Pada gambar, terlihat bahwa PbO2 berfungsi sebagai katode, logam timbal sebagai anode, dan adanya larutan H2SO4. Komponen-komponen ini terdapat pada sel aki. Aki adalah jenis baterai yang banyak digunakan pada kendaraan bermotor. Aki menjadi pilihan yang praktis karena dapat menghasilkan jumlah listrik yang cukup besar serta dapat diisi kembali.
Aki dapat diisi kembali karena hasil reaksi pengosongan aki tetap melekat pada kedua elektrode. Anode Pb mengirim elektron pada katode. Sebaliknya, pada reaksi pengisian aki, elektrode Pb dihubungkan dengan kutub negatif sumber arus, sehingga PbSO4 yang terdapat pada elektrode Pb itu direduksi. Sementara, PbSO4 yang terdapat pada elektrode PbO2 teroksidasi membentuk PbO2.
Reaksi pengosongan aki:
Katode : PbO2(s) + HSO4-(aq) + 3H+(aq) + 2e- → PbSO4(s) + 2H2O(l) + 2e-
Anode : Pb(s) + HSO4-(aq) → PbSO4(s) + H+(aq) + 2e-
Reaksi pengisian aki:
Katode : PbSO4(s) + H+(aq) + 2e- → Pb(s) + HSO4-(aq)
Anode : PbSO4(s) + 2H2O(l) → PbO2(s) + HSO4-(aq) + 3H+(aq) + 2e-