kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 6/Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping Buah Menjadi Produk Ringan
Subtema
:
Muatan Terpadu
: Prakarya
Kelas/Semester
: 7/1
Alokasi Waktu
: 4 x 2 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyatakan pendapat dengan jelas tentang keragaman bahan pangan hasil samping buah.
  2. Setelah mendengar penjelasan guru dan melihat gambar di buku.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi secara lengkap karakteristik, kandungan dan manfaat, teknik pengolahan bahan pangan hasil samping buah daerah setempat dengan melakukan observasi.
  4. Siswa dapat merancang secara rinci pengolahan bahan pangan hasil samping buah menjadi produk pangan setelah memperhatikan petunjuk teks pada buku.


Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam, mendata presensi siswa
  2. Menyampaikan materi yang akan dipelajari secara singkat  sebagai pengantar


Kegiatan Inti

Discovery Based Learning

Pertemuan I 

1. Siswa mengamati gambar bahan pangan buah-buahan. Siswa menyampaikan pendapatnya mengenai bagian dari buah yang dikatakan hasil samping, pemanfaatan hasil samping dari buah segar.

2. Guru menjelaskan materi singkat mengenai pengertian bahan pangan hasil samping dari buah. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Siswa mengidentifikasi tanaman buah yang dapat dimanfaatkan hasil sampingnya dan menjadi produk pangan apa. 

Pertemuan II 

1. Setelah membaca materi karakteristik hasil samping buah siswa menceritakan pengalaman/pengetahuannya saat mengkonsumsi produk hasil samping buah-buahan baik secara lisan atau tulisan.

2. Setelah membaca materi kandungan dan manfaat bahan pangan hasil samping buah. Siswa mengamati gambar olahan bahan pangan hasil samping buah, dalam berkelompok siswa mendiskusikan mengenai produk olahan, nama olahan pangannya, bahan hasil samping dan teknik pengolahan yang digunakan.  

Pertemuan III :

1. Siswa melakukan observasi/studi pustaka mengenai makanan dan minuman berbahan hasil samping buah khas daerahnya secara berkelompok. Jika tidak ada, siswa bisa mencari dari buku sumber.

2. Siswa menyusun hasil laporan pembuatan karya, berupa perencanaan, pelaksanaan, pengemasan dan evaluasi.

Project Based Learning

Pertemuan IV :

1. Setelah memperhatikan teknik pengolahan produk hasil samping di buku pelajaran. Siswa membuat olahan pangan berupa makanan atau minuman hasil kreasi sendiri atau produk khas daerah. 

2. Hasil karya yang dibuat siswa dicicip dan dinilai oleh teman sekelas atau guru. Hasil penilaian pada karya siswa sebagai evaluasi diri/refleksi.



Penutup
  1. Guru meminta siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
  2. Guru dapat menghimbau siswa untuk mempelajari kembali materi yang dipelajari di rumah atau bersama teman dengan memperhatikan keselamatan kerja.
  3. Salam penut.up


Penilaian Sikap

Observasi sikap aktif, kerja sama dan tanggung jawab dalam tugas kelompok (partisipasi dalam diskusi kelompok mengidentifikasi bahan pangan hasil samping buah, kinerja studi pustaka yang dilakukan)

Penilaian Pengetahuan

Pendapat yang disampaikan dalam bentuk lisan/tulisan mengenai bagian dari buah yang dikatakan hasil samping. 

Pengalaman siswa secara tertulis atau lisan dalam mengkonsumsi pangan hasil buah samping.



Penilaian Keterampilan

Penilaian guru terhadap proses observasi/studi pustaka pengolahan pangan hasil samping di daerahnya. 

Olahan bahan pangan hasil samping dalam bentuk makanan atau minuman kreasi siswa sendiri ataupun produk khas daerah. 

Hasil laporan studi pustaka dan diskusi kelompok yang dibuat.