Bank Soal Biologi SMA Mekanisme Transpor Membran Plasma

Soal

Pilgan

Protein transpor berperan dalam transportasi zat seperti asam amino dan glukosa. Tidak adanya protein transpor ini bisa menyebabkan terjadinya suatu penyakit yang ditandai dengan terdapatnya sistein dalam jumlah besar pada air seni. Keberadaan sistein ini bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal apabila asam amino itu terkristalisasi. Penyakit yang dimaksud dari pernyataan tersebut adalah ....

A

sistinuria

B

gagal ginjal

C

anuria

D

albuminaria

E

tumor ginjal

Pembahasan:

Protein transpor adalah protein yang memudahkan terjadinya difusi antara sel dengan molekul seperti glukosa dan asam amino. Protein transpor ini bersifat seperti enzim yang memiliki sifat yang spesifik terhadap molekul reseptornya. Salah satu akibat tidak adanya protein ini adalah penyakit sistinuria. Penyakit ini ditandai dengan banyaknya kadar sistein dalam air seni dan dapat menyebabkan batu ginjal jika terkristalisasi. Normalnya, protein transpor untuk melakukan penyerapan asam amino sistein ini terdapat pada bagian glumerolus pada ginjal.

Gejala dari penyakit ini adalah susah buang air kecil karena batu sistein terdapat pada ginjal menyangkut pada saluran ureter. Selain itu, juga bisa berakibat infeksi karena keberadaan batu ginjal akan menyebabkan gesekan dan menimbulkan luka di sepanjang saluran kemih.

Jadi jawaban untuk pertanyaan di atas adalah sistinuria.


*Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan.

*Anuria adalah gagalnya ginjal menghasilkan air seni.

*Albuminaria adalah terdapatnya albumin pada air seni.

*Tumor ginjal adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel sehat dalam satu atau kedua ginjal tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan atau tumor.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sel Mekanisme Transpor Membran Plasma Skor 1
Mengetahui LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal