Contoh Soal

Behaviour, actions and functions of things around us – Bahasa Inggris SMP

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Match each function of an item in column A with its suitable item in column B.

    A

    1 – B, 2 – C, 3 – D, 4 – A 

    B

    1 – C, 2 – B, 3 – D, 4 – A

    C

    1 – D, 2 – A, 3 – C, 4 – B

    D

    1 – A, 2 – D, 3 – B, 4 - C

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal di atas.

    Pasangkan masing-masing fungsi benda yang terdapat pada kolom A dengan benda yang sesuai pada kolom B!

    Soal di atas meminta kita untuk menemukan pasangan fungsi benda dan benda yang tepat. Untuk dapat mengetahui jawabannya, kita langsung saja mencocokkan pilihan jawaban yang tersedia dengan yang terdapat pada tabel. Merujuk pada pilihan jawaban di atas, berikut ini pasangan fungsi benda dan benda yang tepat.

    Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "1 – B, 2 – C, 3 – D, 4 – A".

    2.

    Choose the correct answer.

    If you want to know someone’s routines, you may ask …

    A

    Will you go to the party tomorrow?

    B

    What are you talking about?

    C

    What does she do on holidays?

    D

    Where does your sister work?

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal di atas.

    Pilihlah jawaban yang benar!

    Jika kamu ingin mengetahui rutinitas seseorang, kamu mungkin bertanya ...

    Di bawah ini merupakan terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • Will you go to the party tomorrow? - Akankah kamu pergi ke pesta besok?
    • What are you talking about? - Apa yang kamu sedang bicarakan?
    • What does she do on holidays? - Apa yang dia lakukan pada waktu liburan?
    • Where does your sister work? - Dimana saudara perempuanmu bekerja?

    Soal di atas meminta kita untuk menemukan ungkapan yang kita gunakan untuk menyatakan rutinitas/kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang. Merujuk pada pilihan jawaban yang tersedia, maka ungkapan yang tepat adalah "What does she do on holidays?". Berikut ini keterangan dari ungkapan lainnya yang terdapat pada pilihan jawaban.

    • Will you go to the party tomorrow? - Ungkapan ini menanyakan rencana yang akan dilakukan pada besok hari (asking about future plan).
    • What are you talking about? - Ungkapan ini menanyakan topik diskusi atau pembicaraan (asking about a subject matter)
    • Where does your sister work? - Ungkapan ini menanyakan tempat di mana seseorang bekerja (asking about someone's workplace).

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Read the short conversation below and choose the correct answer.

    Source: premierleague.com

    Zati: What does the man do?
    Gita: He is a referee. He ....
    
    A

    blows a whistle to begin the match

    B

    regulates the traffic

    C

    teaches some students

    D

    catches fish using a net

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal dan dialog di atas.

    Bacalah percakapan pendek di bawah ini dan pilihlah jawaban yang benar!

    Zati: Apa yang dia lakukan/Apa profesi dia?
    Gita: Dia adalah seorang wasit. Dia ....
    

    Sedangkan, di bawah ini merupakan terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • blows a whistle to begin the match - meniup peluit untuk memulai pertandingan
    • regulates the traffic - mengatur lalu lintas
    • teaches some students - mengajar beberapa siswa
    • catches fish using a net - menangkap ikan menggunakan jaring

    Soal di atas meminta kita untuk menemukan tugas/kewajiban yang dilakukan oleh seorang wasit. Tugas seorang wasit salah satunya adalah meniupkan peluit untuk memulai pertandingan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "blows a whistle to begin the match".

    4.

    Choose the correct answer.

    Source: freepik.com

    Erna: What does he do?
    Runa: He is a fashion designer.
    Erna: What is his duty?
    Runa: He ....
    
    A

    designs and makes kinds of clothes and dresses

    B

    manages the restaurant’s kitchen and cooks food for customer

    C

    receives guests visiting her boutique

    D

    buys clothes and dresses from her boutique

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal dan teks di atas.

    Pilihlah jawaban yang benar!

    Erna: Apa yang dia lakukan?
    Runa: Dia adalah perancang busana.
    Erna: Apa tugas dia/kewajiban dia?
    Runa: Dia ....
    

    Sedangkan, di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • designs and makes kinds of clothes and dresses - mendesain dan membuat jenis-jenis baju dan gaun
    • manages the restaurant’s kitchen and cooks food for customer - mengelola dapur restoran dan memasak makanan untuk pelanggan
    • receives guests visiting his boutique - menerima tamu yang mengunjungi butiknya
    • buys clothes and dresses from his boutique - membeli baju dan gaun dari butiknya

    Soal di atas meminta kita untuk menemukan tugas/kewajiban dari perancang busana. Tugas dari perancang busana adalah mendesain dan membuat jenis-jenis baju dan gaun. Berikut ini adalah profesi lainnya yang dilakukan beberapa orang berdasarkan tugas/kewajiban yang tertulis pada pilihan jawaban.

    • "manages the restaurant’s kitchen and cooks food for customer" merupakan tugas yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai chef (a chef/a cook).
    • "receives guests visiting his boutique" merupakan tugas yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai pelayan (a waiter).
    • "buys clothes and dresses from his boutique" merupakan tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang pembeli/pelanggan (a buyer/customer).

    Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah "designs and makes kinds of clothes and dresses".

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Read the following dialogue and fill the blanks.

    Source: freepik.com

    Hera: ____________________________ (I)
    Hani: Yes, I usually read encyclopedias in my leisure time.	
    Hera: ___________________________ (II)
    Hani:  I like it because it can broaden my knowledge.
    

    What is the most suitable expression to fill the blank in point (I)?

    A

    Do you have free time?

    B

    Do you like spend your free time for reading?

    C

    Why do you like reading encyclopedias?

    D

    What books do you like to read?

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal dan dialog di atas.

    Bacalah dialog berikut ini dan isilah bagian yang masih kosong!

    Hera: ________________ (I)
    Hani: Ya, aku biasanya membaca ensiklopedia di waktu senggangku.
    Hera: _________________ (II)
    Hani: Aku menyukainya karena hal itu bisa memperluas pengetahuanku.
    

    Ungkapan apa yang paling cocok untuk mengisi bagian kosong pada poin (I)?

    Di bawah ini merupakan terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • Do you have free time? - Apakah kamu mempunyai waktu senggang?
    • Do you like spend your free time for reading? - Apakah kamu suka menghabiskan waktu luangmu untuk membaca?
    • Why do you like reading encyclopedias? - Mengapa kamu suka membaca ensiklopedia?
    • What books do you like to read? - Buku apa yang suka kamu baca?

    Soal di atas meminta kita untuk mengisi dialog rumpang dengan pertanyaan yang tepat. Untuk menjawab soal di atas, kita bisa melihat bagaimana tanggapan Hani sebagai orang yang mendapat pertanyaan. Hani menjawab "Yes, I usually read encyclopedias in my leisure time" yang menyatakan bahwa dia biasanya membaca ensiklopedia di waktu senggangnya. Karena jawaban Hani diawali dengan kata Ya/Tidak, maka pertanyaan yang sesuai pasti menggunakan Yes/No Questions yang mempunyai pola "Do/does + S + Verb 1 + Object + Adverb?".

    Merujuk pada pola tersebut, maka kita harus memilih pilihan jawaban yang diawali dengan kata "do/does" karena kata tersebut menunjukkan Yes/No Questions. Oleh karena itu, ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian kosong nomor (I) adalah "Do you like spend your free time for reading?". Maka dialog pada bagian yang kosong nomor (I) di atas akan menjadi sebagai berikut.

    Hera: Do you like spend your free time for reading?
    Hani: Yes, I usually read encyclopedias in my leisure time.	
    
    6.

    Read the following conversation and answer the question.

    Source: freepik.com

    Teteng:	What does your sister do?
    Danang:	She is a ... She cures sick children at the hospital.
    
    A

    dentist

    B

    veterinarian

    C

    surgeon

    D

    pediatrician

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal dan dialog di atas.

    Bacalah percakapan berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

    Teteng:	Apa pekerjaan saudara perempuanmu?
    Danang:	Dia adalah seorang ... Dia mengobati anak-anak yang sakit di rumah sakit.
    

    Sedangkan, di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • dentist - dokter gigi
    • veterinarian - dokter hewan
    • surgeon - dokter bedah
    • pediatrician - dokter anak

    Soal di atas menanyakan profesi saudara perempuan Danang. Untuk dapat mengetahuinya, kita dapat menemukan pada kalimat yang disampaikan oleh Danang berikut ini "She cures sick children at the hospital". Kalimat tersebut bermakna "Dia mengobati anak-anak yang sakit di rumah sakit". Merujuk pada kalimat tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa tugas/kewajiban dari profesi saudara perempuan Danang adalah mengobati anak-anak yang sakit di rumah sakit. Oleh karena itu, profesi saudara perempuan Danang adalah seorang dokter anak.

    Jadi, jawaban yang tepat adalah "pediatrician".

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Choose the correct answer.

    Hengki : What is this?
    Heni   : That's a tripod.
    Hengki : A tripod? What is it for?
    Heni   : Yeah. It is to prevent camera movement and provide stability. 
    

    Hengki said, "What is it for?"

    The underlined sentence shows the expression of ....

    A

    stating behaviors of people

    B

    stating functions of items

    C

    asking behaviors of people

    D

    asking functions of items

    Pembahasan:

    Berikut ini adalah terjemahan dari dialog dan soal di atas.

    Hengki  : Apa ini?
    Heni    : Itu tripod.
    Hengki  : Tripod? Untuk apa tripod?
    Heni    : Ya, itu tripod. Tripod digunakan untuk mencegah pergerakan kamera dan memberikan stabilitas. 
    

    Hengki mengatakan. "Untuk apa itu/tripod?"

    Kalimat yang digaris bawahi menunjukkan ungkapan dari ....

    Sedangkan, berikut ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

    • stating behaviors of people - menyatakan tingkah laku dari orang
    • stating functions of items - menyatakan fungsi/kegunaan dari benda
    • asking behaviors of people - menanyakan tingkah laku/perilaku orang
    • asking functions of items - menanyakan fungsi dari benda

    Untuk mengetahui ungkapan yang disampaikan oleh Hengki termasuk dalam ungkapan apa, maka kita dapat melihat pada respon yang disampaikan oleh Heni yang mengatakan bahwa tripod digunakan untuk mencegah pergerakan kamera dan memberikan stabilitas. Pernyataan tersebut menunjukkan fungsi/kegunaan dari sebuah benda dalam hal ini tripod. Oleh karena itu, kalimat yang digaris bawahi menunjukkan ungkapan dari menanyakan fungsi/kegunaan dari sebuah benda (The underlined sentence shows the expression of asking functions of items).

    Jawaban yang tepat adalah "asking function of items".

    8.

    Read the following dialog and answer the question.

    Galang   : What do you usually do on Sundays?
    Ganis    : I usually get up at 5 a.m.
    Galang   : Really? What do you do?
    Ganis    : I usually take a bath, have a prayer, and drink some water. Then, I clean my room and help my mom prepare our breakfast.
    Galang   : Do you read a newspaper in the morning?
    Ganis    : No, I don’t read a newspaper in the morning. Sometimes, I read some articles in the blogs in the afternoon and after that I go cycling my little sister.
    

    What does Ganis do with her little sister?

    A

    She plays computer games.

    B

    She reads a newspaper.

    C

    She helps her mother.

    D

    She goes cycling.

    Pembahasan:

    Berikut ini adalah terjemahan dari dialog dan soal di atas.

    Bacalah dialog berikut ini dan jawablah pertanyaan.

    Galang  : Apa yang biasanya kamu lakukan pada hari Minggu?
    Ganis   : Aku biasanya bangun pada pukul 5 pagi hari.
    Galang  : Benarkah? Apa yang kamu lakukan?
    Ganis   : Aku biasanya mandi, beribadah, dan minum air. Kemudian, aku membersihkan kamarku dan membantu ibuku menyiapkan sarapan. 
    Galang  : Apakah kamu membaca sebuah koran di pagi hari? 
    Ganis   : Tidak, Aku tidak membaca sebuah koran di pagi hari. Kadang-kadang, aku membaca beberapa artikel di blog pada sore hari dan setelah itu aku pergi bersepeda dengan adik perempuanku. 
    

    Apa yang Ganis lakukan dengan adik perempuannya?

    Sedangkan, di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

    • She plays computer games. - Dia (Ganis) bermain permainan komputer.
    • She reads a newspaper. - Dia (Ganis) membaca sebuah koran.
    • She helps her mother. - Dia (Ganis) membantu ibunya.
    • She goes cycling. - Dia (Ganis) pergi bersepeda.

    Untuk dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh Ganis dengan adik perempuannya, maka kita dapat melihat pada kalimat terakhir yang disampaikan oleh Ganis pada dialog tersebut. Kalimat tersebut adalah "Sometimes, I read some articles in the blogs in the afternoon and after that I goes cycling my little sister" yang bermakna "Kadang-kadang, aku membaca beberapa artikel di blog pada sore hari dan setelah itu aku pergi bersepeda dengan adik perempuanku". Berdasarkan kalimat tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa Ganis pergi bersepeda dengan adik perempuannya pada sore hari.

    Jadi, jawaban yang tepat adalah "She goes cycling".

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Read the following table and answer the question.

    Here are the following activities done by Kellen and Amora on Sunday morning. 

    The correct negative sentence based on the table above is …

    A

    Amora gets up early on Sunday morning.

    B

    Kellen cleans the bedroom on Sunday morning.

    C

    Both Kellen and Amora don’t have family time on Sunday morning.

    D

    Both Kellen and Amora don’t read a newspaper on Sunday morning.

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal dan tabel di atas.

    Bacalah tabel berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

    Berikut ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh Kellen dan Amora pada hari Minggu pagi.

    Kalimat negatif yang benar berdasarkan tabel di atas adalah ...

    Terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas sebagai berikut ini.

    • Amora gets up early on Sunday morning. - Amora bangun awal pada hari Minggu pagi.
    • Kellen cleans the bedroom on Sunday morning. - Kellen membersihkan kamar tidur pada Minggu pagi.
    • Both Kellen and Amora don’t have family time on Sunday morning. - Baik Kellen dan Amora tidak berkumpul bersama keluarga pada hari Minggu pagi.
    • Both Kellen and Amora don’t read a newspaper on Sunday morning. - Baik Kellen dan Amora tidak membaca koran pada hari Minggu pagi.

    Soal di atas meminta kita untuk menentukan kalimat negatif yang benar berdasarkan informasi yang terdapat pada tabel di atas. Tabel di atas memuat informasi mengenai aksi/tindakan/aktivitas yang dilakukan oleh Kellen dan Amora pada Minggu pagi. Aktivitas tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan sehari-hari/rutinitas. Oleh karena itu, kita harus menggunakan bentuk "simple present tense" karena menunjukkan waktu sekarang/saat ini. Berikut ini adalah pola kalimat negatif bentuk "simple present tense".

    *Verbs

    • Negative → S + do/does + not + Verb 1 + Object + Adverb.

    *Berikut ini catatan penggunaan do/does:

    • do → digunakan jika subjek pada kalimat tersebut adalah "I,They, we, you dan orang/benda jamak".
    • does → digunakan jika subjek pada kalimat tersebut adalah "He, she, it, dan nama orang ketiga tunggal".

    Merujuk pada pola kalimat negatif di atas, maka kita harus memilih kalimat yang mempunyai pola "do/does + not + V1" yang sesuai dengan informasi pada tabel. Pada pilihan jawaban terdapat dua kalimat yang memuat struktur tersebut. Mari kita analisis satu per satu.

    • Both Kellen and Amora don’t have family time on Sunday morning. → Kalimat negatif ini tidak tepat dengan informasi yang terdapat pada tabel di atas karena baik Kellen maupun Amora mempunyai waktu berkumpul bersama keluarga pada hari Minggu pagi. Kita dapat melihatnya pada cuplikan tabel berikut ini.

    • Both Kellen and Amora don’t read a newspaper on Sunday morning.→ Kalimat negatif ini tepat dengan informasi yang terdapat pada tabel di atas karena baik Kellen maupun Amora tidak membaca koran pada hari Minggu pagi. Berikut ini cuplikan tabelnya.

    Berdasarkan hasil analisis kalimat di atas, kalimat negatif yang benar adalah "Both Kellen and Amora don’t read a newspaper on Sunday morning".

    10.

    Read the following text and answer the question.

    Polar bears are found in the frozen wilds of the Arctic, in Canada, Alaska (US), Greenland, Russia, and Norway. These are seriously big bears, gang. Adult polar bears can measure over 2.5 m long and weigh around 680 kg. Their huge size and weight make them the largest living carnivores (meat-eaters) on Earth. 

    Polar bears are distinctly different from other bears. They communicate through body language, vocalizations, and scent markings. Here are some ways how polar bears communicate with other bears.

    1. Head wagging from side to side: A sign that polar bears want to play. Adult bears initiate play—which is actually ritualized fighting or mock battling—by standing on their hind legs, chin lowered to their chests, with front paws hanging by their sides.
    2. Nose-to-nose greetings: How a bear asks another bear for something, such as food. The guest bear will approach slowly, circle around a carcass, then meekly touch the feeding bear's nose.
    3. Chuffing: A vocal response to stress, often heard when a mother bear is worried for her cubs' safety.
    4. Rushing: When a male approaches a female with cubs, she rushes toward him with her head lowered.

    Sadly, these incredible creatures are classified as “vulnerable”. The biggest threat to polar bears is climate change. 

    Source: polarbearsinternational.org and natgeokids.com

    Here are the following activities that we can do to help polar bears from the biggest threat, except ....

    A

    using a non CFC refrigerator

    B

    using energy-efficient appliances and equipment

    C

    living a more eco-friendly lifestyle

    D

    burning fossil fuels

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari teks dan soal di atas.

    Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

    Beruang kutub ditemukan di belantara kutub utara yang beku, seperti Kanada, Alaska (Amerika), Greenland, Rusia, dan Norwegia. Ini merupakan kelompok beruang besar. Beruang kutub dewasa panjangnya dapat berukuran lebih dari 2,5 m dan beratnya sekitar 680 kg. Ukuran dan beratnya yang sangat besar menjadikan mereka karnivora (pemakan daging) hidup terbesar di bumi.

    Beruang kutub sangat berbeda dari beruang lain. Mereka berkomunikasi melalui bahasa tubuh, vokalisasi, dan tanda aroma. Berikut adalah beberapa cara bagaimana beruang kutub berkomunikasi dengan beruang lainnya.

    1. Kepala mengibas dari samping ke samping: Tanda bahwa beruang kutub ingin bermain. Beruang dewasa memulai permainan — yang sebenarnya merupakan ritual pertarungan atau pertempuran tiruan — dengan berdiri menggunakan kaki belakang mereka, dagu diturunkan ke dada mereka, dengan cakar depan tergantung di sisi mereka.
    2. Sapaan dari hidung ke hidung: Bagaimana seekor beruang meminta sesuatu kepada beruang lainnya seperti makanan. Beruang tamu akan mendekat perlahan, melingkari bangkai, lalu dengan lembut menyentuh hidung beruang yang memberi makan.
    3. Chuffing: Respons vokal terhadap stres, sering terdengar ketika ibu mengkhawatirkan keselamatan anaknya.
    4. Bergegas: Ketika seorang pria mendekati wanita dengan anaknya, dia bergegas ke arahnya dengan kepala menunduk.

    Sayangnya, makhluk luar biasa ini diklasifikasikan sebagai "hewan yang rentan punah". Ancaman terbesar bagi beruang kutub adalah perubahan iklim.

    Di bawah ini adalah aktivitas-aktivitas yang bisa kita lakukan untuk membantu beruang kutub dari ancaman paling besar, kecuali ....

    Di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

    • using a non CFC refrigerator - menggunakan kulkas non CFC
    • using energy-efficient appliances and equipment - menggunakan peralatan hemat energi
    • living a more eco-friendly lifestyle - menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan
    • burning fossil fuels - membakar bahan bakar fosil

    Ancaman terbesar bagi beruang kutub adalah perubahan ikllim. Hal tersebut dapat kita temukan pada paragraf terakhir. Perubahan iklim dapat mengancam keberadaan beruang kutub terutama hilangnya tempat mereka tinggal (melelehnya es yang merupakan tempat hidup mereka). Beberapa penyebab terjadinya perubahan iklim adalah "efek gas rumah kaca, pemanasan global, kerusakan lapisan ozon, kerusakan fungsi hutan, penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang tidak terkontrol, serta gas buang industri". Merujuk pada penyebab perubahan iklim tersebut, kegiatan yang paling tidak membantu beruang kutub adalah membakar bahan bakar fosil. Kegiatan tersebut justru akan meningkatkan emisi gas buangan seperti karbon dioksida dan gas efek rumah kaca lainnya yang akan meningkatkan pemanasan global dan membuat es yang terdapat pada kutub mencair perlahan.

    Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "burning fossil fuels".

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis