: Modifikasi asesmen dalam modul ajar
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Penguasaan Konsep
  • Kesesuaian dengan Topik
  • Ketepatan Penulisan
Pelatihan Alur Tujuan Pembelajaran, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Untuk sekolah-sekolah inklusi ataupun luar biasa yang mulai mengimplementasikan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), guru-gurunya perlu dapat menemukan, memilih, dan memodifikasi Alur Tujuan Pembelajaran hingga sesuai dengan kebutuhan PDBK.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru dapat memodifikasi Alur Tujuan Pembelajaran sesuai kebutuhan di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Capaian Pembelajaran; Konsep Alur Tujuan Pembelajaran; Konsep Tujuan Pembelajaran; Prinsip Modifikasi Kebutuhan Khusus; Langkah-Langkah Modifikasi Alur Tujuan Pembelajaran
  • Praktik: Memodifikasi ATP referensi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kesesuaian Modifikasi
  • Ketepatan Modifikasi
  • Kelengkapan Modifikasi
  • Kejelasan Penulisan
Pelatihan Modul Ajar, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Untuk sekolah-sekolah inklusi ataupun luar biasa yang mulai mengimplementasikan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), guru-gurunya perlu dapat menemukan, memilih, dan memodifikasi Modul Ajar hingga sesuai dengan kebutuhan PDBK, terutama dalam membentuk kemandirian dan kesiapan dalam dunia kerja.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami prinsip modifikasi Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru dapat memodifikasi referensi Modul Ajar sesuai kebutuhan di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Konsep Modul Ajar; Komponen Modul Ajar; Langkah-Langkah Modifikasi Modul Ajar
  • Praktik: Memodifikasi modul ajar referensi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kontekstualisasi
  • Kejelasan Penulisan
  • Kelengkapan Modifikasi
  • Kesinambungan Modul Ajar
  • Orientasi pada Siswa
Pelatihan Modul Proyek, Jakarta (November 2023)
Kenapa Penting? Salah satu alur dalam pelaksanaan P5 adalah merancang modul proyek yang berfungsi sebagai dokumen rencana aktivitas proyek. Modul proyek untuk PDBK perlu diadaptasi agar sesuai dengan kebutuhan tetapi tidak membebani guru maupun PDBK.
Tujuan Pelatihan
  • Guru memahami komponen dan jenis-jenis modifikasi Modul Proyek dalam Kurikulum Merdeka
  • Guru dapat memodifikasi referensi Modul Proyek sesuai kebutuhan di kelas
Metode Pelatihan
  • Penyampaian teori: Profil Pelajar Pancasila; Konsep P5; Komponen Modul Proyek; Jenis-Jenis Modifikasi Modul Proyek
  • Praktik: Memodifikasi modul proyek referensi
  • Evaluasi: Feedback praktik secara pribadi
  • Laporan manajemen: indikator penguasaan, evaluasi keseluruhan, saran selanjutnya
Indikator Penguasaan
  • Kontekstualisasi
  • Kejelasan Penulisan
  • Kelengkapan Modifikasi
  • Kesinambungan Modul Proyek
  • Orientasi pada Siswa

Testimonial

Pak Syamsudin, Kepala Sekolah SDS Muhammadiyah 06
Pak Nurman, Kepala Sekolah SMKS Bakti Idhata
Bu Ita, Guru SDS Muhammadiyah 06
Bu Nurhasanah, Guru MTs Al Hamid
Bu Dian Dwi Utami, Guru SMP Al Wathoniyah 9
Pak Yohanis , Guru SDIT Daarul Hasanah

Video Pelatihan

PISA
AKM

Selain Pelatihan Premium, kami menyelenggarakan event publik yang dapat diikuti secara gratis: Webinar, Facebook Live, TeleTalk. Untuk informasi lebih lanjut, cek Kejar Event.