Contoh Soal

Pemusatan, Penyebaran, dan Penyajian Data – Matematika SMA

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Perhatikan diagram berikut!

    Diagram tersebut menunjukkan data produksi dua barang oleh suatu perusahaan dalam lima tahun terakhir. Produksi barang B lebih banyak dari barang A terjadi pada tahun ....

    A

    2016

    B

    2017

    C

    2018

    D

    2019

    E

    2020

    Pembahasan:

    Diketahui data produksi dua barang oleh suatu perusahaan dalam lima tahun terakhir seperti pada diagram berikut.

    Berdasarkan diagram tersebut terlihat bahwa:

    Pada tahun 2016 produksi barang B = 1.000 kurang dari produksi barang A = 3.000,

    Pada tahun 2017 produksi barang B = 2.000 kurang dari produksi barang A = 6.000,

    Pada tahun 2018 produksi barang B = 5.000 kurang dari produksi barang A = 7.000,

    Pada tahun 2019 produksi barang B = 6.000 lebih dari produksi barang A = 5.000,

    Pada tahun 2020 produksi barang B = 5.000 kurang dari produksi barang A = 6.000.

    Jadi produksi barang B lebih dari produksi barang A terjadi pada tahun 2019.

    2.

    Data peserta ekstrakurikuler di sebuah sekolah ditunjukkan pada tabel berikut.

    Diagram batang yang tepat adalah ....

    A

    B

    C

    D

    E

    Pembahasan:

    Perhatikan pilihan jawaban berikut!

    Pada pilihan jawaban tersebut terlihat bahwa banyak peserta ekstrakurikuler

    basket 15 orang,

    futsal 18 orang,

    KIR 12 orang,

    tari 10 orang, dan

    PMR 15 orang.

    Hal ini sesuai dengan yang diketahui di soal. Artinya pilihan jawaban tersebut merupakan pilihan jawaban yang benar.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Wati melakukan diet untuk menurunkan berat badannya menjadi 50 kg. Data berat badan Wati selama setengah tahun diet disajikan dalam diagram berikut.

    Berat badan Wati sesuai dengan yang dia inginkan pada bulan ke-....

    A

    6

    B

    5

    C

    4

    D

    3

    E

    2

    Pembahasan:

    Diketahui data berat badan Wati selama setengah tahun diet seperti pada diagram berikut.

    Wati menginginkan berat badannya menjadi 50 kg. Berdasarkan diagram tersebut, keinginan Wati tercapai pada bulan ke-6.

    4.

    Tabel yang tepat untuk mewakili data-data pada histogram di atas adalah ....

    A

    B

    C

    D

    E

    Pembahasan:

    Diketahui:

    Ditanya:

    Penyajian data dalam bentuk tabel?

    Jawab:

    Langkah-langkah membuat tabel dari histogram adalah sebagai berikut.

    Siapkan tabel data yang diperlukan

    Perhatikan bahwa terdapat 7 kelas data pada histogram, sehingga tabel dapat dibuat seperti di bawah ini.

    Menentukan batas bawah kelas

    Perhatikan tepi batas histogram. Tepi batas histogram terletak di sumbux-x atau lihat gambar di bawah ini.

    Batas bawah kelas dapat ditentukan dengan menambahkan tepi batas histogram dengan 0,50,5. Tepi batas histogram paling besar (paling kanan) tidak dapat dijadikan batas bawah kelas karena akan menjadi batas paling atas dari data yang ada.

    Untuk kelas ke-1 batas bawahnya adalah 39,5+0,5=4039,5+0,5=40

    Untuk kelas ke-2 batas bawahnya adalah 44,5+0,5=4544,5+0,5=45

    Untuk kelas ke-3 batas bawahnya adalah 49,5+0,5=5049,5+0,5=50

    Untuk kelas ke-4 batas bawahnya adalah 54,5+0,5=5554,5+0,5=55

    Untuk kelas ke-5 batas bawahnya adalah 59,5+0,5=6059,5+0,5=60

    Untuk kelas ke-6 batas bawahnya adalah 64,5+0,5=6564,5+0,5=65

    Untuk kelas ke-7 batas bawahnya adalah 69,5+0,5=7069,5+0,5=70

    Menentukan batas atas kelas

    Batas atas kelas dapat ditentukan dengan mengurankan tepi batas historam dengan 0,50,5. Tepi batas histogram paling kecil (paling kiri) tidak dapat dijadikan batas atas kelas karena akan menjadi batas paling bawah dari data yang ada.

    Untuk kelas ke-1 batas atasnya adalah 44,50,5=4444,5-0,5=44

    Untuk kelas ke-2 batas atasnya adalah 49,50,5=4949,5-0,5=49

    Untuk kelas ke-3 batas atasnya adalah 54,50,5=5454,5-0,5=54

    Untuk kelas ke-4 batas atasnya adalah 59,50,5=5959,5-0,5=59

    Untuk kelas ke-5 batas atasnya adalah 64,50,5=6464,5-0,5=64

    Untuk kelas ke-6 batas atasnya adalah 69,50,5=6969,5-0,5=69

    Untuk kelas ke-7 batas atasnya adalah 74,50,5=7474,5-0,5=74

    Mengisi tabel.

    Isi tabel dengan batas bawah dan batas atas yang bersesuaian.

    Sesuaikan dengan frekuensi pada histogram dan hitung jumlah total frekuensinya.

    Jadi, tabel yang sesuai dengan histogram di atas adalah .

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Perhatikan tabel berikut!

    Data tersebut merupakan data berat badan sekelompok orang. Rataan berat badan sekelompok orang tersebut adalah ....

    A

    52,6

    B

    52,7

    C

    52,8

    D

    53,6

    E

    53,7

    Pembahasan:

    Dimisalkan

    fif_i = frekuensi nilai ke-ii

    xix_i = nilai tengah interval ke-ii,

    yaitu untuk sembarang interval a  ba\ -\ b, nilai tengahnya adalah

    xi=a + b2x_i=\frac{a\ +\ b}{2}

    diperoleh tabel berikut

    Rataan untuk data tersebut adalah

    x=i=1nfixii=1nfi\overline{x}=\frac{\sum_{i=1}^nf_ix_i}{\sum_{i=1}^nf_i}

    x=i=15fixii=15fi\overline{x}=\frac{\sum_{i=1}^5f_ix_i}{\sum_{i=1}^5f_i}

    x=387+528+636+580+5049+11+12+10+8\overline{x}=\frac{387+528+636+580+504}{9+11+12+10+8}

    x=2.63550\overline{x}=\frac{2.635}{50}

    x=52,7\overline{x}=52,7

    6.

    Jika nilai minimal kelulusan adalah 51, maka persentase siswa yang tidak lulus pada data berikut adalah ....

    A

    40%

    B

    45%

    C

    50%

    D

    55%

    E

    60%

    Pembahasan:

    Perhatikan poligon frekuensi kumulatif kurang dari berikut!

    Titik-titik pada poligon frekuensi kumulatif kurang dari merupakan tepi bawah (atau sekaligus tepi atas) kelas interval, sehingga diperoleh tabel berikut.

    Frekuensi kumulatif pada tabel tersebut merupakan frekuensi kumulatif (kurang dari) di batas atas kelas interval pada poligon frekuensi kumulatif kurang dari.

    Diperoleh banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari 51 adalah 15 orang dari total 30 orang siswa.

    Jadi presentase siswa yang tidak lulus adalah

    persentase=frekuensi data yang dicaritotal frekuensi×100%=1530×100%=12×100%=50%\text{persentase}=\frac{\text{frekuensi data yang dicari}}{\text{total frekuensi}}\times 100\%=\frac{15}{30}\times100\%=\frac{1}{2}\times100\%=50\%

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Desil kedua (D2) dan sedil kelima (D5) dari data

    9, 7, 6, 13, 12, 16, 19, 6, 9, 15, 10, 18, 16, 69,\ 7,\ 6,\ 13,\ 12,\ 16,\ 19,\ 6,\ 9,\ 15,\ 10,\ 18,\ 16,\ 6

    berturut-turut adalah ....

    A

    6 dan 11

    B

    6,25 dan 11

    C

    6,5 dan 11

    D

    6.75 dan 10

    E

    7 dan 10

    Pembahasan:

    Diketahui:

    Data berikut

    9, 7, 6, 13, 12, 16, 19, 6, 9, 15, 10, 18, 16, 69,\ 7,\ 6,\ 13,\ 12,\ 16,\ 19,\ 6,\ 9,\ 15,\ 10,\ 18,\ 16,\ 6

    Ditanya:

    Desil kedua (D2) dan desil kelima (D5) data tersebut?

    Jawab:

    Data yang diketahui terlebih dahulu diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar, mejadi

    6, 6, 6, 7, 9, 9, 10, 12, 13, 15, 16, 16, 18, 196,\ 6,\ 6,\ 7,\ 9,\ 9,\ 10,\ 12,\ 13,\ 15,\ 16,\ 16,\ 18,\ 19

    Dimisalkan xix_i adalah data ke-ii dan nn adalah banyak data.

    Rumus umum letak desil ke-mm adalah

    Dm=xm(n+1)10D_m=x_{\frac{m\left(n+1\right)}{10}} ,

    jika Dm=xa,bD_m=x_{a,b}, maka

    Dm=xa+b10(xa+1xa)D_m=x_a+\frac{b}{10}\left(x_{a+1}-x_a\right)

    Data yang diketahui sebanyak 14, maka diperoleh

    D2=x2(14+1)10=x2,1510=x3010=x3=6D_2=x_{\frac{2\left(14+1\right)}{10}}=x_{\frac{2,15}{10}}=x_{\frac{30}{10}}=x_3=6.

    D5=x5(14+1)10=x5,1510=x7510=x7,5D_5=x_{\frac{5\left(14+1\right)}{10}}=x_{\frac{5,15}{10}}=x_{\frac{75}{10}}=x_{7,5}

    Letak desil kelima yaitu di antara data ketujuh dan data kedelapan, sehingga

    D5=x7+510(x8x7)D_5=x_7+\frac{5}{10}\left(x_8-x_7\right)

    D5=10+12(1210)D_5=10+\frac{1}{2}\left(12-10\right)

    D5=10+12(2)D_5=10+\frac{1}{2}\left(2\right)

    D5=10+1D_5=10+1

    D5=11D_5=11

    Jadi desil kedua dan kelima data tersebut berturut-turut adalah 6 dan 11.

    8.

    Perhatikan tabel berikut!

    Modus dari data pada tabel di atas adalah ....

    A

    62,16

    B

    63,83

    C

    65,5

    D

    67,16

    E

    68,83

    Pembahasan:

    Berdasarkan data yang diketahui, modus berada pada kelas interval 61-65.

    Dimisalkan

    UU : tepi atas kelas modus

    secara umum tepi atas kelas a  ba\ -\ b adalah U=b+0,5U=b+0,5.

    LL : tepi bawah kelas modus,

    secara umum tepi bawah kelas a  ba\ -\ b adalah L=a0,5L=a-0,5.

    cc : panjang kelas

    secara umum panjang kelas a  ba\ -\ b adalah c=ULc=U-L.

    d1d_1 : selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sebelumnya

    d2d_2 : selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas setelahnya

    Dari tabel tersebut diperoleh

    U=65+0,5=65,5U=65+0,5=65,5

    L=610,5=60,5L=61-0,5=60,5

    c=UL=65,560,5=5c=U-L=65,5-60,5=5

    d1=126=6d_1=12-6=6

    d2=129=3d_2=12-9=3

    Modus data berkelompok tersebut adalah

    Modus=L+c(d1d1+d2)\text{Modus}=L+c\left(\frac{d_1}{d_1+d_2}\right)

    Modus=60,5+5(66+3)\text{Modus}=60,5+5\left(\frac{6}{6+3}\right)

    Modus=60,5+5(69)\text{Modus}=60,5+5\left(\frac{6}{9}\right)

    Modus=60,5+5.23\text{Modus}=60,5+5.\frac{2}{3}

    Modus=60,5+103\text{Modus}=60,5+\frac{10}{3}

    Modus=60,5+3,33\text{Modus}=60,5+3,33

    Modus=63,83\text{Modus}=63,83

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Rata-rata umur guru dan dosen adalah 40 tahun. Jika rata-rata umur guru adalah 35 tahun dan rata-rata umur dosen adalah 50 tahun, maka perbandingan banyak guru dan banyak dosen adalah ....

    A

    2:12:1

    B

    1:21:2

    C

    2:32:3

    D

    1:31:3

    E

    3:13:1

    Pembahasan:

    Diketahui:

    Rata-rata gabungan =xgabungan=40=\overline{x}_{\text{gabungan}}=40 tahun

    Rata-rata umur guru =xguru=35=\overline{x}_{\text{guru}}=35 tahun

    Rata-rata umur dosen =xdosen=50=\overline{x}_{\text{dosen}}=50 tahun

    Ditanya:

    Perbandingan banyak guru dan dosen =nguru:ndosen=?=n_{\text{guru}}:n_{\text{dosen}}=?

    Jawab:

    Rata-rata gabungan dapat dihitung dari jumlah data umur guru dan umur dosen dibagi jumlah guru dan dosen.

    Jumlah data umur guru.

    xguru=jumlah data umur gurunguru\overline{x}_{\text{guru}}=\frac{\text{jumlah data umur guru}}{n_{\text{guru}}}

    35=jumlah data umur gurunguru35=\frac{\text{jumlah data umur guru}}{n_{\text{guru}}}

    jumlah data umur guru=35nguru\text{jumlah data umur guru}=35⋅n_{\text{guru}}

    Jumlah data umur dosen

    xdosen=jumlah data umur dosenndosen\overline{x}_{\text{dosen}}=\frac{\text{jumlah data umur dosen}}{n_{\text{dosen}}}

    50=jumlah data umur dosenndosen50=\frac{\text{jumlah data umur dosen}}{n_{\text{dosen}}}

    jumlah data umur dosen=50ndosen\text{jumlah data umur dosen}=50⋅n_{\text{dosen}}

    Rata-rata gabungan

    xgabungan=jumlah data umur guru+jumlah data umur dosennguru+ndosen\overline{x}_{\text{gabungan}}=\frac{\text{jumlah data umur guru}+\text{jumlah data umur dosen}}{n_{\text{guru}}+n_{\text{}\text{dosen}}}

    40=35nguru+50ndosennguru+ndosen40=\frac{35⋅n_{\text{guru}}+50⋅n_{\text{dosen}}}{n_{\text{guru}}+n_{\text{dosen}}}

    40(nguru+ndosen)=35nguru+50ndosen40\left(n_{\text{guru}}+n_{\text{dosen}}\right)=35⋅n_{\text{guru}}+50⋅n_{\text{dosen}}

    40nguru+40ndosen=35nguru+50ndosen40⋅n_{\text{guru}}+40⋅n_{\text{dosen}}=35⋅n_{\text{guru}}+50⋅n_{\text{dosen}}

    40nguru35nguru=50ndosen40ndosen40⋅n_{\text{guru}}-35⋅n_{\text{guru}}=50⋅n_{\text{dosen}}-40⋅n_{\text{dosen}}

    5nguru=10ndosen5⋅n_{\text{guru}}=10⋅n_{\text{dosen}}

    ngurundosen=105\frac{n_{\text{guru}}}{n_{\text{dosen}}}=\frac{10}{5}

    ngurundosen=21\frac{n_{\text{guru}}}{n_{\text{dosen}}}=\frac{2}{1}

    Jadi, perbandingan banyak guru dan dosen adalah 2 : 1.

    10.

    Dua kelompok anak-anak yang masing-masing terdiri dari 4 anak mempunyai rata-rata berat badan 35 kg dan 36 kg. Kalau seorang anak dari masing-masing kelompok ditukarkan maka ternyata rata-rata kedua kelompok menjadi sama. Selisih berat badan yang ditukarkan adalah ....

    A

    1 kg

    B

    2 kg

    C

    5 kg

    D

    7 kg

    E

    9 kg

    Pembahasan:

    Diketahui:

    x1=35\overline{x}_1=35 kg

    x2=36\overline{x}_2=36 kg

    n1=n2=4n_1=n_2=4

    Ditanya:

    Selisih berat badan anak yang ditukar?

    Jawab:

    x1=Jumlah data kelompok 1n1\overline{x}_1=\frac{\text{Jumlah data kelompok 1}}{n_1}

    35=Jumlah data kelompok 14\Leftrightarrow35=\frac{\text{Jumlah data kelompok 1}}{4}

    Jumlah data kelompok 1=354\Leftrightarrow\text{Jumlah data kelompok 1}=35⋅4

    Jumlah data kelompok 1=140\Leftrightarrow\text{Jumlah data kelompok 1}=140

    x2=Jumlah data kelompok 2n2\overline{x}_2=\frac{\text{Jumlah data kelompok 2}}{n_2}

    36=Jumlah data kelompok 24\Leftrightarrow36=\frac{\text{Jumlah data kelompok 2}}{4}

    Jumlah data kelompok 2=364\Leftrightarrow\text{Jumlah data kelompok 2}=36⋅4

    Jumlah data kelompok 2=144\Leftrightarrow\text{Jumlah data kelompok 2}=144

    Jika seorang anak dari masing-masing kelompok ditukarkan maka ternyata rata-rata kedua kelompok menjadi sama.

    Jika berat badan anak yang ditukar dari kelompok 1 adalah xx dan berat badan anak yang ditukar dari kelompok 2 adalah yy, maka

    Jumlah data kelompok 1x+y4=Jumlah data kelompok 2y+x4\frac{\text{Jumlah data kelompok 1}-x+y}{4}=\frac{\text{Jumlah data kelompok 2}-y+x}{4}

     140x+y4=144y+x4\Leftrightarrow\ \frac{140-x+y}{4}=\frac{144-y+x}{4}

    140x+y=144y+x\Leftrightarrow140-x+y=144-y+x

    xx+y+y=144140\Leftrightarrow-x-x+y+y=144-140

    2x+2y=4\Leftrightarrow-2x+2y=4

    x+y=2\Leftrightarrow-x+y=2

    yx=2\Leftrightarrow y-x=2

    Jadi, selisih berat badan anak yang ditukar adalah 2 kg.

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis