Contoh Soal

Laporan Percobaan – Bahasa Indonesia SMP

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Perhatikan tabel dalam kutipan teks laporan percobaan berikut dengan saksama!

    (Sumber: academia.edu-Laporan Uji Zat Makanan)

    Tabel tersebut digunakan untuk menyajikan data pada bagian ....

    A

    hasil percobaan

    B

    prosedur kerja

    C

    bahan dan alat

    D

    pembahasan hasil

    Pembahasan:

    Tabel dalam teks laporan percobaan biasanya digunakan untuk memaparkan hasil percobaan sebelum dijelaskan lebih mendalam pada bagian pembahasan. Berdasarkan pilihan jawaban di atas, jawaban yang benar adalah hasil percobaan. Isi tabel tersebut adalah hasil dari uji coba glukosa, amilum, protein, dan lemak pada lima bahan makanan.

    2.

    Membuat Slime Tanpa Boraks

    Berdasarkan judul tersebut, penulisan tujuan laporan percobaan yang tepat adalah ...

    A

    Slime merupakan mainan yang sedang populer di kalangan remaja. Slime merupakan mainan unik yang tersusun dari polimer cross-link, bahan ini diklasifikasikan sebagai cairan yang biasanya dibuat dengan menggabungkan larutan polivinil alkohol dengan ion borat dalam wadah campur besar.

    B

    Cara membuat slime tanpa boraks cukup menggunakan bahan lem pivonal secukupnya, deterjen bubuk secukupnya, deterjen cair secukupnya, pembersih lantai secukupnya. Bahan-bahan ini sangat mudah didapat.

    C

    Mula-mula campurkan terlebih dahulu empat bahan yang telah tersedia dengan air, campuran ini disebut activator. Kemudian aduk campuran tersebut sampai rata.

    D

    Melatih kreativitas anak-anak agar mampu berinovasi membuat slime sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak berbahaya.

    Pembahasan:

    Unsur teks laporan percobaan terdiri atas pendahuluan, kajian pustaka, metode percobaan/prosedur kerja, hasil dan pembahasan, dan simpulan. Tujuan merupakan pemaparan dari untuk apa percobaan tersebut dilakukan. Ciri kebahasaan dalam tujuan biasanya diawali dengan kata kerja seperti mengetahui, mengamati, dll.

    Berdasarkan pilihan jawaban di atas, jawaban yang benar adalah Melatih kreativitas anak-anak agar mampu berinovasi membuat slime sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak berbahaya. Kalimat tersebut diawali dengan kata kerja 'melatih' dan berisi uraian tentang tujuan dan manfaat slime tanpa boraks dibuat.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Berikut merupakan ciri kebahasaan teks laporan percobaan, kecuali ....

    A

    penggunaan konjungsi

    B

    penggunaan kata istilah

    C

    penggunaan kata kias

    D

    penggunaan kata perincian

    Pembahasan:

    Beberapa ciri bahasa dalam penggunaan teks laporan percobaan adalah

    (1) Penggunaan konjungsi di antaranya konjungsi temporal, sebab akibat, penggabungan, dan lain-lain.

    (2) Penggunaan kata istilah yang merujuk pada bidang keilmuan tertentu.

    (3) Penggunaan kata perincian untuk merinci langkah-langkah pada prosedur kerja.

    (4) Penggunaan kata kerja tindakan untuk menyatakan langkah-langkah yang dilakukan pada prosedur kerja.

    (5) Penggunaan kalimat kompleks.

    Jadi yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks laporan pekerjaan adalah penggunaan kata kias.

    4.

    Enzim amilase bekerja memecah tepung menjadi maltosa, selanjutnya maltosa dihidrolisis oleh maltase menjadi glukosa.

    Kata ilmiah bercetak miring mempunyai arti ....

    A

    menghidrolis pati

    B

    pemuaian gula kristal yang terbuat dari pati

    C

    pemecahan senyawa kimia melalui penambahan air

    D

    mengaktifkan perubahan maltosa menjadi glukosa

    Pembahasan:

    Menurut KBBI hidrolisis berarti pemecahan senyaawa kimia melalui penambahan air.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Cermati Teks Berikut!

    Zat-zat makanan disebut juga gizi atau nutrisi. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak (lipid), vitamin, dan mineral dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh. Karbohidrat, protein, lemak diperlukan oleh tubuh dalam jumlah banyak sehingga disebut makronutrien. Sementara itu, vitamin dan mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit sehingga disebut mikronutrien.

    Karbohidrat berasal paling banyak pada tumbuh-tumbuhan yang melakukan fotosintesis. Karbohidrat dalam makanan berupa pati, sukrosa, laktosa, dan fruktosa. Lemak tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Lemak terdiri atas gliserol dengan asam-asam lemak. Daging dan berbagai produk olahan susu mengandung asam lemak jenuh, sedangkan biji tanaman mengandung asam lemak tak jenuh. Protein tersusun dari atom karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Pada beberapa jenis protein terdapat unsur-unsur mineral sulfur, fosfor, iodin, besi, dan kobalt. Sumber protein berasal dari daging berwarna merah, ikan, telur, susu, kerang, keju, dan kacang-kacangan.

    (Sumber: academia.edu-Laporan Uji Zat Makanan, dengan penyesuaian)

    Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks laporan percobaan tersebut adalah ...

    A

    Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah banyak sehingga vitamin dan mineral disebut makronutrien.

    B

    Karbohidrat berasal dari daging, berbagai olahan susu, serta kacang-kacangan. Paling banyak berasal pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis.

    C

    Lemak tersusun dari atom karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen serta terdiri atas gliserol dengan asam-asam lemak.

    D

    Karbohidrat paling banyak pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis, dalam makanan berupa pati, sukrosa, laktosa, dan fruktosa.

    Pembahasan:

    Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan teks adalah pernyataan yang tercantum dalam kutipan teks.

    *Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah banyak sehingga vitamin dan mineral disebut makronutrien  salah karena vitamin dan mineral merupakan mikronutrien (kalimat 4 paragraf 1)

    *Karbohidrat berasal dari daging, berbagai olahan susu, serta kacang-kacangan. Paling banyak berasal pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis  salah karena yang berasal dari daging, berbagai olahan susu, kacang-kacangan mengandung protein dan lemak.

    *Lemak tersusun dari atom karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen serta terdiri atas gliserol dengan asam-asam lemak  salah karena lemak tidak tersusun dari nitrogen.

    *Karbohidrat paling banyak pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis, dalam makanan berupa pati, sukrosa, laktosa, dan fruktosa  benar, pernyataan tersebut tersurat pada kalimat ke-1 dan 2 paragraf ke 2.

    6.

    Langkah-Langkah Percobaan Membuat Tinta Tidak Terlihat

    (1) Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.

    (2) Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.

    (3) Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

    (4) Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.

    (5) Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan di atas kertas putih.

    Urutan langkah-langkah percobaan tersebut yang benar adalah ...

    A

    (1)-(2)-(4)-(5)-(3)

    B

    (1)-(4)-(2)-(5)-(3)

    C

    (1)-(2)-(5)-(4)-(3)

    D

    (1)-(4)-(5)-(2)-(3)

    Pembahasan:

    Untuk membuat urutan langkah-langkah percobaan yang benar harus memperhatikan kelogisan dan kesistematisan antar kalimat sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

    Urutan langkah-langkah yang benar adalah

    (1) Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.

    (4) Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.

    (5) Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan di atas kertas putih.

    (2) Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.

    (3) Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Berikut yang merupakan bagian pembahasan laporan percobaan adalah ...

    A

    Vitamin E adalah vitamin yang bersifat larut dalam lemak (fat-soluble) dan kaya akan unsur-unsur antioksidan. Vitamin E merupakan sebuah nama kolektif mengacu pada sebuah grup yang terdiri atas delapan senyawa yang larut dalam lemak, dengan molekul utamanya adalah tocopherol dan tocotrienol.

    B

    Percobaan ini dilakukan untuk mengetahui Vitamin E dalam bahan pangan.

    C

    Dari hasil uji vitamin E diperoleh hasil bahwa makanan yang mengandung vitamin E terdapat pada kacang almond (satu ons kacang almond panggang kering mengandung 6,78 mg vitamin E), kacang tanah (setiap 100 g kacang tanah panggang kering mengandung 4,39 mg vitamin E), dan alpukat (setiap 100 g alpukat terdapat 2.07 mg vitamin E.

    D

    Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa vitamin E banyak terkandung pada makanan jenis kacang-kacangan, di antaranya kacang almond, kacang tanah, dan alpukat.

    Pembahasan:

    Pembahasan dalam laporan percobaan ditulis setelah memaparkan data/hasil percobaan. Pembahasan berupa uraian yang membahas mengenai hasil percobaan yang telah dilakukan. Ciri penggunaan bahasa dalam pembahasan biasanya kalimat mengandung klausa 'dari hasil yang diuji', 'menunjukkan hasil', dan lain sebagainya.

    Pilihan jawaban yang benar adalah Dari hasil uji vitamin E diperoleh hasil bahwa makanan yang mengandung vitamin E terdapat pada kacang almond (satu ons kacang almond panggang kering mengandung 6,78 mg vitamin E), kacang tanah (setiap 100 g kacang tanah panggang kering mengandung 4,39 mg vitamin E), dan alpukat (setiap 100 g alpukat terdapat 2.07 mg vitamin E. Kutipan teks tersebut mengandung klausa 'dari hasil uji vitamin E diperoleh hasil ...'

    8.

    Kalimat berikut ini mengandung istilah bidang ilmu, kecuali ...

    A

    Perbedaan utama dari sabun cair dan padat adalah alkali yang digunakan dalam reaksi pembuatan sabun.

    B

    Sabun padat menggunakan natrium hidroksida/soda kaustik, sedangkan sabun cair menggunakan kalium hidorksida sebagai alkali.

    C

    Minyak kelapa akan menghasilkan sabun yang lebih keras daripada minyak kedelai, minyak kacang, dan minyak biji zaitun.

    D

    Sabun dengan berat molekul rendah akan lebih mudah larut dan memiliki struktur sabun yang lebih keras.

    Pembahasan:

    Salah satu ciri kebahasan pada laporan percobaan adalah menggunakan kosakata bidang ilmu. Kosakata bidang ilmu adalah kosakata yang digunakan pada bidang ilmu tertentu dan mempunyai arti khusus bidang keilmuan seperti kimia, fisika, biologi, bahasa, dan lain-lain.

    Mari analisis pilihan jawaban satu per satu.

    *Perbedaan utama dari sabun cair dan padat adalah alkali yang digunakan dalam reaksi pembuatan sabun. Kalimat tersebut mengandung kata 'alkali' yang merupakan kosakata ilmu bidang kimia.

    *Sabun padat menggunakan natrium hidroksida/soda kaustik, sedangkan sabun cair menggunakan kalium hidorksida sebagai alkali. Kalimat tersebut mengandung kosakata 'natrium hidroksida/soda kaustik', 'kalium hidorksida', dan 'alkali' yang merupakan kosakata ilmu bidang kimia.

    *Minyak kelapa akan menghasilkan sabun yang lebih keras daripada minyak kedelai, minyak kacang, dan minyak biji zaitun. Kalimat tersebut tidak mengandung kosakata bidang ilmu.

    *Sabun dengan berat molekul rendah akan lebih mudah larut dan memiliki struktur sabun yang lebih keras. Kalimat tersebut mengandung kata 'molekul' yang merupakan kosakata ilmu bidang kimia.

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Percobaan membuat pelangi buatan dengan kaca.

    Langkah kerja:

    (1) Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

    (2) Buatlah ruangan menjadi gelap tanpa ada lubang cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

    (3) Masukkan kaca ke dalam toples secara serong miring.

    (4) Sorotkan cahaya lampu senter ke hadapan kaca dalam toples. Dan perhatikan apa yang terjadi.

    (5) Tuangkan air ke dalam toples kaca yang telah disiapkan.

    (6) Pelangi akan muncul dari sudut kaca.

    Urutan langkah-langkah percobaan tersebut yang benar adalah ....

    A

    (1)-(2)-(5)-(3)-(4)-(6)

    B

    (1)-(5)-(2)-(3)-(4)-(6)

    C

    (1)-(5)-(3)-(2)-(4)-(6)

    D

    (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)

    Pembahasan:


    Untuk membuat urutan langkah-langkah percobaan yang benar harus memperhatikan kelogisan dan kesismatisan antar kalimat sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

    Urutan langkah-langkah percobaan yang benar adalah

    (1) Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

    (5) Tuangkan air ke dalam toples kaca yang telah disiapkan.

    (3) Masukkan kaca ke dalam toples secara serong miring.

    (2) Buatlah ruangan menjadi gelap tanpa ada lubang cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

    (4) Sorotkan cahaya lampu senter ke hadapan kaca dalam toples. Dan perhatikan apa yang terjadi.

    (6) Pelangi akan muncul dari sudut kaca.

    10.

    Percobaan Membersihkan Air yang Tercemar Menggunakan Tumbuhan Ilalang

    Berdasarkan judul tersebut, penulisan rumusan masalah yang benar adalah ...

    A

    Bagaimana bisa ilalang membersihkan air yang tercemar?

    B

    Bagaimanakah cara menanam tumbuhan ilalang?

    C

    Bagaimanakah proses membersihkan air yang tercemar menggunakan tumbuhan ilalang?

    D

    Bagaimanakah proses air dapat menumbuhkan tumbuhan ilalang?

    Pembahasan:

    Rumusan masalah adalah pertanyaan untuk menjawab tujuan dari penulisan laporan percobaan. Biasanya rumusan masalah diawali dengan kata tanya 'bagaimana/bagaimanakah'.

    *Bagaimana bisa ilalang membersihkan air yang tercemar? → salah, karena pada kalimat tersebut terdapat kata 'bisa' yang kurang tepat.

    *Bagaimanakah cara menanam tumbuhan ilalang? → salah, karena tujuan penulisan bukan untuk mengetahui cara menanam tumbuhan ilalang.

    *Bagaimanakah proses membersihkan air yang tercemar menggunakan tumbuhan ilalang? benar, karena tujuan penulisan adalah untuk mengetahui proses percobaan menjernihkah air yang tercemar menggunakan tumbuhan ilalang.

    *Bagaimanakah proses air dapat menumbuhkan tumbuhan ilalang? → salah, karena tujuan penulisan bukan untuk mengetahui proses air menumbuhkan tumbuhan ilalang..

    Jadi jawaban yang benar adalah 

    Bagaimanakah proses membersihkan air yang tercemar menggunakan tumbuhan ilalang?

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis