1.
Read the following dialogue and answer the question.

Emma: Hey, I'm Emma. This is my doll, Sophie. What's your name?
Claire: Hello Emma! I'm Claire. I have a doll too. Let's play together.
Emma: Sure. What is its name?
Claire: The name is ....
Emma: Can you spell it?
Dani: Dabelyu-ai-el-el-ou-dabelyu.
What is Claire's doll name?
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan percakapan adalah sebagai berikut:
Bacalah percakapan di bawah ini dan jawab pertanyaannya.
Emma: Hai, aku Emma. Ini bonekaku, Sophie. Siapa namamu?
Claire : Halo Emma! Aku Claire. Aku juga punya boneka. Ayo bermain bersama.
Emma : Baik. Siapa namanya?
Claire : Namanya ....
Emma : Bisakah kamu mengejanya?
Claire : Dabelyu-ai-el-el-ou-dabelyu.
Siapa nama boneka Claire?
Pada percakapan, Emma menanyakan nama boneka milik Claire. Ejaan namanya adalah Dabelyu-ai-el-el-ou-dabelyu. Lalu, pada soal, kita diminta memilih nama boneka Claire sesuai ejaan namanya.
Untuk menentukan namanya, mari kita lihat gambar berikut.

Gambar di atas menunjukkan alfabet dan ejaannya. Ejaan namanya adalah dabelyu-ai-el-el-ou-dabelyu. Berdasarkan gambar, ejaan tersebut menunjukkan alfabet sebagai berikut:
- /dabelyu/ → W
- /ai/ → I
- /el/ → L
- /el/ → L
- /ou/ → O
- /dabelyu/ → W
Maka, nama boneka Claire adalah "Willow".
2.
Read the following table.

Template source: canva.com
Which sentence is best to complete the table?
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan teks di atas adalah sebagai berikut.
Baca tabel di bawah ini.

Kalimat manakah yang paling tepat untuk melengkapi tabel tersebut?
Terjemahan dari masing-masing pilihan jawaban adalah:
- Catch you later. — Sampai bertemu.
- How is it going? — Apa kabar?
- Good morning. — Selamat pagi.
- I'm fine, thank you. — Aku baik-baik saja, terima kasih.
Tabel di atas berisi tentang macam-macam leave taking atau ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris. Kita diminta untuk melengkapi tabel dengan ungkapan leave taking. Mari kita lihat satu per satu pilihan jawabannya.
- Catch you later. → berpisah → leave taking
- How is it going? → menanyakan kabar → greeting
- Good morning. → sapaan → greeting
- I'm fine, thank you. → respon dari pertanyaan tentang kabar → greeting
Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah "catch you later".
3.
Pay attention to the pictures below.

Match the pictures to the correct greetings and leave taking.
Pembahasan:
Terjemahan dari soal adalah sebagai berikut:
Perhatikan gambar di bawah ini.

Cocokkan gambar dengan ungkapan sapaan dan perpisahan yang sesuai.
Pada soal, terdapat tiga gambar kota dengan suasana yang berbeda. Lalu, kita diminta untuk mencocokkan gambar dengan ungkapan yang sesuai. Mari kita jawab satu per satu.
- Gambar A: suasana kota di siang hari → kita mengucapkan Good afternoon (2) → A-2
- Gambar B: suasana kota di sore hari → kita mengucapkan Good evening (1) → B-1
- Gambar C: suasana kota di malam hari → kita mengucapkan Good night (3) → C-3
Maka berdasarkan penjelasan tersebut, pasangan yang tepat adalah "A-2, B-1, C-3."
4.
Read the following dialogue and answer the question.

Mom: Son, this is our new neighbor, Jenny.
Aiden: Hey, Jenny.
Jenny: Hello. What is your name?
Aiden: I'm Aiden.
Jenny: Can you spell it?
Aiden: ….
Which spelling is correct to complete the dialogue?
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan percakapan adalah sebagai berikut:
Bacalah percakapan di bawah ini dan jawab pertanyaannya.
Ibu : Anakku, ini tetangga baru kita, Jenny.
Aiden : Hai, Jenny.
Jenny : Halo. Siapa namamu?
Aiden : Aku Aiden.
Jenny : Bisakah kamu mengejanya?
Aiden : ....
Ejaan manakah yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut?
Pada percakapan, Jenny meminta Aiden untuk mengeja namanya. Lalu, pada soal, kita diminta memilih ejaan "Aiden" yang tepat untuk melengkapi percakapan.
Untuk menentukan ejaan yang sesuai, mari kita lihat gambar berikut.

Gambar di atas menunjukkan alfabet dan ejaannya. Aiden terdiri dari lima huruf: A, I, D, E, N. Berdasarkan gambar, kelima huruf tersebut memiliki ejaan sebagai berikut:
- A → /ei/
- I → /ai/
- D → /di/
- E → /i/
- N → /en/
Maka, ejaan yang tepat untuk nama Aiden adalah "ei-ai-di-i-en".
5.
Read the following dialogue.

Source: creazilla.com
Amma: Good afternoon!
Camille: ....
The following responses are correct, except ....
Pembahasan:
Terjemahan dari dialog dan pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.
Baca dialog di bawah ini.
Amma: Selamat siang!
Camille: ....
Respon-respon di bawah ini benar, kecuali ....
Terjemahan dari masing-masing pilihan jawaban adalah:
- Take care — Hati-hati
- Hey Amma — Hai Amma
- Good afternoon! — Selamat siang!
- Hi. What's up? — Hai. Ada apa?
Pada percakapan tersebut, Amma mengucapkan good afternoon kepada Camille. Ungkapan good afternoon menunjukkan Amma sedang menyapa. Good afternoon termasuk ungkapan greeting. Maka, Camille merespon dengan ungkapan greeting juga.
Soal meminta kita memilih respon yang tidak tepat. Mari kita lihat satu per satu.
- Take care → leave taking → salah.
- Hey Amma → greeting → benar.
- Good afternoon! → greeting → benar.
- Hi. What's up? → greeting → benar.
Oleh karena itu, jawaban dari soal adalah "Take care."
6.
Read the text below. Then, fill in the blank with a correct verb to be.

Source: creazilla.com
My name is Claire. I live in Arizona. I am in fifth grade. I have a brother. His name is Peter. He is in fourth grade.
Based on the text, we know that Claire and Peter ... students.
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan dialog adalah sebagai berikut:
Baca teks di bawah ini. Lalu, isilah titik-titik ini dengan kata kerja to be yang tepat.
Namaku Claire. Aku tinggal di Arizona. Aku kelas lima. Aku punya saudara laki-laki. Namanya Peter. Dia duduk di kelas empat.
Berdasarkan teks, kita tahu bahwa Clara dan Peter ... siswa.
Soal meminta kita untuk mengisi titik-titik dengan verb to be (is, am, are) yang tepat.
Untuk menentukan verb to be yang tepat, mari perhatikan gambar di bawah ini.

Adaptasi dari: grammar.cl
Berdasarkan gambar, dua hal yang perlu diperhatikan adalah:
- Subjek: singular (tunggal) atau plural (jamak)
- Kalimat: affirmative (positif) atau negative (negatif)
Clara and Mark ... students.
- Subjek "Claire and Mark" → plural → ,menjadi they → menggunakan verb to be "are"
- Kalimat positif (Claire dan Mark memang siswa.) → affirmative → verb to be tetap "are"
Claire and Mark are students.
Maka, verb to be yang tepat adalah "are".
7.
Read the conversation below.

Source: games4esl.com
What are they doing?
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan percakapan adalah sebagai berikut:
Bacalah percakapan di bawah ini.
Anak laki-laki: Senang bertemu denganmu.
Anak perempuan: Senang bertemu denganmu juga.
Apa yang sedang mereka lakukan?
Terjemahan dari pilihan jawaban adalah sebagai berikut:
- They are saying goodbye/leave-taking — Mereka mengucapkan selamat tinggal
- They are greeting each other — Mereka saling menyapa
- They are apologizing to each other — Mereka saling meminta maaf
- They are introducing themselves — Mereka memperkenalkan diri
Terdapat dua orang anak dalam percakapan di atas. Anak laki-laki mengucapkan "nice to meet you" atau "senang bertemu denganmu." Anak perempuan menjawab "nice to meet you, too" atau "senang bertemu denganmu juga" sebagai respon untuk ucapan "nice to meet you". Ungkapan ini menunjukkan bahwa mereka saling menyapa atau greeting. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah "They are greeting each other".
8.
Read the text below.

Template: creazilla.com
Based on the text, we know that Emily likes ... subjects.
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan teks adalah sebagai berikut:
Bacalah teks di bawah ini.
Namaku Emily. Kamu bisa memanggilku Em. Aku berumur sebelas tahun. Aku kelas lima. Aku bersekolah di SD ABC. Mata pelajaran favoritku adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.
Berdasarkan teks tersebut, kita tahu bahwa Emily menyukai pelajaran ....
Terjemahan dari pilihan jawaban adalah sebagai berikut:
- language — bahasa
- science — ilmu pengetahuan alam
- social science — ilmu pengetahuan sosial
- art — kesenian
Soal menanyakan tentang pelajaran yang disukai Emily. Informasi ini dapat kita temukan pada kalimat terakhir di teks: My favorite subjects are English, Indonesian and Javanese. Kita bisa lihat bahwa Emily menyukai pelajaran bahasa. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah "language".
9.
Arrange the jumbled sentences into a meaningful dialogue.

Source: creazilla.com
(1) Mia: I'm fine, thanks. How about you?
(2) Liz: Good evening. How is it going?
(3) Liz: I'm very well too, thanks.
(4) Mia: Good evening, Liz!
The best arrangement of the sentences is ....
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan percakapan adalah sebagai berikut:
Urutkan kalimat-kalimat di bawah ini menjadi percakapan yang bermakna.
(1) Mia: Aku baik, terima kasih. Bagaimana denganmu?
(2) Liz: Selamat sore. Apa kabar?
(3) Liz: Aku sangat baik juga, terima kasih.
(4) Mia: Selamat sore, Liz!
Urutan kalimat yang paling baik adalah ....
Soal ini meminta kita untuk menyusun keempat kalimat ini menjadi sebuah percakapan. Dapat dilihat bahwa terdapat dua orang anak dalam dialog tersebut. Mereka saling menyapa, menanyakan kabar dan menjawab dengan kabar mereka masing-masing. Ungkapan-ungkapan ini termasuk dalam greeting.
Pada sebuah percakapan, biasanya kalimat diawali dengan menyapa.
- (1) Mia: I'm fine, thanks. How about you? → merespon tentang kabar dan membalas menanyakan kabar
- (2) Liz: Good evening. How is it going? → menyapa dan menanyakan kabar
- (3) Liz: I'm very well too, thanks. → merespon mengenai kabar
- (4) Mia: Good evening, Liz! → menyapa
Dari penjelasan ini, kita bisa mengurutkan percakapan seperti berikut.
- menyapa → nomor 4
- menyapa dan menanyakan kabar → nomor 2
- merespon tentang kabar dan membalas menanyakan kabar. → nomor 1
- merespon mengenai kabar → 3
Jadi, jawaban yang tepat adalah "4-2-1-3".
10.
Read the following conversation and answer the question.

Mega : Hey! I'm Mega.
Bayu : I'm Bayu. I'm in fifth grade. (1) ...?
Mega : I'm in fifth grade, too. (2) ...?
Bayu : I go to Matahari Elementary School. And you?
Mega : I go to Lentera Elementary School.
What are the appropriate expressions to complete the conversation?
Pembahasan:
Terjemahan dari soal dan percakapan adalah sebagai berikut:
Bacalah percakapan di bawah ini dan jawab pertanyaannya.
Mega : Hai! Aku Mega.
Bayu : Aku Bayu. Aku kelas lima. (1) ...?
Mega : Aku kelas lima juga. (2) ...?
Bayu : Aku bersekolah di SD Matahari. Dan kamu?
Mega : Aku bersekolah di SD Lentera.
Apa ungkapan yang sesuai untuk melengkapi percakapan tersebut?
Terjemahan dari pilihan jawaban adalah sebagai berikut:
- How old are you?; Where do you go to school? — Berapa umurmu?; Di mana sekolahmu?
- What grade are you in?; Where do you go to school?. — Kamu kelas berapa?; Di mana sekolahmu?
- What grade are you in?; Where do you live?. — Kamu kelas berapa?; Di mana kamu tinggal?
- How old are you?; Where do you live? — Berapa umurmu?; Di mana kamu tinggal?
Soal meminta kita untuk melengkapi dialog nomor 1 dan 2. Mari kita lihat satu per satu.
- Dari percakapan, kita tahu bahwa dialog nomor 1 merupakan kalimat tanya. Bayu menanyakan sesuatu kepada Mega. Mega menjawab: "I'm in fifth grade, too." → Yang ditanyakan adalah kelas berapa. Maka pertanyaan yang tepat dari pilihan jawaban adalah (1) What grade are you in?
- Dari percakapan, kita tahu bahwa dialog nomor 2 merupakan kalimat tanya. Mega menanyakan sesuatu kepada Bayu. Bayu menjawab: "I go to Matahari Elementary School." → Yang ditanyakan adalah sekolah. Maka pertanyaan yang tepat dari pilihan jawaban adalah (2) Where do you go to school?
Oleh karena itu, jawaban yang sesuai adalah "What grade are you in?; Where do you go to school?"