Bank Soal IPA SMP Pencemaran Udara

Soal

Pilgan

Ilustrasi apakah yang ditunjukkan pada gambar?

A

Global warming.

B

Penipisan lapisan ozon.

C

Pencemaran udara sekunder.

D

Pencemaran udara dari aktivitas alam.

Pembahasan:

Global warming atau pemanasan global merupakan peristiwa di mana suhu bumi meningkat, akibat keberadaan zat-zat kimia yang menciptakan lapisan di batas atas atmosfer untuk mencegah panas bumi keluar.

Pemanasan global disebut juga sebagai peristiwa efek rumah kaca karena kemiripan peristiwa tersebut dengan prinsip kerja rumah kaca, yaitu memerangkap panas matahari di dalam bangunan rumah kaca sehingga udara di dalamnya tetap hangat.

Sebagaimana yang ditunjukkan pada ilustrasi di atas, panas matahari yang masuk tidak seluruhnya dapat dipantulkan keluar Bumi. Akibat keberadaan gas-gas rumah kaca, panas yang dipantulkan dari permukaan Bumi dipantulkan masuk kembali ke atmosfer Bumi.

Pemanasan global disebabkan oleh beberapa jenis ga,s yaitu CO2, CO, CH4, NOx, CFC, dan lain sebagainya. Senyawa-senyawa tersebut umumnya berasal dari kegiatan manusia dan alam, seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, penumpukan dan pembakaran sampah, kotoran hewan, pabrik industri, kendaraan, hingga rokok. 


Video
07 Januari 2021
Pencemaran Udara | IPA | Kelas VII
Rangkuman
28 Mei 2020
Bab 5 | Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal